Thursday, 10 September 2015

Cara Mudah Melakukan SPA di Rumah



“Duh, pengen deh ke salon… luluran, facial… udah lama banget nih nggak ke salon, tapi….”
“Ya udah, ke sana aja. Anak-anak di rumah sama aku.”
“Perawatan tubuh di salon kan lama, nanti anak-anak nggak dikasih makan, lagi….”
“Memangnya aku setega itu? Ya dikasihlah….”


Saya dan suami saling memandang, lalu akhirnya tetap saja nggak jadi ke salon hahaha…. Dulu waktu masih jomblo, saya rajin banget ke salon untuk perawatan tubuh, entah itu facial, creambath, luluran, dan spa. Terakhir ke salon saat mau menikah. Saya perawatan total dari rambut sampai kaki. Hasilnya, ketika suami yang baru dinikahi itu mengelus kaki saya, dia bilang, “kakinya halus banget….” Iya, dong, namanya juga baru dari salon, hihihi….

Sekarang?  Setelah punya anak, saya sudah nggak pernah lagi ke salon kecuali mau potong rambut. Belakangan, potong rambut pun dilakukan sendirian di rumah. Perawatan di salon itu minimal dua jam, itupun hanya facial lho. Makanya saya jadi malas, lah anak-anak sama siapa? Rumah saya yang jauh dari salon ini juga bikin males ke mana-mana. Pokoknya, banyak banget deh alasannya nggak mau ke salon. 

Berikut ini langkah-langkah perawatan di rumah yang saya lakukan. Ini berdasarkan pengalaman melakukan Spa di salon. Untuk merk produknya, saya pemakai segala jenis merk lho ya, jadi nggak terpaku pada satu merk saja.

Pijat Tubuh dengan Minyak Zaitun
Minyak Zaitun bermanfaat untuk relaksasi dan melembabkan tubuh. Minyak Zaitun yang digunakan untuk Spa ini khusus yang digunakan untuk perawatan kecantikan lho ya, bukan untuk memasak hehe…. Saya pakai Minyak Zaitun dari Mustika Ratu, di dalamnya masih ada biji zaitunnya. Baunya wangi. Mula-mula saya memijat tubuh sendiri dengan minyak zaitun ini. Kalau ada yang mijetin sih ya syukur, kalau nggak ada ya mijet sendiri hehehe….

Saya sudah menggunakan minyak zaitun ini sejak hamil anak ketiga. Pas itu, kulit belang-belang karena hormon kehamilan. Risih ngeliatnya. Belum lagi, kaki saya bengkak. Jadi, pijatan ini bisa meringankan bengkak-bengkak juga. Saat memijat, keluar deh daki-dakinya tuh. Badan juga agak enakan. Tapi ini belum selesai lho ya, tahap selanjutnya adalah….

Luluran dengan Lulur Mandi
Selanjutnya, saya masuk ke kamar mandi dan mulai luluran dengan lulur mandi biar praktis. Kebetulan yang lagi ada di rumah itu merknya Sumber Ayu. Pernah juga saya pakai yang merknya Bali Ratih, Pradasari, Viva, Mazaya, dan lain-lain. Tinggal dipilih saja yang kita suka. Saya malas pakai lulur yang mesti nunggui kering, baru dibilas. Enakan pake lulur mandi. Lulurannya sambil dipijat juga, jadi pastikan nggak ada orang lain yang mau pakai kamar mandi, soalnya bakal lamaa…. Eh, tapi karena sebelumnya udah dikasih minyak zaitun, jadinya ini ngelulurnya juga enak, licin. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

Kalau punya bak mandi berendam sih enak ya, bisa nyemplung aja di bak air hangat dan basuh-basuh sampai bersih. Kalau nggak punya, ya pakai handuk hangat saja diusapkan ke seluruh tubuh sampai lulurnya bersih. Lalu pakai air mengucur deh supaya total bersihnya.

Scrub Khusus Kaki
Buat kaki pecah-pecah, ada scrub tersendiri. Sama saja pemakaiannya untuk lulur mandi, tapi hanya di sekitar tumit dan telapak kaki. Kalau sering dipakai, tumit jadi halus dan nggak pecah-pecah. Kebetulan yang ada di rumah ini merknya Oriflame.



Oleskan Body Lotion atau Body Butter
Setelah luluran, tahap terakhir adalah mengoleskan Body Lotion atau Body Butter biar makin lembab dan halus. Yang saya pakai ini Body Butter dari Mazaya.


Nah, itu dia cara sederhana saya melakukan Spa di rumah. Kalau rajin, kulit jadi halus dan mulus. Komentar suami? Eheemm.. coba dipraktekin dulu ya, Bu… Yakin deh suaminya makin lengket, hehe…. Paling enak sih kalau ada jasa salon dari rumah ke rumah yang bisa membantu melakukan perawatan di rumah. Jadi lebih maksimal. Kita nggak perlu mijet badan sendiri, karena ada yang mijetin. Lebih enak dipijetin kan daripada mijet sendiri. Tapi, kalau memang nggak ada, ya bisa dilakukan langkah-langkah seperti di atas itu.






8 comments:

  1. Bisa juga yah Spa sendiri di rumah, Aku sih emang dasarnya ngga suka nyalon, ini bisa jadi alternatif. Makasih Mbak tipsnya :)

    ReplyDelete
  2. aku selalu perawatan dirumah mak,seringnya luluran,hampir seminggu dua kali dan bikin lulur sendiri xixixixi...tapi pingin aja gitu kalo ada jasa salon dari rumah ke rumah,asik kayaknya^^

    ReplyDelete
  3. Olive oilnya suka buat mijit aku mbak

    ReplyDelete
  4. saya kalo perawatan di rumah paling ya luluran sama masker wajah :)

    ReplyDelete
  5. emang ya mbak klo habis luluran jadi lebih fresh, makasih dh ikutan ;)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas infonya min sangat berguna dan bermanfaat

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^