Tuesday, 2 June 2015

Giveaway Setahun Mak Irits: Komik Indonesia yang Indonesia Banget


Sumber: Fanspage Mak Irits  

Godaan hadiah dari Mak Irits membuat saya nggak tahan pengen ikut giveawaynya. Saya juga emak-emak yang tipe irit lho. Ngirit itu penting, apalagi kalau udah jadi emak-emak dan nggak punya gaji sendiri. Kasian suami kalo istrinya boros, bisa jantungan. Kalo merasa masih boros, gih baca komik Mak Irits yang ditulis oleh Mak Rahmi Aziza. Komik ini ngehits banget, terutama di kalangan emak-emak. Mungkin karena senasib :D


Ide komik Mak Irits ini “nendang” banget. Belom pernah ada komik yang bercerita tentang emak-emak yang irit, padahal emak seperti itu banyak kan di Indonesia? Hayo, ngakuuu….! Kebanyakan komik itu tokoh utamanya anak-anak dan remaja. Selain ide, pesan-pesan yang disampaikan oleh Mak Irits juga pas sekali dengan kondisi perekonomian Indonesia yang belum juga mendarat. Ibarat pesawat, masih baru mau naik tapi mesinnya macet, jadi nggak naik-naik. Otomatis, emak-emak harus putar otak mengantisipasi kenaikan harga tapi gaji suami nggak naik. Jalan paling mudah ya: IRIT.

Kenapa irit? Sebenarnya ada banyak solusi untuk mengatasi perekonomian rumah tangga yang sedang sulit. Misalnya: cari kerja atau buka usaha. Cari kerja? Anak-anak masih kecil, lagian dulu kan milih jadi ibu rumah tangga itu supaya bisa mengasuh anak. Lah masa sekarang mau ditinggal? Buka usaha? Hm, usaha apa ya? Buka usaha itu, menurut pakar usaha, biasanya rugi dulu setahun. Kalau setelah setahun itu masih rugi, berarti gulung tikar wkwkwkwk….. 

Jadi, jalan yang paling dekat ya IRIT. Susah irit? Nyontek aja ke Mak Irits. Ide-ide iritnya si Mak Irits ini nggak hanya brilian, tapi juga lucu. Banyak yang “Gue Banget.” Contohnya kayak komik Mak Irits yang saya comot di fanspagenya ini. Masih inget kan iklan pembersih lantai “Belum Lima Menit”? Makanan jatuh ke lantai, masih boleh diambil kalau belum lima menit. Rupanya itu juga diterapkan oleh Mak Irits dan… saya hihihi…. Saya juga sering ngambilin makanan anak-anak yang jatuh ke lantai hahaha…. Belum lima menit….

Sumber: Fanspage Mak Irits
Secara branding, Mak Irits ini udah kuat, sampe-sampe penulisnya (Rahmi Aziza) dianggap sebagai Mak Irits. Tokoh Mak Irits ini, di satu sisi sangat membantu menemukan inspirasi untuk irit, di sisi lain juga mengesalkan. Hffpppff….. Ya, mbok kalo irit jangan kabangetan gitu lho…. Sampe menawar dagangan nggak kira-kira. Ups, masih mending nawar daripada ngutang xixixi…. Jadi inget ibu-ibu di tukang sayur, bukan hanya menawar yang nggak kira-kira, tapi juga bayarnya pakai tulisan di notes tukang sayur, alias… tulisan utang! Hadoooh…..  Pengennya sih di akhir cerita tetap dikasih hikmah, bahwa menawar yang kebangetan, apalagi ngutang terus, bisa-bisa tukang sayurnya bangkrut. 

Sumber: Fanspage Mak Irits
Karikatur Mak Irits juga lucu, dengan mata yang bulat besar dan ekspresi wajah menggemaskan. Bisa langsung diingat oleh kita-kita. Sebelum bikin film animasinya, sebaiknya ada sekuel Mak Irits dulu, kalau perlu sampai sepuluh. Seperti komik Doraemon, Sinchan, Conan, dan lain-lain, sekuelnya malah sampe 40 lebih. Itu untuk semakin mengenalkan Mak Irits ke pembaca dengan sekuel yang nggak putus-putus. Nah, siap-siap deh Mak Rahmi nguras otak, qiqiqi….. Trus, ceritanya dipanjangin seperti cerita film, bukan cuman potongan-potongan adegan. Dibuat sebuah cerita utuh yang mana di dalamya ada tips-tips menjadi irit. (Aduh, saya sotoy banget, siapa tau di komik versi cetaknya udah begitu. Dasar irit! Sampe sekarang belom baca komik Mak Irit versi cetak! :P) 

Sejauh ini, Mak Rahmi udah keren deh mengelola fanspage dan blog Mak Irits yang followernya udah ribuan. Pastinya bakal keren lagi kalau merambah ke sosmed lain: Path, Youtube, Instagram, dan lain-lain. Memang butuh usaha yang nggak kecil, tapi kalo serius, suatu ketika Mak irits mendunia. Sebab, Mak Irits ini udah dapat branding-nya, Mak Rahmi nggak perlu deh nulis cerita dengan tokoh lain. Cukup Mak Irits ini yang tokohnya udah nempel di Mak Rahmi. Ayo rame-rame follow twitter @eMakIrits

Di usianya yang baru setahun ini, perjalanan masih panjang ya Mak. Masih butuh usaha-usaha maksimal untuk memperkenalkan Mak Irits ke Indonesia dan dunia. Saya sih berharap sekali Mak Irits bisa jadi ikon komik Indonesia yang Indonesia banget. Happy Birthday, Mak Irits! Penasaran sama Mak Irits? Nih, tonton videonya! 




4 comments:

  1. Makasih mak Leylaa suntikan semangatnya. Alhamdulillah kalo Mak Irits bisa menghibur dan memberi inspirasi terutama untuk ibu2 biar tetep ngirits hihihi.

    Iya Mak aku janjane kepengen kaya komik2 luar yang udah booming itu. Tapi bikin komik untuk cetak ternyata menguras lebih banyak energi *pfiuuuh*, jadi sementara ini masih menikmati bikin sedikit-sedikit dulu trus publish online :D

    Terdaftar di GA ya maaak

    ReplyDelete
  2. mak irit memang menghibur banget mbak leyla.. saya juga suka mbacanya...
    baru tahu ada animasinya... mungkin bisa di buat animasinya yang lebih serius mbak rahmi, spik2 sama pak Emil yang katanya baru spik2 sama Pixar... :D

    ReplyDelete
  3. Komik Mak Irits itu Emak banget ya.... Aku suka sekali dgn cerita2nya...memang sering terjadi pada Emak2 dlm kehidupan nyata... Buat Mak Leyla, sukses ya GA-nya semoga menang ya...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^