Friday 24 June 2016

Cara Membuat Putu Ayu

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah, kemarin saya dapat resep baru lagi dari teman-teman di pengajian yang saya ikuti. Sebenarnya mencari resep masakan sih mudah ya, tinggal googling. Tapi lebih enak lagi kalau kita lihat langsung cara pembuatannya. Kebetulan seorang teman pengajian itu jago masak dan buka usaha katering. Asyiik, jadi bisa minta diajarin nih. Nah, minggu lalu kami kebagian menyebarkan makanan untuk takjil kepada para pejalan yang baru pulang dari bepergian. Hanya snack, air mineral, dan es buah saja kok. Snacknya itu Putu Ayu dan Risoles. Teman saya mengajari cara membuat Putu Ayu. Ternyata mudah saja. 


Bahan-bahannya: 
Tepung terigu 1/4 kg
Santan Kara 1 buah
Telur 1/4 kg
Kelapa parut 1/2 butir
Gula pasir 1/4 kg
Pewarna hijau pandan
Garam

Jadi, kalau mau bikin adonan seperempat, bahan-bahannya seperempat semua. Kalau setengah ya setengah semua. Gampang kan ngingetinnya hehe.... Beli kelapa yang sudah langsung diparut ya biar nggak capek marutnya.

Cara membuatnya: 
Ambil 1/4 kelapa parut dan peras airnya sekali saja. Ampasnya jangan dibuang. 

Ampas kelapa parut tadi dicampur dengan sisa kelapa parut, dikasih garam secukupnya dan air. Airnya jangan banyak-banyak. Asal lembab saja. Kelapa parut itu ada kering, ada yang lembab. Kalau sudah lembab, tidak perlu dikasih air lagi. 

Kasih garam secukupnya


Kasih air sedikit saja
Masukkan kelapa parut ke dalam cetakan agar-agar, lalu ditekan agar padat. Agar setelah dikukus nanti kelapa parutnya tetap utuh dan tidak berhamburan.


ditekan supaya padat

Kocok telur dan gula sampai putih.  Masukkan tepung terigu, aduk rata. Mengaduk tepung tidak perlu pakai mikser. Jangan lupa tepungnya diayak dulu biar halus. Tambahkan pewarna. Terakhir, masukkan santan asli dan santan kara. 

Kocok gula dan telur sampai putih

Masukkan tepung terigu, pewarna, dan santan. Aduk rata
Tuang adonan Putu ini ke dalam cetakan yang sudah diisi kelapa parut. Kukus selama 15 menit atau sampai matang. 

Putu Ayu siap dikukus




7 comments:

  1. Mudah ya Mba cara membuat kue putu ayu.. Aku sering beli ini di toko kue.. Kalau tahu resepnya seperti ini mau praktek juga ahh di rumah..

    ReplyDelete
  2. kayaknya mudah ya mbak,aku suka putu ayu...^^

    ReplyDelete
  3. aku suka kue yang manis-manis, termasuk putu ayu... tapi lum pernah buat mak, btw di sini jual telur butiran mak, kalo seperampat kg brapaan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekarang 1/4 itu Rp 6.000 isi 4 butir, Mak.

      Delete
  4. Aku suka bgt kue ini mba, tp udh lama bgt gak nemu ini kue ��

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^