Monday, 8 June 2015

Cara Tepat Atasi Demam pada Anak

demam, anak, obat, sehat, tempra
Main di udara panas bisa bikin demam pada anak


Demam pada anak? Segera beri obat penurun panas, agar kembali sehat! Tempra, adalah obat penurun panas paling tepat. Jangan sampai terjadi kejang demam yang membahayakan otak anak! 

“Yah, Salim panas lagi nih!” saya buru-buru mengirim sms ke suami, setelah mengukur suhu tubuh Salim yang mencapai 37,5 derajat Celsius.
“Ya, cepat kasih Tempra. Masih ada, kan?” balas sms dari suami.
“Masih, tapi tinggal sedikit. Nanti beli lagi ya di apotek,” pesan saya.
“Iya.”


Setelah mendapat persetujuan dari suami, saya segera memasukkan Tempra Drops Paracetamol ke mulut Salim yang sudah tampak lemas dan tidak mau lepas dari ASI. Dulu, suami melarang saya memberikan obat penurun demam kepada anak-anak, kalau suhu tubuhnya belum mencapai 39 derajat Celsius. Suami saya tidak mau anak-anak terbiasa minum obat. “Ah, baru panas sedikit masa sudah dikasih obat? Kompres aja dulu…. Buka bajunya aja.” Kenyataannya, kami malah mendapatkan “kejutan” setelah membiarkan suhu tubuh Salim berada di kisaran 37, 5 derajat Celsius. Salim mengalami kejang demam!

Peristiwa kejang demam yang pertama terjadi saat umur Salim 10 bulan. Dua kakaknya tidak pernah mengalami kejang demam, makanya kami tidak langsung memberikan obat penurun panas kalau panasnya masih di bawah 39 derajat Celsius. Kami pernah membaca informasi di internet, bahwa bayi tidak perlu diberikan penurun panas kalau panasnya masih di bawah 40 derajat Celsius. Salim hanya dikompres dan pakaiannya dibuka. Saya membawanya ke lantai atas, dengan pikiran udaranya lebih dingin. Barangkali kalau udaranya lebih dingin, panasnya bisa turun. Ternyata saya salah! Baru saja ditaruh di atas kasur, Salim kejang-kejang. Saya berteriak memanggil suami, saking takutnya. Suami pun tak bisa apa-apa, karena itu pengalaman pertama kami. Ekspresi wajah Salim saat kejang membuat saya trauma, apalagi ludahnya berbusa. Saya membawanya turun ke lantai bawah dan mengukur suhu tubuhnya yang ternyata sudah mencapai 40 derajat Celsius. Untunglah, kami punya Tempra Drops Paracetamol. Setelah kejangnya reda, saya segera memberikan Tempra dan mengompres seluruh tubuhnya. Alhamdulillah, demamnya turun. 

demam, anak, obat, sehat, tempra
Kehujanan juga menyebabkann demam pada anak

“Lain kali, nggak perlu nunggu panasnya tinggi dulu, baru dikasih Tempra. Begitu terasa panas, langsung kasih Tempra!” omel saya kepada suami. Sejak itulah, Tempra Paracetamol tak pernah absen berada di kotak obat kami. Selain punya Tempra Drops yang ditujukan untuk anak usia 0-1 tahun, kami juga menyetok Tempra Syrup untuk anak usia 1-6 tahun. Tidak semua anak mengalami kejang demam, tapi sebaiknya berhati-hati.  Kejang demam bisa mengganggu metabolisme otak yang berujung pada kerusakan otak bahkan kematian. 
demam, anak, obat, sehat, tempra

Berikut tips saya mengatasi demam pada anak:

  1. Selalu sedia termometer di kotak obat untuk mengukur suhu tubuh anak ketika terasa agak panas. Jangan mengandalkan intuisi semata atau mengukur dengan tangan, karena tidak akurat. Lebih baik menggunakan termometer digital agar lebih tepat pengukurannya. 
  2. Jika suhu tubuh anak sudah di atas 37 derajat Celsius, anak terlihat rewel, kompres dengan air hangat, bukan air dingin. Kesalahan yang selama ini terjadi adalah, anak demam dikompres dengan air es, padahal air es justru akan membahayakan. Air es justru akan meningkatkan suhu tubuh dan memecahkan pembuluh darah anak, karena akan menutup pori-pori kulit. Sedangkan air hangat akan membuka pori-pori kulit, sehingga  memudahkan pengeluaran panas dari tubuh anak. 
  3. Ganti baju anak dengan baju dari bahan yang adem dan sejuk. 
  4. Jangan pasang AC atau kipas angin di dekat anak yang sedang demam, karena bisa memicu kejang demam. 
  5. Mandikan dengan air hangat. 
  6. Beri minum yang banyak, terutama air putih. 
  7. Berikan obat penurun panas yang ampuh. Saya membuktikan bahwa Tempra Paracetamol cepat menurunkan panas anak. Dokter-dokter juga merekomendasikan Tempra. Gunakan sesuai dosis yang tertera pada kemasan, atau menurut petunjuk dokter. 
  8. Datangi dokter, jika demam masih naik turun, karena barangkali butuh obat lain untuk mengatasi penyakitnya. Demam bisa terjadi saat anak berada di lingkungan yang panas, tapi juga bisa mengindikasikan adanya virus, bakteri, dan kuman dalam tubuh anak sehingga perlu mendapatkan obat tambahan dari dokter.
 
demam, anak, obat, sehat, tempra
Alhamdulillah, demam pada anak sembuh berkat obat Tempra :-)


Kalau anak sudah sehat, orangtua pasti lega melihatnya kembali bermain dengan ceria. Sering-sering juga memperbarui informasi mengenai kesehatan anak melalui Fanspage One Thousand Smile, karena sering ada aktivitas "Tanya Dokter" yang cukup membantu jika ada masalah dengan kesehatan anak-anak.  Alhamdulillah, terima kasih Tempra yang selama ini membantu saya menurunkan panas tubuh anak-anak saya.


https://www.facebook.com/OneThousandSmile/photos/a.555275781256257.1073741829.161248940658945/772108172906349/?type=1&theater


15 comments:

  1. Kalau anak panas demam, kita sebagai ortunya bawaannya panik aja ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Apalagi kalo udah sering kena kejang demam :(

      Delete
  2. Makasih tipsnya ya mbak... Bisa jadi dokter siaga di rumah bagi anak2 kita ya dengan menerapkan tips di atas... Nice post..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mak, makasih udah mampir ya :-)

      Delete
  3. saya juga seringnya pake tempra kecuali kalo udah ke dokter biasanya dikasih merek lain :)

    ReplyDelete
  4. Aku selalu sedia tempra mbak di rumah

    ReplyDelete
  5. Aku selalu sedia tempra mbak di rumah

    ReplyDelete
  6. aku juga selalu stok tempra di rumah mbak

    ReplyDelete
  7. Bikin shock memang lihat anak kejang demam, anakku juga ada riwayat kejang demsm dan aku srlalu shock pas dia kejang

    ReplyDelete
  8. Kayaknya kudu nyoba Tempra nih. Anak panas selalu bikon panik....

    ReplyDelete
  9. Ooo, baru tahu kalo nggak boleh nyalain kipas atau AC dekat orang yang demam. Ternyata perubahan suhu yang drastis bisa pengaruh ke tubuh ya, bun.

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah nyoba tempra..bisa dicoba kayaknya ini....kalau anak panas itu ortunya sedih :"(

    ReplyDelete
  11. aku pakai tempra forte buat si kk di rumah

    ReplyDelete
  12. nadia jg pake tempra dari mulai balita

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^