Monday, 18 May 2015

Bolu Kaya Cinta untuk Mereka yang Tercinta di World Baking Day

Bolu Kaya Cinta
Kemarin, 17 Mei 2015 diperingati sebagai World Baking Day, atau hari memanggang kue sedunia untuk orang-orang tercinta. Sebenarnya saya mau memanggang kuenya kemarin, tapi masih ada puding di kulkas. Hari ini, baru deh saya wujudkan keinginan memanggang kue. Apalagi si Kakak Ismail liburan seminggu, saya ingin memasakkan sesuatu yang akan membuat anak-anak suka. Di rumah seharian, tentu bikin mereka bosan kalau nggak ada cemilan yang enak.


Anak-anak saya suka makan kue bolu, terutama bikinan ibunya #ehem. Enaknya lagi, anak-anak lebih suka kue bolu yang sederhana. Kalau macam Blackforest, atau pakai krim seperti cup cake, anak-anak malah nggak suka. Jadi, kue bolu bikinan saya cukup ditaburi meises dan keju. Bagi saya, yang penting kuenya habis dimakan daripada kelihatan mewah tapi anak-anak nggak mau makan. Kue ulang tahun yang cantik-cantik dengan krim warna-warni di atasnya itu dijamin nggak bakal dimakan oleh anak-anak saya. Saya jadi nggak perlu nyiapin bahan kue yang susah-susah, kan. 

Kue Bolu Kaya Cinta, saya menamakannya demikian, karena bagian dalam dan luarnya penuh warna-warni, apalagi dibuat dengan cinta, uhuui... Spesial, kue bolu kali ini memakai Blue Band Cake and Cookie. Jujur, ini baru pertama kali saya pakai Blue Band Cake and Cookie, sebelumnya pakai yang biasa. Ternyata memang ada perbedaannya lho, terutama untuk pemula seperti saya. Saya memang baru belajar bikin kue, walaupun belajarnya udah bertahun-tahun tapi belum pintar-pintar ehehehe.... Tujuan utama, menyuplai cemilan bergizi untuk anak-anak saya. 

Bahan-bahan yang digunakan: 
Blue Band Cake and Cookie 200 gr
Gula pasir 150 gr
Tepung terigu 200 gr
Telur 4 butir
Pewarna makanan cokelat, merah, dan hijau, secukupnya
Baking soda 1 sendok teh
Meises dan keju tabur secukupnya

Bahan-bahannya
Cara membuat:
Kocok Blue Band Cake and Cookie bersama gula pasir selama 10 menit, lalu masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok. Ayak tepung terigu dan baking soda, masukkan ke dalam kocokan. Pisahkan adonan menjadi tiga, dan masing-masing diteteskan pewarna merah, cokelat, dan hijau. Oleskan pemanggang dengan margarin dan tepung terigu agar tidak lengket. Panaskan oven, lalu panggang adonan selama kurang lebih 35 menit, suhu 175 derajat celsius. Setelah matang dan cukup dingin, oleskan permukaannya dengan margarin, lalu taburi meises dan keju. 

Adonannya harum dan lembut

Kaya warna, kaya cinta

Bolu Kaya Cinta, warna-warni dan lembut
Blue Band Cake and Cookie membuat adonannya lebih halus dan harum, bahkan baru dikeluarkan dari oven pun anak-anak sudah berebutan mau makan. Kue bolunya juga lembuuuut banget, walaupun tanpa pelembut kue. Wih, padahal saya jarang-jarang berhasil  bikin kue yang lembut. 

Nyaaam!
Selamat memasak!







13 comments:

  1. Nyaaaaaam. Bolunya enaaaaak.
    Btw, mak Leyla masak terus. Beneran ini mah jadi foodblogger. Sukses lombanya, mak....

    ReplyDelete
  2. yummiiii......keren lelaa..aku ngga bisa masak huhu

    ReplyDelete
  3. Enaaaakkkk. Itu adonannya warnanya bisa tumpuk tiga gimana buatnya mb, supaya nggak kecampur?

    ReplyDelete
  4. heumm enakk..kebayang harumnya cake setiap keluar dari oven^^

    ReplyDelete
  5. Mak Nia: Iya nih, lagi belajar masak biar bisa bikin cemilan buat anak-anak :D Makasih doanya, Mak, aamiin..

    Mbak Dedew: Ini juga masih belajar, hehe....

    Gobagi: alhamdulillah :D

    Mak Lianny: adonannya kental, jadi gak bercampur Mak.

    Mbak Hanna: Ayo bikin juga, mbak, gampang bikinnya :D

    ReplyDelete
  6. aku telat taunya mbak, tau gitu ikutan baking

    ReplyDelete
  7. makin pinter masak aja nih ibu ini :

    ReplyDelete
  8. Sebentar lagi siap-siap ngeluarin buku resep masakan, ya, Mak.

    ReplyDelete
  9. Aiiih .... mau ikutan manggang, ga punya oven khusus :(

    ReplyDelete
  10. Wah jadi pengen neh bolunya. Boleh juga resepnya buat tahap pembelajaran memasak.

    ReplyDelete
  11. Si dedek mam bolunya happy banget si! :D <3

    Salam,
    Gianta

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^