Wednesday 13 January 2016

Mama Kreatif Berkat Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan



“Mah, beli mainaaan….” Salim rewel.
“Beli mainan, Maah….” Sidiq menatap dengan mata kucing yang sedang berharap dikasih ikan oleh tuannya.
“Kakak juga mau beli mainan.” Ismail tak mau kalah, meski meminta dengan nada datar. 

Hem, Mama pusing deh. Lagi-lagi minta beli mainan. Dunia anak memang dunia bermain, tapi kalau setiap hari beli mainan, bisa jebol dompet Mama. Jadi ingat suatu ketika pernah ngobrolin soal surga bersama anak-anak.


“Kalian mau masuk surga, nggak? Ayo, bantuin Mama kalau mau masuk surga…,” kata saya, saat sedang membereskan mainan anak-anak yang bertebaran di lantai. 
“Surga itu apa, Mah?” Sidiq bertanya. Mereka memang sedang dalam fase kritis. Segala hal ditanyakan.
“Surga itu tempat yang indaaah sekali…. Semua yang kalian mau, ada di surga. Sidiq maunya apa?” saya balik bertanya.
“Mainan! Sidiq mau mainan yang  banyak!”
“Salim juga!” si bungsu ikut-ikutan.
“Kalau Kakak maunya makanan yang banyak!” (Ismail memang doyan ngemil, hihihi)

Mama bengong.

Lagi-lagi mainan. Ya iya dong, mainan itu senjata ampuh untuk mendiamkan anak-anak. Lihat saja, di mana ada anak-anak, di situ ada tukang mainan. Masalahnya, harga mainan buatan pabrik itu mahal-mahal. Lagipula, hanya sedikit yang bisa menstimulasi otak anak. Anak-anak saya juga sukanya pilih-pilih mainan. Mereka suka mainan yang bisa dibongkar pasang. Semua mainan tak ada yang utuh. Dipreteli sedemikian rupa. Ujung-ujungnya masuk tempat sampah. Hiks…. Saya pernah berandai-andai, seandainya uang untuk  beli mainan itu dipakai untuk beli baju saya, kan saya jadi bisa mamah yang lebih gaya, ahaaii….

Kalau dikumpulin itu uang yang digunakan untuk beli mainan plastik, bisa jutaan rupiah. Mainan anak-anak sekarang harganya mahal-mahal. Ditambah pula anak-anak saya maunya mainan yang bisa dibongkar-bongkar. Sekarang sedang  musim mainan bongkar pasang yang jadi tokoh kartun film terkenal. Itu hanya satu miniatur orang-orangannya saja harganya Rp 15.000, yang KW-nya, alias yang menyerupai asli. Kalau yang original, beuuuh… harganya lebih mahal lagi. Di atas Rp 50.000. Anak saya tiga dengan usia berdekatan, jadi ketiganya harus dibelikan. Dompet mama pun semakin mengkerut. Untung mereka dapat angpau lebaran yang lumayan, hehehe…. Habis buat beli mainan.

Sebaliknya, di rumah ada banyak kardus bekas susu Morinaga Platinum. Sayang juga sih kalau dibuang. Saya terpikir ingin membuat prakarya bersama anak-anak, karena sesungguhnya mereka meminta mainan itu untuk mengisi waktu. Walaupun di rumah saya ada televisi, tapi jarang dinyalakan. Anak-anak lebih suka bermain bertiga, melakukan aktivitas fisik yang membuat mamanya geleng-geleng kepala. Gimana enggak? Rumah kayak kapal pecah deh. Mainan tersebar di mana-mana, dari ruang tamu sampai tempat tidur.  



Masalahnya, saya tidak kreatiiif! Maklum, dulu saya tidak masuk TK, hehehe…. Kalau di TK kan anak-anak belajar bikin prakarya. Saya langsung belajar di SD, membaca dan menulis yang text book. Otak saya tidak terlatih untuk melakukan kerajinan tangan. Untung saya ketemu aplikasi Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan di www.morinagamiplayplan.com. Di website ini tersedia games DIY (Do It Yourself) yang bisa kita praktekkan di rumah. Kita bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat bermacam-macam mainan, yang bermanfaat guna menstimulasi kecerdasan anak, terutama anak usia 1-6 tahun. Langsung daftar saja di website tersebut dan dapatkan berbagai petunjuk membuat permainan kreatif untuk anak-anak. 


Salim usianya 3 tahun. Saya belum memasukkannya ke Playgroup karena tidak ada Playgroup yang memadai di sekitar tempat tinggal saya. Ada Playgroup, tapi anak usia 2 tahun sudah disuruh menghapal segala macam. Kasihan nanti terbebani. Saya ingin Salim belajar sambil bermain. Benar-benar bermain. Saya kapok juga karena dulu memasukkan Sidiq ke TK umur 3,5 tahun dan dia dipaksa menghapal abjad, huruf arab, berhitung, dan sebagainya dengan tekanan. Akhirnya sekarang jadi kurang bersemangat belajar. Jadi, saya memilih  mengajari Salim sendiri, santai tanpa paksaan. 

Mainan adalah salah satu sarana untuk belajar, tetapi memilih mainan pun tak sembarangan. Pengalaman berkali-kali membeli mainan untuk anak-anak, tak semuanya mampu menstimulasi otak anak. Berbekal instruksi dari website Morinaga MI PlayPlan, saya mengajak anak-anak membuat mainan sendiri. Mereka mendapatkan dua keuntungan dari mengaplikasikan DIY Morinaga MI PlayPlan ini: menjadi kreatif saat membuat mainan sendiri dan hiburan saat memainkannya. Ibu-ibu juga bisa mempraktekkannya di rumah, dengan mencetak panduan pembuatannya. Anak-anak jadi punya kesibukan yang menyenangkan. 

Rencana Bermain MI Morinaga (Morinaga MI PlayPlan) adalah jadwal bermain dan aktivitas harian yang dapat digunakan oleh para orangtua untuk merencanakan, mengarahkan, dan membantu menstimulasi perkembangan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) anak-anak, khususnya anak usia 1-6 tahun. Di dalamnya meliputi tipe aktivitas, peranan, dan kegiatan yang akan dilakukan oleh anak dalam kegiatan hariannya.

Menurut Dr. Howard Gardner, psikolog dari Universitas Harvard, Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) adalah kecerdasan yang mencakup banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari, yang membuat seseorang mampu untuk belajar, memahami lingkungan, dan memecahkan masalah. Setiap anak memiliki kecerdasan majemuk, tetapi ada satu yang dominan dan harus lebih maksimal dikembangkan untuk masa depannya. Bagaimana caranya? Kita dapat melakukan observasi pada kegiatan sehari-hari anak atau menggunakan alat bantu identifikasi awal Kecerdasan Majemuk yang bisa diaplikasikan melalui website Morinaga MI PlayPlan. 

Beberapa permainan kreatif yang sudah saya praktekkan bersama anak-anak yang diambil dari website Morinaga MI PlayPlan, diantaranya: 

Membuat Papan Kegiatan



Tujuan Pencapaian:
Mendorong dan memotivasi anak untuk menyelesaikan pekerjaan atau melakukan pekerjaan yang disukainya.
Anak merasa terapresiasi dengan apa yang sudah dikerjakannya.

Baca juga: Membuat Papan Kegiatan bersama Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan

Membuat Gitar Kardus


Stimulasi kemampuan menyanyi.
Mengajarkan anak-anak untuk berekspresi dan tampil percaya diri. 

Pasir Garam Berwarna


Meningkatkan kemampuan visual.
Mengasah kreativitas dalam mewarnai sesuatu.

Mewarnai, Menggunting, dan Menempel Gambar


Untuk menstimulasi kecerdasan visual spasial, kinestetik, logical matematik, naturalis, dan linguistik.
Soal mainan ini, ternyata anak-anak itu tidak cukup hanya diberikan  mainan lalu selesai. Anak-anak akan cepat bosan kalau main sendiri. Orangtua harus ikut mendampingi. Kalau orangtua ikut bermain, anak-anak pasti senang. Saya juga menikmati keseruan membuat mainan-mainan ini. Saat anak-anak sudah terlihat lelah, saya tawari minum susu Morinaga Platinum Chil-School Moricare+ Prodiges yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak-anak. 

  • Protein: komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Vitamin B12: berperan sebaai koenzim dalam pembentukan asam nukleat, misalnya sel darah merah.
  • Zat Besi: komponen hemoglobin dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.
  • Zink dan Vitamin A: membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan saluran pencernaan.
  • Tinggi Kalsium dan Vitamin D: berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. 





Rangkaian produk Morinaga Platinum kini komposisinya lebih lengkap karena dilengkapi dengan MoriCare+ Formula yang mengandung: 

  • Brain Care, nutrisi yang berperan dalam perkembangan otak seperti DHA, AA, AL, AAL, Zat Kolin, Fosfolipid, dan Zat Besi.
  • Body Defense, nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan saluran cerna, berupa Prebiotik Laktulosa, Probiotik BB536 & M16-V, Laktoferrin dan Zink.
  • Body Growth, kombinasi unik nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan aktifitas anak, terdiri dari Prodiges (nutrisi mudah cerna: Whey Protein dan Lemak OPO).

Inovasi Moricare+ Prodiges lebih dari sekadar nutrisi atau beyond nutrition  karena menghadirkan sebuah modul digital yaitu Multiple Intelligence PlayPlan atau MI PlayPlan yang bisa dilihat di www.morinagamiplayplan.com. Mengutip ucapan dalam Newsletter Morinaga, Helly Octaviana, Business Unit Health Nutrition for Kids, Kalbe Nutritionals, "Modul Multiple Intelligence PlayPlan atau MI PlayPlan persembahan Morinaga, diharapkan bisa membantu Bunda dalam mengenali kecerdasan si kecil dan memberikan stimulasi yang tepat." Modul tersebut mencakup stimulasi 8 tipe kecerdasan, yaitu Kecerdasan Musikal, Intrapersonal, Interpersonal, Naturalis, Visual Spasial, Linguistik, Logika Matematika, dan Kinestetis. 

Tiga langkah untuk mengakses modul ini, yaitu: 

Identifikasi: untuk mengenali jenis kecerdasan yang dominan dan yang kurang dominan, sehingga dapat menentukan stimulasi spesifik yang dibutuhkan si kecil. 

Stimulasi: untuk mendeteksi potensi talenta, dari kecerdasan yang telah teridentisifikasi. Berupa agenda bermain dan ragam ide permainan. 

Evaluasi: bermanfaat untuk mempertajam kecerdasan lainnya yang masih kurang dominan. 

Dr. Rose Mini A. Prianto, M. Psi, Ketua Program Studi Psikologi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan Presiden Direktur ESSA Consulting dalam Newsletter Morinaga mengatakan: "Dari aplikasi MI PlayPlan, harapannya si kecil bisa tumbuh menjadi Generasi Platinum yang multitalenta, karena untuk bisa unggul di satu bidang, misalnya musikal, si kecil perlu memiliki dan mengasah kecerdasan lainnya, seperti kecerdasan interpersonal. Kelengkapan modul stimulan MI PlayPlan persembahan Morinaga, dikreasi guna memfasilitasi para orangtua untuk mengembangkan multitalenta si kecil secara konsisten dan optimal."





Saya berikan Morinaga Chil-School Platinum Moricare+ 4 Rasa Madu untuk anak usia 3-12 tahun dari Kalbe Nutritionals. Kalbe Nutritionals dirintis sejak tahun 1982 dengan nama PT. Sanghiang Perkasa, tapi lebih dikenal sebagai Health Foods Division dari PT. Kalbe Farma Tbk, perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia. Terbukti telah menghasilkan produk-produk makanan kesehatan berkualitas dan mendapatkan sertifikasi ISO 9001: 2000 pada tahun 2002, sertifikasi HACCP (Hazard Analysis Critical Point pada tahun 2002, PT. Sanghiang Perkasa mendapatkan penghargaan Enseval Awards: Best Customer Focus pada tahun 2004, dan sertifikasi ISO 14000 pada tahun 2003.


Morinaga Multiple Intelligence Play Plan dan Moricare+ Prodiges merupakan sinergi antara nutrisi dan stimulasi untuk memaksimalkan kecerdasan majemuk anak. Morinaga Chil-School Platinum Moricare+ Prodiges dikembangkan oleh Morinaga Reasearch Center Japan yang senantiasa berinovasi dengan meneliti berbagai manfaat ASI dan nutrisi penting pertumbuhan anak. Penelitian sudah dilakukan selama lebih dari 90 tahun. 

Sudah siap jadi mama yang kreatif bersama Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan?

15 comments:

  1. pengen anak cepet gede deh jadinya biar bisa berkreatifitas spt mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar klo anak2 sdh gedhe pengen mereka masih bayi hahaha. Waktu seperti terbang, ank2 tiba2 sdh pergi dari rumah untuk lanjut study huhuhu

      Delete
    2. Betul maak.. Dinikmati saja saat masih bayi. Difoto-foto, dicium-cium hehe...

      Delete
  2. Wah... mama kreatif. Nyontek mainannya ah. :D

    ReplyDelete
  3. Wuih kereeen, Mbak Ella rajin bangeet nih ^^

    ReplyDelete
  4. mama kreatif anakpun ketularan kreatif. keren deh

    ReplyDelete
  5. Gitarnya kereeen mbak. Warnanya juga menarik untuk anak2. Perlu disave nih alamatnya. Biar nanti Ghifa kalau sudah 1 tahun bisa saya terapkan.
    Oya, soal harga mainan. Iya mahal2 ya apalagi yg bermerek hoooo mehongnya. Etapi kemarin saya sudah menemukan tempat jualan mainan yg harga grosir mbak. Agak ayem deh sambil kekep dompet. Hihihi
    Ini sekarang nggak tahu deh nanti kalau dah besar.wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Mamanya emang kreatif yaaa ... Keren, mbaa ...

    ReplyDelete
  7. sama, ga kreatif juga paling dulu aku sukanya gambar2..tp kalo harus bikin2 kreasi apa gitu, nyerah....makanya makasih ada internet, bikin origami jg liat internet :D

    ReplyDelete
  8. prakarya dengan anak-anak memang seruuu ya :)..itu ada Captain America :)

    ReplyDelete
  9. serunya bisa bermain, bundanya kreatif :)

    ReplyDelete
  10. wah asik seru ya maennya.
    aku ga ikutan yg ini. moga menang lagi yaa mbak :)

    ReplyDelete
  11. saya belom bikinnn *nangis* sukses mbak Leyla, Alfi suka banget lho kain sama MI Play Plan Morinaga ini

    ReplyDelete
  12. Semoga anak Indonesia jadi generasi platinum yang multitalenta 😊

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^