Saturday, 10 December 2016

Salim, Sahabat Masa Kecilmu Itu Bernama Moses

Salim, siang itu kita akan tidur seperti biasa Mama mengelonimu karena kamu sudah mulai mengantuk. Tiba-tiba pintu dibuka seseorang. Mama kaget, karena siapa yang akan masuk ke rumah kita?

Monday, 14 November 2016

Nak, Jangan Mudah Bosan!

Bagi kami, hari ayah itu setiap hari. Ya, walaupun ayahnya anak-anak dari Senin-Jumat sangat sibuk, tetap harus disempatkan berinteraksi dengan anak-anak. Makanya kami mengadakan pembagian tugas. Si ayah yang mengantar anak-anak ke sekolah setiap pagi.

Sunday, 6 November 2016

Aku Mau Tidur Pakai AC!

Ismail dan Mama
Assalamualaikum. Ismail, si sulung, ini sudah menunjukkan karakter orang introvert sejak usia 7 tahun. Dia tidak suka diajak bepergian! Kalau kami mau pergi sekeluarga, dia akan bersembunyi. 

Thursday, 11 August 2016

Belajar Science di Rumah: Mengenal Kura-Kura

Assalamualaikum. Lebaran kemarin Sidiq dan Salim minta dibelikan kura-kura pakai uang lebaran. Entah bagaimana tiba-tiba Sidiq minta dibelikan binatang peliharaan. Awalnya dia minta dibelikan kelinci (duh, kelinci kan cepat mati kalau gak cocok dengan cuacanya), lalu singa (mana mungkin memelihara singa di rumah?), kemudian hamster (gak tahan sama bajunya), dan terakhir kucing angora (harganya mahal, boo...).

Monday, 25 July 2016

Happy Family dengan Baju Keluarga Muslim dari Ethica

Assalamu'alaikum. Lebaran sudah usai, tetapi momennya masih terasa sampai kini. Apalagi kalau merasakan euforia lebaran seperti di dalam keluarga kami. Bersyukur karena kami dikaruniai keluarga besar dan bisa bersilaturahim dengan hampir semuanya, baik itu keluarga suami di Garut, maupun keluarga saya di Jakarta dan Pekalongan. Ya, perjalanan mudik kemarin cukup lama. Satu minggu di Garut, lalu satu minggu lagi di Jakarta, kemudian dua hari di Pekalongan. Untung bertepatan dengan hari libur sekolah anak-anak, jadi kami bisa puas bersilaturahim.

Thursday, 14 July 2016

Belanja Online Mudah dan Menyenangkan di Hijabenka

Assalamualaikum. Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin yaa... Bagaimana lebarannya, kawan? Sudah lebih dari seminggu yang lalu kita merayakan lebaran, tapi bagi saya sendiri suasana lebaran masih terasa. Silaturahim ke rumah keluarga dan kerabat masih berlangsung sampai dua minggu ke depan. Semoga Allah masih beri kesempatan untuk melangkahkan kaki merajut silaturahim.

Tuesday, 5 July 2016

Keluargaku Sehat bersama Oatbits Biskuit Oat



“Ma, kenapa Ayah pulangnya malam terus?” tanya Sidiq. Pertanyaan yang juga kerap dilontarkan oleh kakak dan adiknya. Aku tersenyum, kemudian menjawab. 

“Ya, karena Ayah kan sedang mencari uang buat kita. Supaya kalian bisa makan, sekolah, beli mainan….” 

“Iya, Ayah itu kerja di kantor. Nanti kalau Ismail udah segede Ayah, Ismail juga harus kerja ya, Mah?” Ismail, kakaknya, ikut bertanya. 

Thursday, 30 June 2016

Al Quran, Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad Saw



Nak, sebagai seorang muslim, kita harus mengimani Nabi Muhammad SAW. Iman artinya percaya. Percaya kepada semua yang dikatakan Nabi Muhammad Saw dan menyakini bahwa apa yang disampaikannya adalah benar. Memiliki rasa percaya itu tidaklah mudah, apalagi kita hidup di masa yang jauh sekali dari masa kenabian. Jangankan kita yang belum pernah melihat Nabi Muhammad Saw secara langsung. Orang-orang di masa Nabi hidup pun pernah tidak mempercayai semua perkataan Nabi. Mereka menyebut Nabi sebagai tukang sihir, pembual, bahkan orang gila.. Kita hanya mengenal Nabi dari Al Quran yang dibawanya, serta sirah Nabawiyah (catatan sejarah tentang Nabi) yang ditulis berdasarkan rangkaian cerita hadist dan terjemahan Al Quran.

Friday, 24 June 2016

Cara Membuat Putu Ayu

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah, kemarin saya dapat resep baru lagi dari teman-teman di pengajian yang saya ikuti. Sebenarnya mencari resep masakan sih mudah ya, tinggal googling. Tapi lebih enak lagi kalau kita lihat langsung cara pembuatannya. Kebetulan seorang teman pengajian itu jago masak dan buka usaha katering. Asyiik, jadi bisa minta diajarin nih. Nah, minggu lalu kami kebagian menyebarkan makanan untuk takjil kepada para pejalan yang baru pulang dari bepergian. Hanya snack, air mineral, dan es buah saja kok. Snacknya itu Putu Ayu dan Risoles. Teman saya mengajari cara membuat Putu Ayu. Ternyata mudah saja. 

Thursday, 23 June 2016

5 Item Fashion < Rp 1 Juta untuk Lebaran Gaya di Hijabenka

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons & InvolveAsia X HB & BB. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher berrybenka dan voucher hijabenka disponsori oleh Berrybenka & Hijabenka.



Assalamualaikum. Apa kabar, gimana puasanya? Masih bertahan? Insya Allah masih ya. Tak terasa tinggal beberapa hari lagi kita lebaran. Bagaimana Bu, sudah siap baju lebarannya? Esensi baju lebaran bagi saya pribadi adalah agar bisa tampil dengan penampilan terbaik di hadapan Allah saat salat Idul Fitri dan saat bersilaturahim dengan sanak saudara. Allah itu indah dan menyukai keindahan, selama tidak  berlebihan. Memakai pakaian bagus bukan berarti sombong, karena niat seseorang hanya Allah yang mengetahui. Dalam sebuah hadist disebutkan: 

Wednesday, 15 June 2016

Tahu Merapi, Hidangan Buka Puasa yang Bikin Lidah Berapi-api

Assalamualaikum. Bagaimana puasanya, Bu? Masih lancar? Insya Allah, semoga terus dimudahkan. Kali ini saya mau berbagi resep membuat Tahu Merapi. Wow, serem amat ya namanya.... Eit, tapi rasanya endeus banget lho, apalagi untuk penggemar gorengan. Ini seperti Tahu Jeletot, tapi saya kasih nama lain supaya nggak mendompleng nama merk lain hehe.... Saya sendiri belum pernah sih nyobain Tahu Jeletot. Katanya pedes banget ya. Saya coba-coba aja bikin sendiri tahu isi yang di dalamnya ada ranjaau! Dijamin bikin lidah berapi-api saking pedesnya. Bagi yang mudah sakit perut kalau makan pedas, ya sebaiknya nggak makan tahu ini hehe.... 

Saturday, 11 June 2016

Pisang Goreng Keju, Takjil yang Mudah dan Mengenyangkan

Assalamu'alaikum, kembali lagi di menu resep Ramadhan. Kemarin saya sudah bagikan resep membuat Udang Tempura Seperti di Restoran Jepang. Kali ini saya ingin membagi resep Pisang Goreng Keju yang enak, wangi, dan bikin nagih. Siapa yang nggak suka Pisang Goreng? Pisang Goreng itu enaknya dimakan saat kita sedang santai-santai di waktu pagi atau sore hari. Sambil baca buku dan minum teh atau kopi. Hem, maknyuusss... Eh, tapi di bulan puasa gini kan kita nggak bisa makan di pagi dan sore hari. Bisanya setelah Magrib. Jadi, menu Pisang Goreng ini enaknya dibikin jadi takjil, alias makanan pembatal puasa setelah azan Magrib. 

Monday, 6 June 2016

Cara Membuat Udang Tempura Seperti di Restoran Jepang

Assalamu'alaikum. Jam di rumah saya sudah menunjukkan pukul 4 sore. Sebentar lagi buka puasa, nih. Ibu-ibu sudah menyiapkan menu berbuka apa saja? Mudah-mudahan resep yang mau saya bagi ini bisa menjadi masukan buat tambahan menu berbuka maupun sahur di hari esok ya. Resepnya mudah sekali lho, saya mendapatkannya saat mengikuti kelas memasak dari Sriboga Easy Mix yang diadakan di Sriboga Customer Care, Plaza Bisnis Kemang Jakarta, Kamis, 2 Juni yang lalu. Alhamdulillah, beruntung sekali saya mendapatkannya undangannya dari sekian banyak peminat, karena saya bisa belajar memasak langsung dari Chef Citra. 

Friday, 3 June 2016

Perlukah Anak Belajar Membaca Sejak Bayi?

Belajar membaca bersama Miss Nadia
Assalamu'alaikum, Halo Bu-Ibu.... Sebagai penulis buku, saya miris sekali mengetahui kenyataan bahwa minat baca penduduk Indonesia dibandingkan dengan negara Asia lainnya sangat kecil. Survei dari Unesco, tak sampai satu judul buku yang dibaca oleh per orangnya per tahun, di luar buku pelajaran. WOW! Sedangkan di Malaysia, setiap orang bisa menghabiskan tiga judul buku bacaan per tahunnya. Apalagi bila dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang, yang per orangnya membaca lima sampai sepuluh buku per tahun. Tidak heran, sih. Nyatanya, buku-buku yang ada di toko buku sekarang ini hanya bertahan beberapa bulan dipajang, bukan karena laku, tapi karena dikembalikan ke gudang penerbit untuk kemudian dimusnahkan atau kalau nasibnya baik sih diobral. 

Saturday, 21 May 2016

Kiat Membesarkan Anak dengan Teknologi

Vera Itabiliana
Teknologi bagaikan dua sisi pisau. Di satu sisi, pisau bermanfaat untuk untuk memotong-motong sayuran. Di sisi lain, pisau juga bisa digunakan untuk melukai. Begitu juga dengan teknologi. Di satu sisi bermanfaat untuk mendukung kegiatan sehari-hari, juga untuk belajar. Di sisi lain, ada banyak dampak negatif teknologi. Contohnya para pelaku pembunuh Yuyun, gadis yang diperkosa 14 pemuda di Bengkulu. Salah satu akibatnya karena para pemuda itu suka menonton film porno di internet. Jadi, gimana dong cara membesarkan anak bersama teknologi? Kemajuan teknologi, mau tidak mau harus kita hadapi. Kita tidak bisa menjauhkan anak dari teknologi karena bagaimanapun mereka akan membutuhkan teknologi untuk belajar dan bekerja. 

Friday, 20 May 2016

Playdate Staedtler: Saat Ibu dan Anak Berkreasi dengan Warna

Assalamu'alaikum. Hari Sabtu lalu, 14 Mei saya mengikuti event Playdate Staedtler di Twin House, Kemang. Acara yang sangat menarik untuk para ibu dan anak. Sebagai ibu, tentunya kita ingin terus merangsang kreativitas anak melalui aktivitas menyenangkan, di antaranya menggambar dan mewarnai. Anak-anak saya suka sekali menggambar, tapi tidak  begitu suka mewarnai. Capek, katanya. Nah, kita lihat ya, apakah sepulangnya mereka dari acara Playdate Staedtler ini, mereka jadi suka mewarnai? 

Monday, 2 May 2016

Belajar Berdagang di Market Day

Assalamu'alaikum. Akhirnya saya bisa cerita lagi kegiatan anak-anak yang sudah lewat beberapa waktu lalu. Maklum, mamanya nggak selalu bisa update blog, jadi cerita udah kapan, baru sempat dipublish. Ini pertama kalinya anak-anak ikut market day. Saya lupa dulu waktu Ismail kelas 1 apakah ada juga. Tahun ini, ada kegiatan Market Day di sekolah Ismail dan Sidiq, di mana anak-anak diajak belajar berdagang. Nggak semua anak, sih. Saya mau coba-coba, jadi saya daftar. 

Sunday, 1 May 2016

Resep Dimsum Tuna

Assalamu'alaikum....
Lama sekali saya tidak menulis di blog ini. Padahal, ada banyak yang mau saya publish. Ada dua event parenting yang saya ikuti minggu lalu, tapi masih belum sempat menuliskannya. Saya tulis artikel ringan saja ya. Berbagi resep masakan yang pernah dipraktekkan di kelompok pengajian yang saya ikuti. Kelompok pengajian saya isinya hanya delapan orang. Sesekali kami mengisi pengajian dengan memasak atau berjalan-jalan. Nah, kali ini jadwalnya memasak bersama dan nama masakanya: Dimsum Tuna. 

Saturday, 9 April 2016

Pampers Raih Rekor MURI karena Jutaan Ibu di Indonesia Yakin #PakaiPampers

Lomba foto bayi #PakaiPampers sudah usai, dan sungguh luar biasa, didapatkan foto 11.700 bayi dari seluruh penjuru Indonesia yang memakai Pampers untuk membantu bayi agar tidur nyenyak. Itulah mengapa pada hari Sabtu tanggal 2 April lalu, Pampers memecahkan Rekor MURI terbaru di Grand Indonesia. Semakin membuktikan bahwa Pampers adalah merk popok sekali pakai dengan penjualan No. 1 di dunia yang dipercaya oleh jutaan ibu di Indonesia. Pengalaman anak saya memakai Pampers dibandingkan merk lain, memang lebih nyaman. Popoknya tidak tebal tapi menyerap banyak dan tidak bocor. Kalau pakai popok bayi yang tebal, anak jadi susah bergerak. 

Friday, 8 April 2016

Kiat Membantu Anak Mandiri oleh Ibu Elly Risman

"Bu, bikinin susu...." seorang anak usia SD meminta tolong kepada ibunya untuk membuatkan susu. Ketika ibunya hendak berdiri, anak lainnya ikut meminta tolong. "Aku juga bikinin ya, Bu...." Sang Ibu menghentikan langkah sambil mengerutkan dahi, "Kalau kamu bikin sendiri, dong...." Si anak perempuan yang sudah berusia belasan tahun dan duduk di bangku SMP itu memajukan bibirnya, "Yah.... Ibu... Masa adek dibikinin, aku enggak? Bikinin, ah...." Mungkin karena tidak mau berdebat dengan anaknya di tengah orang banyak, sang ibu mengalah dan melangkahkan kaki ke dispenser untuk membuatkan dua gelas susu. 

Tuesday, 22 March 2016

Anakku ABG, Bagaimana Menghadapinya?

"Kita bukan orangtua sempurna, tetapi cintai anak kita dengan sempurna."

Itu adalah kalimat terakhir yang disampaikan oleh Ibu Rani Razak Noe'man, dalam Workshop Kampung Keluarga bertajuk "Anakku Beranjak ABG" Hari Sabtu, 19 Maret 2016 di Gedung Pers Indonesia, Jalan Kebon Sirih, Gambir, Jakarta Pusat. Di akhir acara, air mata saya dibuat berderai-derai melihat video tentang hubungan Ayah dan Anak yang kurang baik, si ayah suka marah-marah sampai anaknya minggat, tetapi kemudian diakhiri dengan adegan dramatis yang membuat si anak menyadari bahwa cinta sang ayah kepadanya sangatlah besar. Hiks, jadi ingat ayah sendiri. 

Wednesday, 16 March 2016

Ketika si Kecil Berkacamata

kacamata anak
Ayah dan anak berkacamata
Assalamu'alaikum.... Dulu pernah saya menulis artikel di blog ini yang berjudul "Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Dini." Gara-garanya, Sidiq mengalami gangguan penglihatan. Setelah diperiksa ke Dokter Mata, ternyata matanya sudah minus 0,5! Huhu.... Padahal, Sidiq kan mau jadi Tentara. Ada nggak ya tentara yang pakai kacamata? Memang, ini salah saya juga sih dulu nggak telaten kasih sayur ke Sidiq. Sidiq nggak suka sayur. Sekarang setelah divonis minus, dia mulai suka makan wortel.

Tuesday, 15 March 2016

Cara Mengobati Gondongan pada Anak

Cara Mengobati Gondongan pada Anak
Assalamu'alaikum... Kali ini saya mau berbagi pengalaman mengenai cara mengobati gondongan pada anak. Beberapa waktu lalu, saat saya dan anak-anak sedang menginap di rumah orangtua saya, Sidiq mengeluh sakit di bagian pipi ke arah telinga kanan. Saya cek, eh ternyata bengkak. Untungnya, adik saya sudah pengalaman terkena penyakit ini. Ya, namanya Gondongan. Penyebabnya belum diketahui apa, menurut Mbak Google sih karena penurunan daya tahan tubuh. Biasanya menyerang anak seusia Sidiq. Obatnya hanya cukup makan dan tidur. Saya tanya ke adik saya yang sering berobat ke dokter, obat Gondongan dari dokter itu hanya antibiotik dan penurun panas (kalau demam). Berhubung Sidiq nggak demam, ya saya nggak perlu bawa ke dokter. 

Friday, 4 March 2016

Salim Berbagi Morinaga Chil-Go! di PAUD Bina Insani Bogor



Halooo… tanggal 23 Februari lalu, akhirnya Salim berbagi Morinaga Chil-Go! di PAUD Bina Insani Tajur Halang, Bogor. Persiapannya bisa dibaca di sini ya: Persiapan Salim Berbagi bersama Morinaga Chil-Go! Memangnya ada acara apa sih kok Salim mau bagi-bagi susu cair pertumbuhan Morinaga Chil-Go!? Tidak perlu ada acara apa-apa untuk berbagi. Ulang tahun Salim sudah lewat tanggal 20 September lalu. Tujuan Salim berbagi hanyalah untuk mensyukuri pemberian Allah Swt, karena sejak lepas ASI, Salim masih bisa minum susu. Susunya yang bergizi tinggi dan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak Generasi Platinum: susu cair Morinaga Chil-Go!

Thursday, 3 March 2016

Persiapan Salim Berbagi bersama Morinaga Chil-Go!



Persiapan Pertama: Cerita tentang Berbagi

Cara mudah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak mengenai pentingnya berbagi adalah dengan bercerita, karena dapat disajikan dalam bentuk hiburan yang disukai oleh anak-anak. 

Memiliki tiga anak laki-laki dengan jarak usia yang berdekatan itu seperti memiliki tiga anak kembar. Kalau membeli sesuatu, harus sama semua. Kalau tidak sama, dijamin nantinya akan ada yang bertengkar dan berebut meskipun semuanya sudah dibelikan. Misalnya, pernah saya membelikan mainan kereta untuk Salim, sedangkan kakak-kakaknya dibelikan mainan bongkar pasang. Melihat kakak-kakaknya bermain bongkar pasang, Salim jadi tidak tertarik dengan mainan keretanya. Dia meminta mainan kakak-kakaknya, tetapi yang diincarnya adalah mainan Sidiq. Sudah tentu permintaannya itu ditolak. 

Friday, 26 February 2016

Ajari Putrimu Berhijab karena Allah

Masih terngiang sepotong dialog antara saya dan almarhumah ibu saya, ketika saya memutuskan untuk mengenakan sepotong kain kerudung di bangku kelas tiga SMA. Ibu saya bertanya, 
"Apa kamu serius? Kalau sudah pakai jilbab, kamu tidak boleh melepasnya lagi. Kamu harus memakainya terus lho...." 
Saya menjawab dengan mantap, "Serius!" 
"Baiklah. Kalau kamu memang serius, nanti Mama buatkan seragam yang panjang, juga jilbab. Ingat ya, kamu tidak boleh melepasnya lagi. Tidak  boleh bongkar pasang."

Sunday, 21 February 2016

Tips Menghadapi Orang dengan Gangguan Jiwa Exhibisionis

Assalamu'alaikum. Coba perhatikan foto di samping itu baik-baik. Ada yang menarikkah? Itu adalah foto saat saya sedang membeli Hotdog di Pasar Ikan Santolo Garut. Saat memasuki pasar, kami langsung bertemu sesosok wanita yang sedang jongkok dengan pakaian lusuh (kaus kecokelatan). Sidiq, anak saya yang nomor dua, nyeletuk, "Mah, kok itu nggak pakai celana?" HAH! Siapa yang nggak pakai celana? Waduuuh... anak saya melihat pornoaksi nih! Segera saya tarik anak-anak agar menjauhi wanita itu, yang rupanya sudah memperhatikan kami. BAYANGKAN! Wanita itu mengikuti kami! Maunya saya sih segera menjauh, tapi anak-anak minta dibelikan Hotdog. Saat penjualnya membuatkan pesanan, wanita itu ikut mengantri bersama kami! 

Friday, 19 February 2016

Bandung Love Story: Bandung Lautan Cinta

Sarapan dengan si Cinta di Hotel deJava, Bandung
Assalamu'alaikum. Bandung, siapa yang tak kenal kota itu? Apalagi sekarang bapak walikotanya ngehits banget yah.. selain ganteng, berwawasan, lucu pula. Saya bukan orang Bandung, tetapi Bandung memiliki kenangan yang akan terus melekat seumur hidup. Tentu saja, bagaimana tidak, saya bertemu suami dan ayah dari ketiga anak saya, ya di Bandung. Cuit.. cuit... memang betul deh, Kota Kembang itu telah membuat hati saya dipenuhi  banyak kembang. Padahal, saya baru dua kali ke Bandung. Bandingkan dengan Semarang, tempat di mana saya kuliah dan ngekos selama empat tahun. Boro-boro ketemu jodoh, patah hati iya hehehe....

Saturday, 13 February 2016

Cara Membuat Manisan Rambutan

Manisan Rambutan
Assalamu'alaikum. Lama tidak menyapa pembaca blog ini. Saya mau membagikan postingan yang sederhana saja. Beberapa waktu lalu, Ismail minta dibelikan rambutan. Sekarang ini kan memang sedang musim rambutan. Di mana-mana ada tukang rambutan. Yang tadinya jualan mangga, jadi jualan rambutan. Akhirnya saya beli deh rambutan tiga ikat di tukang buah dekat rumah. Sebenarnya dari awal sudah keliatan buah rambutan itu sudah layu. Mungkin sudah lama ya dipajang dan nggak laku-laku. Tapi mau nyari di tempat lain kok males, karena lebih jauh. Boncengin anak tiga kan repot. Beli tiga ikat juga karena permintaan Ismail. Harganya Rp 18.000. Saya tahu itu juga kemahalan, karena biasanya Rp 15.000/ 3 ikat. Berhubung yang jualnya sudah kakek-kakek, ya terima saja deh. 

Monday, 1 February 2016

Kembangkan Minat dan Bakat Anak di Sun Life Edu Fair 2016

Assalamu'alaikum. Hari Minggu itu memang waktunya jalan-jalan bareng keluarga ya. Anak-anak sudah nggak sabar menunggu hari Minggu kemarin, karena saya sudah menjanjikan untuk melihat dongeng di acara Sun Life Edu Fair 2016, Main Atrium Senayan City, Jakarta. Acaranya sendiri sudah diselenggarakan dari tangga 28 Januari 2016 sampai 31 Januari 2016.  Kami pilih datang hari Minggu. Dari poster acaranya yang saya lihat di twitter @SunLife_ID, kelihatannya acara ini bakalan menarik. Ada School Performance (penampilan anak-anak dari beberapa sekolah), dongeng anak, booth-booth menarik, dan talkshow parenting. Wow, anak-anak bakal puas banget main di sini, sambil mamah dan ayahnya mendengarkan talkshow yang penting sekali. Menjadi orangtua itu kan memang harus banyak belajar. Sayangnya, belum ada sekolah untuk menjadi orangtua. Jadi, kita harus pintar-pintar cari ilmu pengasuhan anak melalui berbagai seminar dan talkshow. 

Smart Parenting and Health Talkshow Brawijaya Clinic FX Sudirman

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah bisa kembali menjumpai pembaca blog ini. Hari Sabtu, 30 Januari 2016 lalu, saya mendapatkan undangan dari Blogger Reporter untuk meliput talkshow "Smart Parenting and Health" Brawijaya Clinic di lantai F5 FX Sudirman, Jakarta. Saya senang sekali bisa mendapatkan undangan ini karena bisa menambah pengetahuan mengenai parenting. Tema talkshownya adalah "Lindungi Sang Buah Hati dengan Nutrisi dan Stimulasi yang Tepat." Pembicaranya adalah Dr. Nathanne Septhiandi, SpA, dokter anak di Brawijaya Clinic, FX Sudirman. 

Wednesday, 20 January 2016

Optimalisasi Kecerdasan Majemuk Menggunakan Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan



Assalamu’alaikum, Bunda-bunda tentu sudah membaca tulisan-tulisan saya sebelumnya mengenai Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan yang sangat membantu saya memberikan permainan-permainan edukatif untuk si kecil. Untuk bisa mengakses website www.morinagamiplayplan.com caranya mudah saja. Kita tinggal mendaftar dan mengikuti petunjuknya. Setelah mendaftar, saya diminta menjawab 64 pertanyaan untuk menganalisis kecerdasan yang paling dominan dari delapan jenis kecerdasan yang ada pada Salim. Setelah selesai menjawabnya, ada empat kercerdasan yang paling dominan: Musikal, Kinestetik, Naturalis, dan Visual Spasial. Selanjutnya nanti saya bisa mengembangkan kecerdasan itu dengan menggunakan stimulasi-stimulasi yang diberikan.

Tuesday, 19 January 2016

Bermain Pasir Garam Berwarna bersama Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan



Hai, teman-teman! Ini Salim datang lagi, mau cerita tentang pengalaman liburan tahun baru kemarin. Salim senang sekali liburan tahun baru kemarin diajak Mamah dan Ayah ke rumah Kakek di Garut. Dari rumah Kakek, Ayah mengajak kami berlibur ke Pamengpeuk, Garut Selatan, tiga jam perjalanan dari rumah Kakek. Horeee! Aku tahu kami mau ke mana. Iya, kami pasti mau diajak ke pantai! Di Pamengpeuk itu banyak pantai, lho. Wah, aku dan kakak-kakak nggak sabar ingin cepat sampai ke pantai. Aku suka sekali bermain di pantai. Ayah sudah dua kali mengajakku ke Pantai. Aku ingin berenang di pantai dan bermain pasir pantai yang bisa dibentuk macam-macam. 

Friday, 15 January 2016

Best Moment 2015: Writerpreneur

"Apa benar kita bisa hidup dari menulis?"

Banyak orang yang menanyakan hal itu kepada para penulis. Benarkah kita bisa mendapatkan penghasilan yang mencukupi kebutuhan sehari-hari dari menulis? Bagi sebagian penulis, ya benar. Bagi sebagian penulis lainnya, tidak begitu benar.  Bagi saya? Hem, beruntung saya ditakdirkan menjadi seorang istri dari suami yang bertanggung jawab untuk kehidupan saya dan anak-anak. Saya mendapatkan uang nafkah bulanan dari suami yang cukup. Saya tidak tahu bagaimana kalau tidak mendapatkan uang nafkah bulanan dari suami, apakah penghasilan saya dari menulis itu bisa mencukupi? 

Membuat Papan Kegiatan bersama Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan



Halo, teman-teman, apa kabar? Kenalkan, namaku Salim. Aku anak ketiga Mama Ela. Umurku tiga tahun tiga bulan. Aku belum sekolah. Setiap hari aku menemani Mama di rumah. Kata Mama, aku sekolahnya nanti aja kalau udah umur lima tahun. Aku juga mau main-main dulu sama Mama di rumah. Aku sukaaa bermain. Main itu menyenangkan, apalagi kalau mainnya sama Mama. Hff, aku sebel deh kalau lagi asyik main, eh Mama bilang,

Wednesday, 13 January 2016

Mama Kreatif Berkat Morinaga Multiple Intelligence PlayPlan



“Mah, beli mainaaan….” Salim rewel.
“Beli mainan, Maah….” Sidiq menatap dengan mata kucing yang sedang berharap dikasih ikan oleh tuannya.
“Kakak juga mau beli mainan.” Ismail tak mau kalah, meski meminta dengan nada datar. 

Hem, Mama pusing deh. Lagi-lagi minta beli mainan. Dunia anak memang dunia bermain, tapi kalau setiap hari beli mainan, bisa jebol dompet Mama. Jadi ingat suatu ketika pernah ngobrolin soal surga bersama anak-anak.

Monday, 11 January 2016

Melangkahlah ke Tempat yang Baik, Nak!



Kaki-kaki kecilmu meninggalkan jejak di hamparan pasir pantai yang luas. Engkau berlari dengan penuh semangat menyongsong ombak. Aku kewalahan mengejarmu sampai napasku terengah-engah. Meskipun ombak itu kecil, tetap saja tubuhmu yang tak seberapa beratnya itu dapat terbawa arus. Kau asyik bermain di tengah pantai yang dangkal, hingga datang ombak yang membuat pijakanmu melemah dan kau pun nyaris tenggelam. Untung aku sigap menangkapmu, meskipun pakaianku ikut basah karena memelukmu. Kau gelagapan karena sempat meminum air laut, tetapi tak lama kau kembali turun ke dalam air dan menggoda ombak dengan tawamu yang berderaian. Salim, kau begitu menggemaskan.