Thursday, 20 July 2017

Pasta Panggang SO GOOD Ayam Potong


Assalamualaikum. Suami saya suka banget makan Makaroni Panggang, sampai dibela-belain makan di restoran Makaroni Panggang terkenal di Bogor. Sayang, pengalaman pertama ke sana ternyata kurang asyik karena pelayanannya lama dan rasanya biasa. Kata suami, "Kalau cuma begini, Mamah bisa sendiri bikinnya kan?" Duh, jadi tersipu-sipu saya.


Sebenarnya memang nggak terlalu sulit memasak Makaroni Panggang. Hidangan ini bisa disajikan juga saat berbuka puasa. Nggak terlalu mengenyangkan seperti kalau kita makan nasi. Jadi insya Allah nggak bikin perut "begah." Kemarin saya mencoba memasak Makaroni Panggang dari bahan-bahan yang ada di rumah. Berhubung di rumah nggak ada makaroni yang berbentuk bulat sabit kecil-kecil, jadi saya gunakan pasta. Makaroni itu bagian dari pasta juga.

Pasta adalah makanan olahan khas Italia yang dibuat dari tepung gandum dan dibentuk beraneka macam, dari yang kecil-kecil seperti bulan sabit (makaroni), spiral, sampai panjang-panjang seperti mie. Entah kenapa suami saya suka makanan Italia, semacam Spaghetti, Makaroni Panggang, Lasagna, Pizza, dan lain-lain, padahal dia orang Sunda. Saya dan anak-anak jadi ketularan suka deh. 

Oke, deh, biar ngga bertele-tele, berikut adalah bahan-bahan yang saya gunakan untuk membuat Pasta Panggang SO GOOD Ayam Potong

Pasta secukupnya. 
Keju Slice 2 lembar
Tepung terigu (hanya untuk mengentalkan adonan, kurang lebih 3 sendok makan) 
Wortel 1 batang
Jagung Manis
Bawang Bombay
Susu Cair 250 ml
SO GOOD Ayam Potong 2 potong


Cara Membuat: 
Rebus Pasta dan SO GOOD Ayam Potong hingga matang. 
Iris bawang bombay, tumis dengansedikit margarin sampai harum.
Iris wortel tipis-tipis dan masak bersama susu cair hingga mendidih.
Masukkan jagung manis yang sudah diserut ke dalam rebusan wortel dan susu cair. Kemudian tambahkan tepung terigu dan aduk sampai adonannya sedikit mengental. 
Siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas alumunium, kemudian oleskan margarin di sekitar loyang. Masukkan keju, pasta, SO GOOD Ayam Potong, dan adonan wortel dan jagung ke dalam loyang, aduk hingga rata. 
Panggang selama 30 menit, suhu 180 derajat celsius, bergantian api bawah dan atas. 
Angkat dan hidangkan bersama mayonaise, saus, dan cabai rawit (kalau suka).


Jika memiliki persediaan keju yang banyak, bisa juga ditambahi parutan keju di atas adonan. Untuk ayamnya, saya menggunakan SO GOOD Ayam Potong. Saya membelinya di minimarket terdekat ukuran 1 Kg seharga Rp 49.000. Ada juga yang ukuran 450 gr Rp 27.000.


Ada 3 jenis varian SO GOOD Ayam Potong yang bisa dipilih: Ayam Potong Paha dan Dada Premium 1 kg dan 450 gram, Ayam Utuh Potong 10, dan Daging Sup Ayam dengan potongan kecil-kecil. Yang saya beli ini SO GOOD Ayam Potong Paha dan Dada Premium, jadi isinya hanya paha dan dada ayam. 
Saya puas memakainya karena potongan ayamnya besar-besar dan dagingnya banyak. Kualitas ayamnya sangat baik, karena setelah dipotong langsung dibekukan dengan teknologi IQF (Individually Quick Frozen) yang mengunci 4 kualitas ayam segar: SEGAR, GIZI, RASA, BERSIH. Di minimarket pun ditaruh di freezer tersendiri khusus produk So Good dan dalam keadaan beku. 
SO GOOD Ayam Potong dibekukan dalam waktu 45 menit setelah dipotong dengan suhu -35 derajat celsius, jadi menghambat pertumbuhan bakteri. Memang setelah saya buka kemasannya, kualitasnya jauh lebih segar daripada ayam potong yang saya beli di tukang sayur. Potongannya juga rapi dan nggak lengket satu sama lain, juga sudah bersih (nggak ada noda darah, apalagi sisa-sisa bulu ayam). Bisa langsung dimasak. 

Selamat mencoba yaa....

*Resep ini juga diikutsertakan dalam Lomba Kreasi Masak Ramadhan dan Idul Fitri ala SO GOOD #BPNxSOGOOD.



8 comments:

  1. Aku jg sependapat ama suamimu :D. Rasa makaroni panggang yg di bogor itu biasa aja, cendrung hambar dan kering. Makaroni panggang yg aku suka itu yg creamy dan moist dlm nya mba.. Berasa cheesenya :D. Kalo yg di bogor ngunyahnya seret krn kering :p.

    Seneng ih ada bnyk bloggers bikin resep so good gini :D.. Jd banyak inspirasi mau masak apa hr ini hehehe...

    ReplyDelete
  2. Aku sering banget masak ini, kesukaan anak-anak. Klo si Ayah malah ga suka karena dia lokal banget lidahnya

    ReplyDelete
  3. Ini sih kesukaan anak-anak. Pasta memang idola ya

    ReplyDelete
  4. saya juga suka sama makaroni panggang, tapi memang blm pernah sekalipun mencobanya sendiri :)

    ReplyDelete
  5. Ngiler, langsung deh catet resepnya.

    ReplyDelete
  6. Bisalangsung dipraktekkan nih resepnya

    ReplyDelete
  7. setuju, aku juga kuciwa ama makaroni panggang yg top itu. enakan bikin sendiri. lebih puass nyemplungin keju seabrek2 haha... apalagi pakai so good ayam potong, hm yami!

    ReplyDelete
  8. kenapa enak enak semua si mbak respnya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^