Thursday, 30 July 2015

Cake Pisang Keju untuk Pakde dan Bude

Assalamu'alaikum.... malam ini saya mau bagi resep masakan lagi yang dicaplok dari Ibu Mertua. Minggu lalu mudik ke Garut, pas mau pulang, Ibu Mertua mengajari saya membuat Cake Pisang Keju. Ini Cake lho ya, bukan Bolu. Cake dan Bolu ada perbedaan dalam hal penggunaan telur dan cara mengocok. Saya juga baru tahu kalau Cake dan Bolu itu berbeda, padahal di mata saya, kue yang satu ini sama aja kayak Bolu. Kalau Bolu pakai telurnya sedikit, hanya 2 butir saja untuk loyang kecil, sedangkan  Cake butuh telur yang banyak. Seperti Cake yang akan saya buat ini, memakai 12 butir telur untuk satu loyang yang besar. Loyang yang kecil, pakai 6 butir telur. Tetap saja lebih banyak daripada Bolu. Cake juga lebih kenyang dimakan. Satu potong saja sudah kenyang (itu kalau saya yang makan hehe....).


Ibu Mertua dapat kiriman Pisang Ambon yang cantik banget satu tandan. Satu tandan  lho ya, bukan satu sisir. Kira-kira ada 5-6 sisir. Pisangnya itu gede-gede dan cantik-cantik banget, mirip Pisang Cavendish yang dijual di supermarket. Bedanya, yang ini gratis, karena hasil tanam sendiri. Dari warna kulitnya hijau kekuningan sampai kuning sekali, pisangnya belum habis juga dimakan. Ya sudah, Ibu Mertua mengajak saya untuk membuat Cake Pisang. Wah, asiik.. saya jadi bisa menyontek resepnya. Nah, berhubung Pakde dan Bude Abdul Cholik sedang mengadakan giveaway mini sepotong kue untuk Pakde, ini resepnya saya bagi sekalian untuk ikut giveawaynya ya....

Biasanya memang di hari lebaran, Ibu Mertua membuat Cake seperti ini. Anak-anaknya suka sekali dengan Cake buatan Ibu. Biasanya cuma pakai tepung terigu, tapi karena kemarin sedang ada pisang, ya ditambah pisang. 

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue seperti yang ada di foto:

Pisang Ambon 4 buah
Tepung terigu 2 x 150 gram
Margarin 2 x 200 gram
Telur 12 butir
Gula halus 2 x 150 gram
Vanili, satu sachet kecil.

Cara membuatnya:
Haluskan Pisang Ambon
Kocok gula halus dan margarin sampai berwarna putih
Masukkan kuning telur satu per satu
Kocok putih telur sampai kaku
Campurkan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam adonan gula, kuning telur, dan margarin. Kocok sampai tercampur semua. Masukkan putih telur yang sudah kaku, kocok lagi. Masukkan Pisang Ambon yang sudah halus, aduk dengan sendok. Tambahkan Vanili.
Oleskan loyang besar dengan margarin dan tepung terigu. 
Panggang sampai matang. Berhubung oven di rumah Ibu Mertua itu adanya oven tangkring yang nggak ada timernya, jadi ya memang kita harus sesekali menengok oven apakah kuenya sudah matang atau belum. Kurang lebih satu jam. Lama banget yaa....
Jika ingin membuat untuk loyang kecil, tinggal dibagi dua saja resep di atas. 

Oya, yang memasak kue ini adalah saya dan suami, berdasarkan panduan Ibu Mertua, hehe.... Setelah matang, dinginkan, lalu olesi margarin dan taburi dengan keju. Rasanya? Monggo Pakde dan Bude membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya pun mudaaah sekali. Semoga berkenan ya, Pakde dan Bude. Kue ini pas banget untuk dimakan saat ulang tahun Pakde nanti. Selamat ulang tahun ya, Pakde. Semoga sehat dan sukses selalu. Aamiin...

Ismail potong duluan kuenya yaa....


8 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam GA Mini: Sepotong Kue Untuk Pakde
    Segera dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  2. saya termasuk yg suka pada cake, datang ke sini pagi2 jadi pengen cake nya deh.... :)
    sepertinya diganti tape singkong juga enak ya mak...

    ReplyDelete
  3. saya suka bangettt sama cake pisang,pokoknya olahan pisang selalu suka..

    ReplyDelete
  4. waw, rajin banget sih bikin kue. bikinnya sama suami lagi. asiiik

    ReplyDelete
  5. wah kejunya banyak, enak tuh mbak

    ReplyDelete
  6. Kejunya bikin lapar. Mau juga donk Mbak.

    ReplyDelete
  7. Weleh-weleh... jd pingin kesitu ikutan motong kuenya mbak... hihi

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^