Thursday, 11 January 2018

Resep Makaroni Skotel Panggang



"Yah, mau dimasakin apa?" 
"Makaroni Skotel aja deh." 

Gara-gara sehari sebelumnya suami bilang bosan dengan menu masakan di rumah, jadi kemarin saya tanya dulu sebelum masak. Soalnya selain masakan itu-itu aja, saya juga sering beli lauk dan menunya juga itu-itu aja. Ayam bakar, lele goreng, soto ayam, nasi uduk, muter-muter ya itu lagi itu lagi. Kalau masak di rumah juga menunya bolak balik begitu lagi hihihi.... 


Selain nggak punya ide, bahan masakan sekarang makin mahal aja. Suami minta steak tapi daging sapi ukuran 1/4 kg aja Rp 33.000. Cuma jadi 2 potong ya. Belum beras, telur ayam, ikan, dll semua harganya naik. Mendingan beli jadi aja. Ayam bakar 1/2 kg Rp 23.000. Kalau masak sendiri, ayam mentahnya aja 1/2 kg Rp 20.000. Kan enak dimasakin walaupun bosen. Kalau saya sih gampang bikin nasi goreng dan telor ceplok juga beres. 

Jadi, semalam kami makan tanpa nasi. Hanya Makaroni Skotel dan bolu pisang. Alhamdulullah habis dan sisanya dibawa suami ke kantor. Berikut resep Makaroni Skotelnya: 

Bahan-bahan
Makaroni secukupnya. Saya pakai sisa makaroni yang ada di kulkas mungkin ada 250 gram. 
Susu cair full cream 2 gelas. Untuk susu cair saya pakai Indomilk UHT 1 Liter karena nggak mengandung tambahan garam jadi nggak bikin adonannya tambah asin ya. 
Keju 75 gram. 
Wortel 3 batang. 
Daun bawang 2 batang.
Bawang bombay 1 siung.
Bawang putih 3 siung.
Margarin 2 sendok makan. 
Penyedap Rasa secukupnya. Saya pakai Masako Rasa Ayam. 
Sosis siap masak 3 batang. 
Telur 3 butir. 

Cara Memasak
Rebus makaroni sampai matang. Sisihkan. 
Iris bawang bombay dan bawang putih, tumis dengan margarin sampai harum.
Iris sosis dan masak bersama tumisan bawang.
Wortel dipotong dadu dan rebus sampai agak empuk. 
Iris daun bawang. 
Masukkan wortel, daun bawang ke dalam tumisan bawang. Aduk-aduk. 
Kocok telur dan masukkan ke dalam tumisan. 
Tuang susu cair ke dalam tumisan, aduk-aduk sebentar. 
Potong dadu sebagian keju, dan masak bersama tumisan. Tambahkan penyedap rasa. 
Olesi loyang dengan margarin dan masukkan makaroni ke dalamnya. 
Terakhir, masukkan semua adonan tumisan ke dalam loyang dan aduk perlahan agar tercampur rata bersama makaroni. 
Parut sisa keju dan taburkan di atas adonan.

Siap dipanggang

Awalnya adonan ini saya kukus 15 menit tapi kok seperti masih basah di dalam. Jadi saya panggang 15 menit dengan suhu 200 derajat selsius dan menggunakan api bawah. Rasa asinnya sedap dan gurih, nggak keasinan. Sajikan bersama mayonaise dan saus pedas jika suka. 



3 comments:

  1. Anakku kebetulan suka banget dengan macaroni, akan segera dicoba resepnya.

    ReplyDelete
  2. Nah aku pun suka bikin pakai oven, kalo pake keju banyak sama mozarela enakkk bgttt. Anak2 sama bapaknya sukaaa.

    ReplyDelete
  3. Macaroni schotel jadi salah satu menu favorit di keluarga saya. Pada lahap deh makannya :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^