Saturday, 28 February 2015

[HIJAB SYAR’I or HIJAB MODEL] Yang Mana Saja Boleh, Asal Sesuai Syariat


“Tuh, Mah, pakai jilbabnya kayak Lyra Virna, dong….” Suami saya langsung menunjuk ke layar televisi yang sedang menayangkan acara Bukan Empat Mata di Trans7. Acaranya Mas Tukul. Tak  biasanya kami menonton acara itu, tapi malam itu berbeda karena menayangkan kisah berhijab tiga orang artis: Ustazah Pipik Dian Irawati, Lyra Virna, dan Ghaida Tsurayya. Kalau Ustazah Pipik dan Ghaida Tsurayya sudah maklum. Ustazah Pipik adalah istri dari almarhum Ustaz Uje, jadi insya Allah hijabnya terjaga. Ghaida Tsurayya adalah anak sulung Aa’ Gym, dai kondang dari Bandung. Nah, Lyra Virna? Masa jahiliyahnya masih lekat dalam ingatan saya. Pernikahannya dengan Eric Scada tak direstui ibunya, bahkan dia sempat bersitegang dengan ibu kandungnya sendiri. Belum lama menikah, sudah bercerai. Ketika main sinetron pun, sering mengenakan pakaian yang minimalis. Masya Allah, tahu-tahu dia muncul dengan busana muslimahnya yang sangat memenuhi syariat karena menutup sempurna.


“Gamis Lyra Virna,” begitu kata adik saya, sewaktu memberikan sepotong gamis sekaligus bergonya kepada saya. Adik saya tertarik membelinya karena sedang tren, tapi setelah dicoba  ternyata tak cocok di tubuhnya. Bergonya terlalu panjang, gamisnya juga lebar. Lah, memang begitu kan yang syar'i? Akhirnya, saya yang kebagian lungsurannya. Alhamdulillah. Ternyata benar pas saya menonton tayangan Bukan Empat Mata itu. Lyra Virna mengenakan gamis dan bergo lurus dengan warna pastel. Maklum, saya agak ketinggalan berita karena jarang nonton teve kecuali film kartun anak-anak. Subhanallah, betapa indah dan teduhnya melihat hijab Lyra Virna itu. Hidayah Allah Swt memang luar biasa, tak melihat siapa dan bagaimana seseorang itu dulunya. Di acara itu, Lyra Virna menyebutkan bahwa dia juga membuka usaha butik hijab. Awalnya karena ada penggemar yang bertanya dari mana dia membeli seperangkat gamis dan hijab yang dikenakannya itu, lalu dia pun berinisiatif mendesainnya sendiri.

Hijab Lyra Virna

Hijab Syar'i or Hijab Model? Hijab model, kenapa tidak? Menurut saya, jika pemakaian hijab model itu masih memenuhi syariat, kenapa tidak? Seperti hijab yang dikenakan oleh Lyra Virna, kini sudah menjadi hijab model. Lyra Virna menjadi model yang mempopulerkan pemakaian hijab syar'i berwarna pastel yang manis dan lembut. Selain membuka butik sendiri, sudah banyak juga penjual yang menjual hijab model Lyra Virna versi KW, seperti yang saya gunakan. Adem dan teduh melihatnya. Cantik sekali seperti bidadari. Maksudnya, Lyra Virna lho.. kalau saya mah biar suami saya saja yang memuji, hehehehe…..

Syariat berhijab, diantaranya:
  1. Menutup dada: Pastikan hijab Anda menutup dada agar tonjolan yang merupakan pesona wanita itu tidak menyembul. Bukan hanya rambut yang ditutup. Leher dan tonjolan dadanya pun tak boleh terlihat.
  2. Tidak tipis dan transparan: baik itu jilbab maupun pakaiannya tidak tipis dan transparan sehingga memperlihatkan bagian dalam tubuh. Jika terbuat dari bahan yang tipis, hendaknya menggunakan lapisan kedua di bagian dalam (manset).
  3. Longgar: artinya, tidak menampakkan lekukan tubuh. Masih ingat bukan istilah jilboob, alias jilbab yang menampilkan lekukan tubuh bahkan nyaris memperlihatkan payudara? Entah apa maksud muslimah yang berjilbab seperti itu, apakah memang sedang belajar berjilbab atau malah justru ingin mencemarkan citra baik jilbab? Semoga mereka mendapatkan hidayah Allah Swt agar mengenakan jilbab yang sesuai syariat.
  4. Menutup rambut sampai ujung kaki: berarti menutup aurat muslimah yang wajib ditutup, kecuali muka dan telapak tangan.


saya dan hijab ala Lyra Virna

Tren berhijab mestinya diapresiasi dengan baik, karena itu menunjukkan bahwa sudah banyak muslimah yang menyadari kewajiban memakai hijab. Zaman saya masih SMA dulu, nyaris tidak ada public figure yang berhijab. Saya bahkan pernah berdoa semoga ada artis yang mengenakan hijab, sehingga menjadi teladan yang baik bagi muslimah. Ketika artis Inneke Koesherawati mengenakan hijab, saya merasa terharu. Sampai sekarang pun setiap kali ada artis yang mengenakan hijab, saya mengucapkan syukur kepada Allah Swt. Beberapa artis yang membuat saya terkejut dengan hijrahnya berhijab, selain Inneke Koesherawati dan Lyra Virna, diantaranya: Peggy Melati Sukma, Dewi Sandra, dan Laudya Chyntia Bella.  Semoga semakin banyak artis muslimah yang berhijab, agar tren hijab makin berkibar dan banyak muslimah yang terinspirasi.

So, Hijab Syar'i or Hijab Model? Dua-duanya boleh, asal tetap sesuai syariat 





















8 comments:

  1. Hijab syari juga tetap modis mbak, Modisnya dapet syari nya dapet

    ReplyDelete
  2. cantik banget mbak...bener2 terpancar auranya :) subhanallah....

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah banyak public figure yg telah mengenakan hijab. Moga aja ini bukan tren sesaat namun bs jd cerminan Indonesia sbg negara penduduk muslim terbesar di dunia.

    ReplyDelete
  4. foto mak leylanya gayanya kok malu2 gitu? tapi cocok loh mak jadi model?

    ReplyDelete
  5. aish... cantiknya dgn hijab pastelnya :)

    ReplyDelete
  6. Hijab model tapi syar'i. Syar'i tetap yang utama ya mbak ;)
    Btw lyra virna makin cantik ya berhijab syar'i

    ReplyDelete
  7. Masya Allah,
    Hijab syarinya cocok tapi kok masih malu2 modelnya...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^