Tuesday 10 March 2015

Batagor Isi Ayam dan Wortel

Seminggu yang lalu, saya menemukan kulit pangsit instan di tukang sayur. Selain bisa digoreng menjadi kerupuk, kulit pangsit  itu juga bisa diisi oleh apa saja. Saya terpikir ingin mengisinya dengan ayam cincang. Rencananya sih mau dibikin kayak somay, eh jadinya kok batagor hehehe... Beti lah, beda tipis. Resepnya gampang banget:

Bahan-bahan:
Kulit pangsit yang sudah jadi, beli di tukang sayur seharga Rp 5.000 isi beberapa lembar (banyak juga, tapi saya nggak ngitung).
Wortel, iris tipis.
Ayam 1/4 bagian dada, cincang halus. 
Garam dan lada secukupnya.
Tepung sagu 2 sendok makan.
Sambel Pecel Kemangi (optional)


Cara membuat:
Ayam cincang dan wortel iris diaduk dengan garam, merica, dan tepung sagu. Tidak perlu tambah air. Lalu, masukkan adonan ke dalam kulit pangsit kurang lebih satu sendok makan, lipat kulit pangsit. Model lipatannya terserah Anda. 
Kukus kulit pangsit selama 25 menit, kemudian goreng sampai kecokelatan.
Sajikan dengan sambel pecel.

Bahan Isian
Saya pakai Sambel Pecel Kemangi asli Blitar. Sambel Pecel buatan rumahan yang bebas MSG dan Pengawet. Ada empat rasa: Pedas, Tidak Pedas, Sedang, dan Ekstra Pedas. Saya mencoba yang tidak pedas dan sedang saja, karena suami nggak kuat makan pedas. Rasanya pas, benar-benar seperti sambel pecel buatan sendiri. Manis-manis sedikit pedas. Walaupun dibuat di Blitar, tapi bisa dipesan via SMS, WA, dan LINE ke 081232727970 dan dikirim via JNE. Tentu saja selain bisa dibuat cocolan batagor ayam dan wortel versi saya ini, sambel pecel juga bisa digunakan untuk teman lauk dan cemilan lainnya. 




6 comments:

  1. Wah...batagor...ini salah satu makanan kesukaanku... Aku seringnya sih beli di penjual batagor langgananku.. Kalo bikin sendiri sih belum pernah... Mksh ya sdh berbagi resepnya di sini, siapa tahu aku pengen nyoba bikin sendiri aja...bisa dapat banyak tuh porsinya kalau bikin sendiri kan?

    ReplyDelete
  2. makkkk..enakkk banget aku mau....

    ReplyDelete
  3. Kebetulan dalam waktu dekat ini saya mau ke Blitar--bisa langsung mencicipi sambel pecel kemangi yang pedas.

    ReplyDelete
  4. Wah enak ini sambalnya berapa an mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 kg isi 4 botol harganya Rp 70-80 Ribu, mbak :D

      Delete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^