Monday 6 June 2016

Cara Membuat Udang Tempura Seperti di Restoran Jepang

Assalamu'alaikum. Jam di rumah saya sudah menunjukkan pukul 4 sore. Sebentar lagi buka puasa, nih. Ibu-ibu sudah menyiapkan menu berbuka apa saja? Mudah-mudahan resep yang mau saya bagi ini bisa menjadi masukan buat tambahan menu berbuka maupun sahur di hari esok ya. Resepnya mudah sekali lho, saya mendapatkannya saat mengikuti kelas memasak dari Sriboga Easy Mix yang diadakan di Sriboga Customer Care, Plaza Bisnis Kemang Jakarta, Kamis, 2 Juni yang lalu. Alhamdulillah, beruntung sekali saya mendapatkannya undangannya dari sekian banyak peminat, karena saya bisa belajar memasak langsung dari Chef Citra. 


Resep pertama yang dibagikan adalah Japannese Tempura, membuat Udang Tempura seperti di Restoran Jepang. Nah, buat Anda penggemar masakan Jepang pasti tahu betul deh Udang Tempura ini terlihat besar-besar dan cantik-cantik. Tenang, kita bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Tekniknya juga mudah. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1 bungkus Tepung Japannese Tempura dari Sriboga EasyMix (100 gram)
Air dingin 180  ml
Udang ukuran sedang 10 buah
Terong ungu secukupnya, potong-potong
Brokoli secukupnya, potong-potong
Minyak goreng
Bahan-bahannya

Cara membuatnya: 
Masukkan tepung Japanese Tempura Sriboga EasyMix sebanyak 100 gram ke dalam mangkuk (kurang lebih 6 sendok makan penuh), tambahkan air dingin 180 ml, tuang sedikit-sedikit. Aduk dengan ballon whisk sampai tercampur rata. 
Sisa tepung, masukkan ke dalam mangkuk lain dan biarkan kering. 
Udang kupas kulitnya dan buang kepalanya, tapi kulit ekornya jangan dibuang. Sayat tubuh udang secara menyamping, lalu balik dan pipihkan. 
Masukkan udang ke tepung kering secara merata, lalu masukkan lagi ke tepung basah. Goreng ke dalam minyak panas. 

Menyayat udang ada tekniknya sendiri

CARA MENGGORENG UDANG: 
Ingat cara menggoreng udangnya ya. Pegang buntut udang, lalu celupkan udang ke minyak panas tapi jangan lepas buntutnya. Gerakkan udang maju mundur sebanyak 10x, kita lihat tepung akan mengembang sempurna sehingga ukuran udang lebih besar dari aslinya. Jangan khawatir minyak memercik saat kita menggerakkan udang maju mundur, karena itu tidak akan terjadi. Saya sudah membuktikkannya, hehe.... Kalau udang langsung diceburkan ke minyak, tepungnya tidak akan mengembang. 

Hasil

Selanjutnya, untuk terong ungu dan brokoli, juga sama, baluri dengan tepung kering lalu tepung basah, dan goreng seperti biasa (tidak perlu seperti saat menggoreng udang). 

Brokoli yang dilumuri tepung
Menggoreng Terong

Sajikan Udang Tempura ala Restoran Jepang beserta Terong dan Brokoli goreng di piring. Boleh tambahkan mayonnaise atau saus sambal. Atau dimakan begitu saja juga sudah enak. Saya sudah menyicipi Udang Tempuranya, enak banget deh. Matangnya sempurna. Empuk dan tepungnya garing. Oya, tepungnya itu NON MSG ya, jadi rasanya tidak terlalu asin dan gurih. Walaupun begitu, tetap enak kok. Dijamin deh, anak-anak dan suami akan suka. 

Enak lho udangnyaa....

Untuk tepungnya, gunakan Japanese Tempura  Sriboga Easymix. Informasi pembeliannya bisa diperoleh di www.easymix.co.id.

10 comments:

  1. Udang tempura ini sebenernya gampang banget ya masaknya ... tapi boros banget .... udang sekilo bisa sekejab habis ... hehhehehhee

    ReplyDelete
  2. Oalah jadi buntutnya dipegang ya kalo mo bikin yang mekar2 gini mak .. Duh nyoba ahh

    ReplyDelete
  3. Pengen masakan Jepang gak susah2 lagi ke restonya ya Mba.. bikin sendiri udang tempura bisa dari rumah .. Dah ada tepung bumbunya yg siap saji ya Mba..

    ReplyDelete
  4. Mesti dipegangin, ya, udangnya. Pantesan tepungnya bisa kelihatan tebel.

    ReplyDelete
  5. Enaknyaaaaaa.... Pagi2 Ramadan baca postingan ini. Jadi pengin udang tempura :D

    ReplyDelete
  6. Kok ngga sesuit yang dibayangkan ya..

    #Buru2 ke dapur sodorin ke istri...

    ReplyDelete
  7. Penampakan menggigit udang tempuranya, enak banget kelihatannya ^_^
    Jadi tahu gimana caranya bikin udang tempura yang lurus begitu secara udang maunya bengkok melulu hehehe

    ReplyDelete
  8. Waah ngiler, enak kayaknya ya, itu tepungnya halalkan?

    ReplyDelete
  9. waah... pengen nyoba, di minimarket tepungnya ada ya.....

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^