Tuesday, 8 December 2015

Lelaki Idaman Lain Mamah-mamah Muda

Hmm.. Jujur saya bingung memulai postingan, khawatir dibilang lebay nantinya hahaha... Kalau nggak disampaikan nanti jadi jerawat. Begini.... Di sosial media, saya sering membaca status mamah-mamah muda yang mengagumi publik figur laki-laki dengan sikap bak abg alay. "Aiiih gantengnya diaaaa..!" Atau... "Maulaaah akuu kalau begini maaah...." Pernah saya sengaja komentar di status si mamah muda, "suaminya nggak masalah ya Mak sampeyan ngidolain laki-laki lain?" Lalu dijawab dengan santainya oleh dia, "Justru suamiku kok yang downloadin lagu-lagunya, nyariin artikel-artikelnya...." Oh... Ya sudahlah. 

Bagi saya pribadi, setelah menikah, maka saya harus menjaga kehormatan saya sebagai seorang istri dengan hanya mencintai dan mengagumi suami saya seorang. Halah, kayak gitu aja dibawa serius. Ini mah buat hepi-hepi aja kok ngidolain Lee Min Ho atau Adam Levine. Okey, siapa sih yang nggak suka lihat wajah Lee Min Ho? Tapi saya nggak mau memanjakan rasa suka itu karena teringat ayat bahwasanya laki-laki maupun wanita harus menjaga pandangan dari nonmahram. Quran surat An Nur: 31, "Dan katakanlah kepada para perempuan beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat."

Ya, tapi kan dia artiiisss. Masa nggak boleh sih ngidolain artis? Lho, artis juga manusia dan mereka manusia biasa. Kita saja yang melihatnya ketinggian seolah mereka manusia luar biasa. Apalagi seorang wanita yang sudah menikah, wajib sekali menjaga pandangan sebagai bagian dari menjaga kehormatan suami. Jika kita masih mengagumi ketampanan laki-laki lain, itu berarti ada yang kurang dengan suami kita.

Ironisnya, ada mahmud (mamah muda) sengaja menyimpan foto artis-artis cowok yang kece-kece untuk menyegarkan mata dan pikiran yang suntuk, sementara suaminya itu sebenarnya nggak kalah kece. Ya salaaam.... Dikira memandangi foto itu nggak haram? Ya sama juga statusnya. Hat-hati lho jangan sampai gara-gara terobsesi dengan wajah-wajah kece lelaki lain, saat berhubungan suami istri dengan suami sah, eh malah membayangkan lelaki lain. Itu jatuhnya zina. 

Aaah.. Nggak gitu juga kalii... Kita mah santai aja kok, cuma buat have fun. Oke deh, have fun aja ya Mak.. Tapi gimana kalau pas kita ngucap dengan bercanda, "Maulaaaah...." saat ada foto artis cowok idola, lalu saat itu pas waktunya dengan saat doa dikabulkan (waktu yang mustajab), ladalah kesampaian keinginan kita. Ya nggak apa-apa dong, asik kaaan? Lah, tapi kan sampeyan sudah bersuami? Yakin, asyik? Ingat, ucapan, harapan, itu doa. Saya saja sering berharap dalam hati, cuma ngebatin aja, eh dikabulkan.

Katie Holmes, kenal kan? Saya membaca kisahnya di sebuah majalah remaja zaman dulu sekali sewaktu Katie baru saja dilamar Tom Cruise. Perbedaan usia mereka sangaaaat jauh. Katie masih muda, Tom sudah usia 40-an dan baru bercerai dengan Nicole Kidman. Katie Holmes bercerita bahwa pernikahannya dengan Tom Cruise adalah impian yang menjadi kenyataan. 

Saat usia Katie masih belasan, Tom Cruise sudah menjadi aktor terkenal dan sudah menikah dengan Nicole Kidman. Katie orang biasa, belum jadi artis. Katie jatuh cinta kepada Tom Cruise sebagai artis dan berharap di hadapan poster besar Tom, suatu ketika nanti Tom menjadi miliknya. Lebay? Namanya juga orang sudah ngefans, pasti lebay. Hati-hati saja sering tidak bisa membedakan antara kenyataan dan khayalan. 

Bertahun-tahun kemudian, ladalah Katie menjadi artis juga, bertemu dengan Tom Cruise ketika sudah bercerai dengan Nicole dan Tom pun jatuh cinta kepadanya. Mereka menikah, impian Katie menjadi kenyataan. Sayang, hanya lima tahun. Justru Katie yang menceraikan Tom. Barangkali karena ternyata aktor besar itu tak seperti impiannya semula. 

Itu kisah amazing yang saya baca. Siapa yang nyangka ya Katie ngebatin di depan poster Tom, "suatu hari nanti kau menjadi milikku," eh jadi kenyataan. Untungnya Katie masih abg alay, wajarlah. Tapi, kalau mamah muda??? Bener nih lebih milih artis daripada lelaki yang ada di sampingmu? (Di sampingnya foto artis juga haghaghag).

Alhamdulillah, masa-masa alay saya sudah lewat. Saya sudah kenyang bersikap seperti Katie. Memajang poster-poster artis, bermimpi bertemu mereka. Kesampaian? Enggak! Tuh kan, nggak mungkinlah kesampaian. Lho, siapa bilang nggak mungkin? Itu kan kasus saya. Kasus Anda bisa beda. Setidaknya saya sudah nggak punya perasaan menggebu-gebu lagi dengan wajah-wajah tampan di televisi. Biasa sajalah. Anehnya, setiap saya melihat Lee Min Ho, kelihatannya kok mirip suami saya? Hahahaha.. Maksudnya, wajah suami saya selalu membayangi. 

Bagi saya pribadi, saat ini yang saya cintai adalah suami saya. The one and only. Ya terserah sih kalau mamah lain mau mengagumi lelaki lain selain suaminya. Yang penting tugas saya untuk menyampaikan sudah selesai. "Sampaikanlah kebaikan walaupun hanya satu ayat." (Hadist)

30 comments:

  1. Malah ada yang bilang gini,"duh,jd pengin nikah lagi" tuing, aku speechless haha. Mau dikomen dg judes nanti dikira lebay, bun. Bener2 tantangan ya. Menyampaikan kebenaran kadang bikin kita jd alien.

    ReplyDelete
  2. saya belum pernah pajang2 poto artis,paling sering lihat filmnya dan tau namanya. itupun lupa2 ingat hehe
    makasih mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  3. suka dan gak suka itu biasa-biasa aja jangan berlebihan, itu yg pernah sy dengar. karena yg berlebihan pasti ga baik..

    ReplyDelete
  4. setuju banget dengan tulisan mba leyla...Semoga banyak mahmud2...yang tersadarkan baca tulisan ini...

    ReplyDelete
  5. semoga banyak mahmud2 yg tersadarkan dengan tulisan mba leyla...

    ReplyDelete
  6. Saya ya suka mbatin doang Mba sama yang suka masang status dan upload gambar laki-laki lain, padahal sudah bersuami.. katanya memang buat hepi-hepi doang.. tapi saya gak berani nanya.. cuma sampai di batin saja. Semoga hidayah segera sampai ke mereka ya Mbak El. Ini juga buat peringatan saya sih.

    ReplyDelete
  7. sesuatu banget ini tulisannya.. aku juga suka nonton film, liat artisnya, tapi ya sudahlah, diliat doang, namanya artis ya ganteng semua, kalau disukain semua ya ga ada habisnya...

    godaan banget mbak emang, kalo dulu di era offline godaanya berbentuk nyata. skrg di era on line godaanya ya lewat begini-begini (medsos, fanbase, dll)..

    tengkyu mbak sudah mengingatkan :D

    ReplyDelete
  8. Aku sih kadang kalo liat artis ganteng ya kadanh mbatin,ih ganteng. Tapi udah gitu doang. Gak sampe mengidolakan. Gimana2 ttep suami yg palinh kece sih ya. Hihi

    ReplyDelete
  9. ga pernah pajang foto2 artis, dari jaman masih unyu unyu. kalo suka, ya wajar ajaa.. biasa aja, gak kaya yg sampe keranjingan bangeet :D

    ReplyDelete
  10. Udah tau sih dari judulnya, pasti ngomongin saya hahah...

    Saya sama suami sama-sama punya selera musik + film yang sama. Lagu dan film yang ditonton bareng2 juga sama banget. "Mengidolakan" artis yang sama juga sebatas liat tontonan The Voice bareng2, jarang sih sengaja nonton sendirian atau malah niat nonton konsernya yang bolak balik ke Indonesia... mahal sih heuheu

    Kalo soal majang foto, gak sampai juga kemimpi2 pengen ketemu apalagi mimpi nikah lagi huahaha... poster mah dari jaman SD tau NKOTB juga gak pernah pasang poster mereka wkwkwk.. satu-satunya poster yang pernah mejeng di kamar mah posternya Kayrala

    ReplyDelete
  11. Kalo aku sampe sekarang ngepens sama Raditya Dika, salut akan prestasi2nya sih

    ReplyDelete
  12. Dulu masih zaman abegeh itu tembok kamar sampe ngga keliatan gara2 poster artis dipajangin, berharap ketemu, sampe berharap jadi pacarnya *alay banget* untung sekarang udh ngga, udh kenyang masa2 itu. Yg dipandangi di hape foto suami aja, hihi

    ReplyDelete
  13. Kamarku waktu abege pasang poster nike ardilla. Pas dia wafat nengok posternya trus merinding alhasil dicabut :p *komen gak nyambung yak*

    ReplyDelete
  14. alhamdulillah aku gak pernah komen kayak gitu hehehe enggak tertarik juga ngefans artis cowok karena fisiknya. Tapi kalo prestasi dan keahliannya bolehlah diapresiasi aja :)

    ReplyDelete
  15. saya baru tahu ttg obsesi katie holmes ini. saya suka katie dan tom, tapi gak pernah tahu ttg kehidupannya.
    jadi ingat dulu... waktu masih abg, suka majang poster westlife yg kebetulan lagi naik daun saat itu :)

    ReplyDelete
  16. Untung aku kalo ngefans sama artis yg dikoleksi itu karya2nya bukan fotonya. :-)

    ReplyDelete
  17. Gak pny idola yg sampe bikin tergila2 gt sih mak ... mksh sharingnya mak, tercerahkan :)

    ReplyDelete
  18. Ya Alloh... sy dilindungi Alloh? Kan termasuk mahmud yg kgd terpesona dg kelebihan laki2 lain. Hiks thank mak

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah aku bukan mahmud lagi... hahahaha..secara usiaku dah 45 lebih... jadi meski aku bahkan punya folder khusus di album facebookku yang nyimpen semua foto artis cowok yang kiut-kiut dan hensem-hensem, masih boleh berarti di mata leyla hana... hahahaha... asyik.

    ReplyDelete
  20. suka dengan tulisan ini, dah gitu aja ;)

    ReplyDelete
  21. idoalaku sapa ya jaman masih muda?

    ReplyDelete
  22. kalau cuma buat lucu-lucuan oke kali ya mba..kalau sudah niat lebih dari ya yaaa lain lagiii ceritanya :)

    ReplyDelete
  23. saya sekadarnya aja mengidolakan seseorang. Tapi sekarang lebih ke karyanya, sih

    ReplyDelete
  24. Kok bisa sih padahal udah diberi anugerah suami yang mencintai dan dicintai toh..

    ReplyDelete
  25. Sekadarnya aja sih kalau aku. Nggak sampai pajang fotonya. :))

    ReplyDelete
  26. dengan informasi ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan, kerja yang bagus min..

    ReplyDelete
  27. Kalo belom nikah boleh gak mbak? Hahaha duh gak boleh gak boleh *nanya jawab sendiri*

    Salam,
    Asya

    ReplyDelete
  28. Saya pernah ada di fase *tergila-gila* tapi alhamdulillah kemudian disadarkan, kalo suka sama apa pun ya jangan berlebihan :D

    Salam,
    Senya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^