Friday, 22 May 2015

Pemenang Giveaway Abon Jambrong

Assalamu'alaikum,

Pagi-pagi udah kasih pengumuman pemenang giveaway Abon Jambrong nih. Terima kasih buat para peserta yang sudah ikutan GA sederhana ini. Jawabannya bagus-bagus, tapi sayang hadiahnya cuma lima. Berikut adalah lima pemenang yang mendapatkan dua pack Abon Jambrong:


1. Lies Hadie @lieshadie yang mau repot bikin sarapan Ayam Kremes kesukaan anak-anaknya, saya dikasih resepnya pula. Kapan-kapan saya coba ya, Mak :D

"Sarapan pagi bagi kami adalah wajib, meski anak - anak suka agak susah untuk sarapan pagi, tapi sebagai emak yang baik, kudu pinter - pinter menyiasati bukan ? Karena di siang harinya anak - anak makan siang sendiri, tanpa di dampingi kami, karena emak - bapaknya cari rejeki, maka sarapan paginya 'lebih' dari sekedar sarapan.

Meski banyak pilihan sarapan yang praktis ataupun yang hanya tinggal beli di sekitar rumah, namun saya lebih suka memasak sendiri.

Agak repot memang, tapi ini adalah konsekwensi bagi saya sebagai emak yang bekerja. Pagi - pagi saya sudah memasak komplit, karena sekaligus untuk makan siang anak - anak sepulang sekolah.

Mereka berdua sangat menyukai ayam goreng kremes...iya, jadi seringnya mereka sarapan dengan ayam goreng atau kremesannya saja, katanya udah enak....iyalah, kan kremesan ayam goreng gurihnya mantab kan ya. Pasti membayanganya repot dan susah banget, bikin ayam goreng dan kremesan di pagi hari ?

Tapi bukan masalah bagi saya, Triknya, daging ayam saya ungkep di malam harinya, paginya tinggal menggoreng ayam, kemudian bikin kremesanya, dari sisa air ungkepan tinggal di tambah kuning telur, tepung tapioka, tepung beras dengan perbandingan : 300 ml air ungkepan ayam yang telah di saring, 1 kuning telur, 100 gr tepung tapioka, 2 sdm tepung beras ( optional ), aduk rata, kemudian goreng sesendok demi sesendok ke dalam minyak panas dengan cara menuang dari atas agak jauh dari wajan, ( biar memercik, dan hasil kremesanya cantik, gak gembel ). Seringkali saya menggoreng kremesannya langsung dalam jumlah banyak, kemudian di simpan dalam toples, untuk stok lauk sarapan hari berikutnya dan berikutnya lagi. :) #MakIrit

Jadi menu sarapan favorit kami : Nasi, sayur berkuah ( jika sayurnya udah mateng :) ) ayam kremes ( atau kremesanya saja
) , teh manis / susu buat anak - anak.

Nah, untuk makan siangnya tinggal tambahin masak sop, sayur bening, lodeh plus sambal atau menu pilihan mereka berdua, emak bapaknya mah nurut aja kesukaan mereka. :)

Meski sedikit repot, namun yakin deh, anak - anak dan suami pasti lebih menyukai masakan buatan kita."

2. Muhammad Lutfi Hakim @luuthfie yang sarapan pakai Roti Arab, katanya sih bikin kenyang. Saya jadi mau coba, deh. Di beberapa supermarket Indonesia juga ada yang menjual Roti Arab :D 

"Berhubung 5 tahun terakhir ini saya tinggal di negara orang (Yaman), maka saya akan menceritakan bagaimana budaya sarapan di sana.

Di negara Timur Tengah, tak terkecuali Yaman, menu yang lazim dipakai untuk sarapan adalah khubez (roti) dan halib (wedang susu dicampur teh). Orang Arab tidak pernah sarapan dengan menu utama nasi. Malah mereka merasa aneh melihat orang Indonesia setiap hari sarapan dengan nasi.

Kalau dibilang sarapan pakai roti enggak bikin kenyang—dulu saya juga beranggapan begitu—mungkin tergantung rotinya, Mak. Roti Arab itu enggak ada bahan pengembangnya dan terbuat dari gandum, jadi tetap terasa kenyang. Dan yang lebih penting lagi, sarapan pakai roti enggak bikin ngantuk di ruang kuliah, he-he-he.

Kalau ditanya menu sarapan favorit saya apa, ya, itu tadi: roti (Arab) diolesi mentega & selai dan segelas halib."

3. Rita Asmaraningih @Rasmaraningsih yang sarapannya bisa jadi rekomendasi penderita sakit magh nih. 

"Sarapan pagi yg selalu kusediakan adalah: (1) kentang yang direbus dengan sedikit garam (2) telor setengah matang (3) madu, diminum dengan campuran air putih atau langsung diminum tanpa air. (4) Secara bergantian kentang aku ganti dengan roti tawar tanpa kulit. Mungkin sahabat2 blogger bertanya, bosankah makan menu itu terus tiap hari? Yah...gimana ya, kalau ngomongin soal bosen sih bosen tentunya ya.. Tapi mau bagaimana lagi, secara aku dan suami kini kayaknya sudah terkena penyakit maag. Tahu sendiri kan yg namanya penyakit maag itu enteng2 susah menanggulanginya. Kekenyangan gak bisa, apalagi sampe kelaparan juga bisa bikin perut krodit melilit. Jam sarapan pagi pun harus teratur, kalau sarapan paginya gak tepat waktu seperti kebiasaannya, maka siklusnya jadi kacau. Yang ada bukannya kenyang tapi malah perut jadi kembung. Jadi, kalau sudah kena maag tuh ya kudu tepat jadual makan atau sarapannya. Ohya, beberapa waktu terakhir ini aku coba2 membiasakan minum jus buah yg dicampur sayuran pada pagi hari. Minumnya diselang-seling sama teh hangat. Misal kalau hari ini paginya aku minum jus, esoknya minum teh hangat.. gitu deh..."

4.  Lathifah Iffah @lathifahsan yang punya tiga tips untuk sarapan. Boleh dicontek nih tipsnya.

"Di rumah sy, buat menu sarapan ada 3 versi
1. Masak hr sebelumnya
Klo paginya pas hari sibuk ato suami mau puasa, biasanya sy masak sorenya. Seringnya sih masak sup daging bakso tanpa tomat jadi paginya tinggal dipanaskan aja. Kadang juga masak tumisan/semur. Malamnya masuk kulkas, paginya tinggal dipanaskan. selain itu, klo ada makanan sisa sore, paginya sy panaskan jadi tidak ada makanan yg mubadzir di rmh
2. Masak sehat dan cepat buat sarapan
kami sepakat gk pake mk instan, jd kadang klo pagi sy bikin bakmi goreng campur sayur dg telor dadar. Cepat, praktis sekaligus bisa buat bekal anak. Kadang sy bikin pecel, tinggal rebus sayur dan taoge, bumbu pecelnya beli yg udh jadi, jadi tinggal seduh. Bisa juga ditambah kentang rebus dan telur rebus jadi serasa gado gado. selain itu, kering tempe juga sering sy jadikan alternatif sarapan karena tahan lama. Bahannya seadanya, kadang tempe aja, kadangvtempe kacang tanah goreng, tempe krecek, tempe kacang merah, dan tempe teri. Sekali masak bisa utk beberapa hari dan bs jadi alternatif sarapan klo ga ada lauk lain.
3. Yg praktis Buat sarapan
Di kompleks sy ga ada yg jual sayur mateng jd hrs usaha sendiri. Kadang sy beli abon buat stok sarapannya anak2. Mereka suka banget, bisa sekaligus buat bekal sekolah. 1 bngks bisa buat 3hr. Yg kecil tdk sy bolehkan makan sendirk krn yg dimakan abonnya doang gk pake nasi jd hrs disuapin biar makan nasi dan abonnya.

5. Linda Satibi @lindasatibi yang sarapannya selalu pakai telur karena harus mengencangkan ikat pinggang. Nih, saya kirimin Abon Jambrong deh buat variasi sarapan.

 "Pagi-pagi adalah waktu riweuh buatku. Seisi rumah bersiap-siap berangkat. Ketika anak-anak sudah siap berseragam rapi, maka aku harus segera turun ke dapur untuk menyiapkan sarapan.

Dalam rangka mengencangkan isi dompet, menu bervariasi seputar telur. Berganti-ganti setiap hari antara telur ceplok, telur dadar, martabak telur pake kulit lumpia, telur bumbu kecap, telur orak-arik (dengan dua varian), pizza mie telur. Kadang bikin nasi goreng dengan topping (teuteup) telur.. >o<

Susahnya, di Sukabumi, tempat tinggalku sekarang, beda dengan di Bogor, tempat tinggalku dulu. Di Bogor mah gampang nyari sarapan, bisa beli nasi uduk, ketupat sayur, lontong sayur, ketoprak, dll. Di deket rumahku sekarang nggak ada tuh, cuma ada tukang bubur ayam doang.

Untunglah rumahku deket warung. Saat anak-anak mulai bete sama menu telur, aku tinggal menyuruh anakku ke warung. Beli apa? Andalanku adalah : abon. Yup! semua anakku nggak pernah bosen sarapan sama abon. Masalah selesai.. :)

Wuiih.. ada abon jambrong.. mak nyuuss kayaknya. Itu dibikinnya dari teri jambrong, ya? Mauuu pake bangett.. pingin nyobain.. ^_^"


Selamat ya untuk para pemenang. Silakan kirim alamatnya via inbox facebook/ DM twitter saya. Bagi yang belum menang, semoga kapan-kapan saya dapat sponsor lagi untuk mengadakan giveaway.  Selamat pagi dan selamat membuat sarapan untuk keluarga di rumah :-)

Wassalam.

15 comments:

  1. Selamat buat para pemenang. :D Mba linda kayak aku, kalo pas males nyari masak bikin telor ceplok, hehe

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah. Trimakasih mba leyla

    ReplyDelete
  3. selamat buat para pemenang :)

    ReplyDelete
  4. udah pengumuman aja, GA nya aja saya gatau..duh kemana aja sayya ya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillsh.. Gak nyangka menu sarapanku jadi rekomendasi.. Mdh2n sarapan pagi ala diriku bisa bermanfaat pula bagi yg lain.. Tahu dpt hadiah gegara ada tweet yg mention.. Mksh ya mak Leyla..

    ReplyDelete
  6. Selamat buat yang menang... :)

    ReplyDelete
  7. yuhuuu.. makasiiii Mbak Ela.. :)

    ReplyDelete
  8. Selamat ya untuk semua pemenangnya, selamat menikmati abon jambrong

    ReplyDelete
  9. Selamat buat para pemenang. Teh linda. Anakku ga pernah bosen telur.wkwkwkw

    ReplyDelete
  10. Selamat buat para pemenang. Teh linda. Anakku ga pernah bosen telur.wkwkwkw

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^