Friday, 27 March 2015

Resep Camilan Sehat: Kue Kukus Keju Cokelat


Sore hari kemarin, hujan turun sangat deras. Cuaca pun berubah dingin dan memicu lapar. Pantas saja Sidiq mendekati saya dan berkata, “Mah,  bikinin kue yang kayak kemarin dooong….” Saya mengingat-ingat, kue yang mana ya? Oh, yang saya buat hari Minggu lalu. Ternyata Sidiq menyukainya dan ketagihan. Padahal, kue itu bisa dibilang gagal. Semula saya ingin membuat bolu kukus, tapi tidak berhasil  mengembang dengan baik hehehehe…. Tak disangka dalam waktu sejam, kuenya ludeeeessss…. Dan Sidiq minta dibuatkan lagi.


“Tapi, Mama udah nggak punya telur. Besok aja ya Mama beli telur dulu. Sebentar lagi Ayah pulang, kita minta Ayah beli kue aja ya….” saya mencoba membujuk.

“Nggak mau! Dede maunya kue yang Mama bikin. Dede nggak mau kue yang baru….”

Wuiiih… betapa  berbunga-bunganya hati saya karena Sidiq lebih memilih kue buatan mamanya daripada kue beli.

“Yah, gimana dong? Telurnya nggak ada. Tuh, di luar hujan, Mama nggak bisa ke warung.”

Akhirnya, Sidiq pun tak meminta lagi. Dia mau bersabar menunggu esok hari. Kalau hari sudah sore, anak-anak memang suka ribut meminta camilan, walaupun sudah makan nasi. Jika dihitung-hitung, membuat camilan sendiri itu jatuhnya lebih murah daripada jajan di warung. Kandungan bahan-bahannya pun lebih sehat. Jajanan di warung itu tidak jauh dari snack, wafer, permen, dan lain-lain yang mengandung bahan pengawet, MSG, dan pewarna buatan. Tidak mengenyangkan, pula. Nah, kue yang saya bikin ini tak hanya sehat, tapi juga mengenyangkan. Anak pasti suka. Ada kandungan susu, telur, dan keju sebagai tambahan gizi anak

Berikut adalah bahan-bahannya:  
300 gram tepung terigu
3 butir telur
100 gram keju oles
200 gram gula pasir
1 sachet susu kental manis cokelat
1 sachet susu kental manis putih
100 ml minyak goreng (pilih minyak goreng kemasan, bukan curah)
½ sendok teh garam
3 sendok teh bubuk cokelat


Cara Membuatnya:
Masukkan telur, gula, garam, kocok hingga putih kira-kira 10 menit.  Saya tidak memakai pengembang dari bahan kimia, pakai yang alami saya, yaitu telur. Jadi, harus dikocok maksimal :D






Masukkan tepung terigu, kocok hingga rata. Kalau saya pakai tepung terigu yang khusus untuk membuat kue dan roti. 


Masukkan keju oles yang sudah dicacah, kocok hingga tercampur rata, lalu masukkan minyak goreng. Bisa juga memakai keju padat yang diparut.  


Pisahkan menjadi dua adonan rata, satu adonan putih, satu adonan cokelat. Adonan cokelat ditambahkan cokelat bubuk dan susu kental manis cokelat, sedangkan adonan putih hanya ditambahkan susu kental manis putih.


Masukkan adonan cokelat dulu ke dalam loyang kukusan yang sudah diolesi kertas. Kukus selama 15 menit. Lalu tambahkan di atasnya, adonan putih, kukus lagi selama 15 menit. 



Kue kukus keju cokelat pun siap dinikmati. Alhamdulillah, kuenya laris manis lagi. Mamanya hanya kebagian satu potong, hikss.....


Yang penting rasanya yaaa :D


Kelihatan bahagia banget yaak xixixixi











10 comments:

  1. bahagia ya kalau bisa buat camilan bergizi untuk anak-anak

    ReplyDelete
  2. hihihi..ya ampun trio libels makan yang banyak ya nak biar sehat...Elaa, pasti rame di rumah ya sama bujang2

    ReplyDelete
  3. nampak enak dan mungkin resepnya ngga susah dipraktekin ya, eh tapi enakan kalau dikasih siap saji, hihi

    ReplyDelete
  4. boleh ini dicoba resepnya XD
    btw good luck mbak :)

    ReplyDelete
  5. senangnya kalau lihat anak2 doyan kue buatan kita ya mak...

    ReplyDelete
  6. kalo kue buatan mama pasti enak dong. Aku nyomot satu ya mbak

    ReplyDelete
  7. Senangnya kalau punya orangtua yang seperti ini. Untuk soal makanan tidak perlu takut lagi karena sudah pasti akan di buatkan makanan yang masuk kategori makanan sehat 5 sempurna, hehehe...

    ReplyDelete
  8. seneng deh liat tiga jagoan ketawa bahagia gitu.. hehe.. *nyam nyam.. enaakkk.. :D

    ReplyDelete
  9. Asyik banget kalo punya mama pandai memasak :)
    Eh, putra2nya seperti kembar ya?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^