Wednesday, 23 December 2015

Anakku Bisa Tidur Nyenyak karena Pakai Pampers

Pakai Pampers?! Jangaaaan... Nanti bayinya jalannya ngangkang, lho....! 

Kira-kira begitulah pesan yang disampaikan oleh orangtua zaman dulu saat melarang ibu muda yang baru melahirkan agar tidak memakaikan Pampers kepada bayinya. Pampers? Iya, apa pun merknya, pasti orang-orang menyebut diapers dengan Pampers. Yang benar sih diapers, tapi kenapa selalu disebut Pampers? Nggak lain dan nggak bukan karena merk Pampers adalah merk pertama yang masuk ke Indonesia. Pantas saja orang menyebutnya "Pampers."

Wednesday, 16 December 2015

Sarapan Sehat bersama Nestle Sereal

Minggu lalu, 6 Desember 2015, saya diundang The Urban Mama dalam acara TUM Luncheon untuk mendengarkan talkshow bertema "Stop Breakfast Battle." Menghadirkan founder TUM, Ninit Yunita yang seorang blogger dan novelis kece, serta Ece Durukan, Ahli Gizi dan Nutrisi dari Nestle. Acara berlangsung jam 10 pagi, tapi saya sekeluarga sudah sampai di lokasi, yaitu Pipiltin Cocoa, Jl. Senopati 27 Kebayoran Baru, jam 9 pagi. Alhamdulillah lho, karena datang paling awal, saya dapat goodiebagnya dua hehe.... Isi goodiebagnya produk-produk Koko Krunch! Asyiiik... kesukaan anak-anak saya tuh! 

Tuesday, 8 December 2015

Lelaki Idaman Lain Mamah-mamah Muda

Hmm.. Jujur saya bingung memulai postingan, khawatir dibilang lebay nantinya hahaha... Kalau nggak disampaikan nanti jadi jerawat. Begini.... Di sosial media, saya sering membaca status mamah-mamah muda yang mengagumi publik figur laki-laki dengan sikap bak abg alay. "Aiiih gantengnya diaaaa..!" Atau... "Maulaaah akuu kalau begini maaah...." Pernah saya sengaja komentar di status si mamah muda, "suaminya nggak masalah ya Mak sampeyan ngidolain laki-laki lain?" Lalu dijawab dengan santainya oleh dia, "Justru suamiku kok yang downloadin lagu-lagunya, nyariin artikel-artikelnya...." Oh... Ya sudahlah. 

Friday, 4 December 2015

Aku Nggak Mau Nonton Sinetron!

Kemarin, iya memang baru kemarin, lini masa facebook saya ramai oleh foto seorang anak yang membawa tulisan permintaan kepada Presiden agar meniadakan sinetron. Kebanyakan teman facebook saya berkata, masa urusan sinetron saja harus Presiden juga?

Wednesday, 2 December 2015

Lima Aktivitas Seru Tiga Jagoan bersama Morinaga Chil-Go!


Halooo… kenalkan, kami tiga jagoan Mamah Ela.  Nama kami, Ismail (8 tahun), Sidiq (7 tahun), dan Salim (3 tahun). Iyes! Kami bertiga laki-laki semuanya dan sangaaaaat aktif! Ssst…. Mamah itu orangnya cerewet, apalagi kalau kami sudah ngacak-ngacak rumah. Walaupun begitu, kami tetap sayang Mamah. Buktinya kami sering rebutan tidur di ketiak Mamah lho! Hihihi….. Insya Allah, kelak kami akan menjaga Mamah saat kami sudah besar.
                   

Tuesday, 24 November 2015

My Dad My Hero: Pesan untuk Anak-anakku



Assalamu’alaikum… apa kabar, anak-anak Mama yang ganteng-ganteng: Ismail, Sidiq, Salim? Surat ini sengaja Mama tulis untuk kalian baca saat kalian sudah bisa membaca blog Mama ini. Mama ingin bercerita tentang seorang pahlawan yang sangat berarti bagi kalian. Seseorang yang begitu dekat dengan kalian. Jika suatu hari nanti kalian merasa kesal kepadanya, bacalah surat ini lagi. Agar kalian tahu bahwa kekesalan kalian tak seberapa dibandingkan usahanya untuk membahagiakan kalian.

Sunday, 22 November 2015

Untuk Guru Anak-anak Saya, Terima Kasih atas Pengabdianmu



Suatu ketika, saya bertanya kepada Ismail,
“Kakak, gimana bu gurunya, ada yang galak nggak?”
Ismail menjawab, “enggak. Ustazah nggak ada yang galak, kok.”
“Bener nggak ada yang galak?” saya memastikan.
“Enggak. Ustazah baik semua.” Ismail memanggil guru-gurunya dengan sebutan “Ustazah” dan “Ustaz,” itu bahasa Arab untuk “Guru.” 

Saturday, 21 November 2015

Sweet November Rain: Bulan Teristimewa



Assalamu’alaikum, Alhamdulillah, bulan November sudah datang. Bulan yang amat ditunggu-tunggu penduduk Indonesia, karena diprediksikan hujan baru akan turun di bulan ini. Dan ternyata benar, hujan turun dengan indahnya di hari pertama November. Semua orang mensyukuri turunnya hujan, terutama di daerah yang terkena asap pembakaran hutan. Penderitaan berbulan-bulan pun usai sudah. 

Wednesday, 11 November 2015

Kasihan atau Memanjakan?

Maaf ya Nak, kalau Mama masih sering galak
Assalamu'alaikum. Mumpung kerjaan rumah tangga nggak begitu banyak, saya mau ngobrol-ngobrol lagi di blog. Kerjaan rumah tangga kapan sih nggak banyaknya? Hehe... sebenarnya hari ini juga banyak, berulang terus itu lagi-itu lagi, tapi ditunda dulu yah. Udah kangen sama blog nih. Ceritanya begini, sudah agak lama saya ketemu dengan ibu itu yang masih warga komplek perumahan tempat tinggal saya. Dulu, ibu itu sering meminjam uang sama saya, sebulan bisa tiga kali, sampai akhirnya saya stop. Bukan apa-apa sih, tapi saat itu saya belum kerja dari rumah kayak sekarang, jadi belum bisa bantu keuangan keluarga. Uang belanja dari suami kan ngepas, malah sering kurang, alhasil saya juga keberatan dipinjami uang terus. 

Tuesday, 3 November 2015

Bermain-main di Taman Kota Sukajadi Bandung

Taman Kota Sukajadi
"Mama kok ke sini? Bukan ke sini....!" Tiba-tiba Sidiq berhenti berjalan dan tak mau mengikuti saya.  
"Itu masuk ke mall, kita jalan-jalan ke sana...." Saya mencoba membujuknya. 
"Nggak mau! Bukan ke sini, tapi ke sana...." Sidiq menunjuk ke arah berlawanan. 
"Ke taman itu? Jauh... harus jalan kaki, mau?"
"Mau!" 

Friday, 30 October 2015

Apakah Saat Anak Sudah Besar, Bunda Bisa Bebas?



Jadi, tadi malam, tiba-tiba timeline BBM saya diisi oleh racauan seorang sobat dunia maya yang sudah beberapa kali bertemu di dunia nyata. Seperti ini status-statusnya:

Status pertama: BBMku sepi nih
Status kedua: BBMku sepi nih, Bunda cepet pulang
Status ketiga: I’m angry (plus beberapa ikon marah)
Status ketiga: (ikon sedih semua)
Status keempat: (beberapa ikon sedih) sedih rasanya ga ada Bunda

Friday, 16 October 2015

Kisah Perempuan Pencari Nafkah Utama

Siang itu, gerak motor saya seakan meragu ketika langit mendadak gelap dan tetes air hujan mulai membasahi tanah yang berdebu. Hanya berselang lima menit dari sejak saya tinggalkan rumah tercinta, hujan akan turun. Saya kira, hujan itu hanya main-main, karena hari-hari sebelumnya pun demikian. Bersama dua anak kecil-kecil, saya teruskan laju motor menuju ke tempat penjual makanan. Sudah beberapa hari, asisten rumah tangga saya tidak masuk karena sakit. Semua pekerjaan rumah tangga pun saya tangani sendiri, sehingga badan kelelahan dan tidak sanggup memasak. Rencananya siang itu saya mau membeli masakan jadi di luar komplek perumahan tempat tinggal saya. 

Thursday, 15 October 2015

Saat Menjadi Lebih Hebat dengan Mencintaimu

Pernikahan adalah momen paling membahagiakan dalam hidupku. Ketika akhirnya aku bersanding dengan lelaki pilihanku, seseorang yang kupercaya untuk menjagaku. Barangkali cinta kami tak sempurna, tapi aku selalu bersyukur karena Allah telah memilihkan dia untukku. 

Saturday, 10 October 2015

Jilbab yang Nyaman di Hati Emak Rempong


"Oweeeek! Oweeeek!"

Saat sedang asyiknya menggendong bayi merah yang berumur kurang dari satu bulan, bayi itu menjerit histeris. Teman-teman pengajian pun heboh. Si empunya bayi, segera mengambil bayinya dari gendongan saya. 

"Oh, kena bros 'ammah (tante) ya...." 

Sunday, 4 October 2015

Ibu Rumah Tangga Butuh Piknik, Lho!



Piknik bareng anak-anak

“Jihadnya seorang wanita adalah dengan mempergauli suami secara baik, mengatur rumah tangga, dan ulet dalam mendidik anak-anak.” (Ali bin Abi Thalib) 

Mengurus rumah tangga adalah jihadnya seorang wanita?! Kalau dipikir-pikir, pekerjaan seorang ibu di dalam rumahnya itu memang  benar-benar pekerjaan berat, seperti seseorang yang berperang di medan tempur. 

Monday, 21 September 2015

Memupuk Semangat Berkompetisi dalam Lomba Tujuh Belasan



Salim mau ikut lomba juga

Peringatan hari kemerdekaan RI memang sudah lewat lebih dari sebulan yang lalu, tapi saya baru sempat menuliskan pengalaman anak-anak mengikuti lomba tujuh belasan. Dulu saya pernah mendengar ada orang yang berkata, “lomba tujuh belasan itu tujuannya apa? Nggak nyambung dengan makna kemerdekaan!” Ucapan itu terdengar satir. Memang kelihatannya lomba-lomba tujuh belasan itu tidak ada sangkut pautnya dengan perjuangan meraih kemerdekaan. Apakah para pahlawan kita dulu meraih kemerdekaan dengan lomba balap karung, makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, memasukkan bendera ke dalam botol, panjat pinang, dan sebagainya? Memang tidak. Lalu, apakah itu berarti lomba-lomba tujuh belasan itu tidak penting?

Tuesday, 15 September 2015

Liburan Keluarga Lebih Nyaman dengan The New Premium Economy Class Singapore Airlines



Mencicipi bangku Kelas Premium Ekonomi SIA
“Mah, yuk kita jalan-jalan….”
“Duh, males Yah… ribet deh bawa anak-anak….”
“Ya, masa anak-anak ditinggal?”

Kalau suami sudah mengajak jalan-jalan, yang terpikir di kepala saya adalah betapa ribetnya menghadapi kelakuan anak-anak di perjalanan. Sudah sering terjadi, saya dan suami sama-sama tegang urat leher dan pusing tujuh keliling saat sedang berjalan-jalan dengan anak-anak. Ketiga anak kami masih “lucu-lucunya.” Jalan-jalan yang dekat saja sudah bikin stress, apalagi ke luar negeri?! Aduh, nggak kebayang deh gimana rempongnya. Udahlah mesti nyiapin barang-barang segambreng, ditambah dengan kejutan-kejutan “kecil” dari mereka. 

Thursday, 10 September 2015

Cara Mudah Melakukan SPA di Rumah



“Duh, pengen deh ke salon… luluran, facial… udah lama banget nih nggak ke salon, tapi….”
“Ya udah, ke sana aja. Anak-anak di rumah sama aku.”
“Perawatan tubuh di salon kan lama, nanti anak-anak nggak dikasih makan, lagi….”
“Memangnya aku setega itu? Ya dikasihlah….”

Wednesday, 9 September 2015

Cara Membuat Pempek Tuna

Assalamu'alaikuuum... 15 menit lagi sebelum waktunya jadi upik abu. Saya mau bagikan resep Pempek Ikan Tuna yang kemarin sukses saya bikin. Ternyata gampang lho bikin Pempek. 

Sunday, 6 September 2015

Naik Kereta Thomas, Tut... Tut... Tuuut....

Siapa bilang liburan harus mahal? Liburan murah meriah juga banyak! Contohnya, naik kereta listrik! KRL lho ya, bukan kereta api. Anak-anak justru senang naik kereta. Sekitar sebulan yang lalu (udah lama, tapi baru sempat ditulis di blog), saya mengajak anak-anak naik kereta. Dulu waktu belum punya mobil, kami sering naik kereta. Sekarang jadi nggak pernah. Makanya saya mau ajakin anak-anak naik kereta. Ternyata mereka excited banget! 

Monday, 31 August 2015

Berkah di bulan Agustus, Suami yang Diberkahi



Tanggal 9 Agustus lalu, suami saya berulangtahun. Menjelang dini hari, saya elus pipinya dan saya kecup keningnya, lalu mengucapkan selamat tambah umur. Saya juga bertanya, “Mau dikasih hadiah apa, nih?” Suami saya menjawab dengan mata masih terpejam, “Nggak usah kasih apa-apa.”

Wednesday, 26 August 2015

Tips Menyapih Anak dari ASI ala Saya

Assalamu'alaikuum... beberapa hari nggak ngeblog karena lagi fokus menyapih Salim nih. Iyaaa... Salim umurnya sudah mau 3 tahun, bulan depan pas 3 tahun. Toleransinya sudah setahun, lama juga yah. Hampir sama dengan kakaknya, Sidiq, baru disapih dari ASI di umur 2,7 tahun. Itu karena saya nggak mau menyapih dengan drama nangis-nangis, rewel, bahkan mengamuk. Teman saya menyapih putrinya di usia dua tahun, dan dia habis dicakarin putrinya selama DUA MINGGU! Ya Allah, nggak kebayang saya harus menghadapi drama itu selama dua minggu. Jadi, mendingan disapih dengan cinta aja deh hihihi.....

Friday, 21 August 2015

Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Dini

Sidiq saat periksa mata
Assalamu'alaikum... hampir sebulan berlalu sejak anak-anak masuk sekolah kembali. Tadinya mau cerita-cerita juga tentang momen-momen lebaran berikut foto-fotonya, tapi kok ya nggak sempat-sempat. Di rumah, saya tinggal berdua dengan Salim, lalu jam 13.00 sudah ke sekolah lagi untuk menjemput anak-anak. Alhasil, waktu menulis dan ngeblog pun makin terbatas. Setelah anak-anak sampai di rumah, ya fokus mengurusi mereka. Makan, mandi, main-main, dan sebagainya. Tidur siang aja terpotong waktunya, jiyaaah... *masih sempet mikirin tidur siang....

Saturday, 15 August 2015

Cara Membuat Kue Bolu Sederhana

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah, akhirnya bisa update lagi di blog ini. Ribetnya punya banyak blog, jadi harus bagi-bagi perhatian hehehe.... Pagi tadi, Sidiq minta dibuatkan kue bolu. Sidiq memang sedang sakit panas dari kemarin. Pulang sekolah, setelah mengikuti kegiatan Hari Pramuka, Sidiq langsung tidur. Sorenya saya cek, ternyata badannya panas. Dia nggak mau makan nasi dan minum susu, cuma minta sirup. Sampai tadi pagi, dia juga belum mau makan nasi, malah minta kue bolu.

Thursday, 13 August 2015

Bermain di Sawah

"Mah, itu tanaman apa?"
"Padi."
"Padi itu apa?"
"Padi itu nantinya jadi beras, beras jadi nasi yang kita makan sehari-hari."
"Oooh.. itu tanaman nasi.... Tadi Dedek main ke sawah Kakek."

Sunday, 9 August 2015

Tambah Umur, Tambah Cinta

Selamat tambah umur, suamiku....
Terima kasih untuk Ibu Mertua yang sudah mendidik anaknya hingga menjadi seorang suami yang baik dan bertanggung jawab.
Terima kasih untuk suamiku yang telah menggenggam tanganku selama 8 tahun ini dalam biduk rumah tangga yang sering kali diterjang ombak dan gelombang. Semoga kita tetap berpegang teguh dalam komitmen pernikahan yang sudah kita bangun.
Terima kasih sudah menerima kekurangan-kekuranganku, karena aku tahu diriku bukanlah istri yang sempurna. Terlalu banyak pemakluman-pemakluman yang harus kaumaklumi.
Terima kasih sudah menjadi ayah yang baik untuk anak-anak kita. Ayah yang sabar dan luar biasa. Ayah yang selalu berusaha memenuhi kewajiban kepada anak-anak.
Tak ada hadiah yang dapat membayar semua pengorbananmu sebagai Ayah.

Thursday, 30 July 2015

Cake Pisang Keju untuk Pakde dan Bude

Assalamu'alaikum.... malam ini saya mau bagi resep masakan lagi yang dicaplok dari Ibu Mertua. Minggu lalu mudik ke Garut, pas mau pulang, Ibu Mertua mengajari saya membuat Cake Pisang Keju. Ini Cake lho ya, bukan Bolu. Cake dan Bolu ada perbedaan dalam hal penggunaan telur dan cara mengocok. Saya juga baru tahu kalau Cake dan Bolu itu berbeda, padahal di mata saya, kue yang satu ini sama aja kayak Bolu. Kalau Bolu pakai telurnya sedikit, hanya 2 butir saja untuk loyang kecil, sedangkan  Cake butuh telur yang banyak. Seperti Cake yang akan saya buat ini, memakai 12 butir telur untuk satu loyang yang besar. Loyang yang kecil, pakai 6 butir telur. Tetap saja lebih banyak daripada Bolu. Cake juga lebih kenyang dimakan. Satu potong saja sudah kenyang (itu kalau saya yang makan hehe....).

Wednesday, 29 July 2015

Berlibur bersama Anak-anak ke Gunung Papandayan, Seru dan Menyenangkan!

Berfoto sekeluarga di Gunung Papandayan
Assalamu'alaikum. Mumpung senggang, saya mau cerita tentang libur lebaran yang lalu. Tak hanya diisi dengan kumpul keluarga dan silaturahim, di hari keempat lebaran, tiba-tiba saja saya terbetik ide ingin jalan-jalan ke tempat wisata. Alhamdulillahnya, suami ambil cuti cukup banyak, hampir 10 hari! Maunya sih biar bisa pulang setelah kemacetan arus balik mereda, eh ternyata tetap saja kena macet, hihihi....

Monday, 27 July 2015

Antarkan Anak di Hari Pertamanya Bersekolah

Assalamu'alaikum. Sudah hari Senin nih. Ibu-ibu pasti sibuk menyiapkan hari pertama anak-anaknya masuk sekolah. Alhamdulillah, saya tidak. Lho? Iya, soalnya Ismail dan Sidiq baru besok masuk sekolahnya. Nggak tahu tuh kenapa di sekolah anak-anak saya malah baru masuk  hari Selasa. Mungkin untuk menghindari bentrok dengan sekolah lain, sehingga nggak macet di jalan hehehe.....

Thursday, 23 July 2015

Nasihat Ismail ke Sidiq yang Bikin Cengengesan

Hari ketiga sekolah, Sidiq sudah dapat masalah. Waktu itu masih di bulan Ramadan. Sidiq masuk pagi dan pulang jam 10, sedangkan Ismail masuk jam 1 siang karena akan ikut pesantren kilat sampai jam 6 sore. Supaya nggak bolak-balik antar jemput, saya langsung ajak Ismail jemput Sidiq jam 10. Memang sih, Ismail bakal lama nunggu sampe jam 1, tapi nggak apa-apalah. Rencananya mau saya temenin sampai jam 12. Setelah itu, dia nunggu sendiri di kelas. 

Tuesday, 21 July 2015

Narsis di Sekolahan

Salim sekarang seneng banget difoto, gara-gara sering dijadiin model untuk review produk hihihi.... Yang berikut ini adalah foto-foto Salim selama di sekolah Ismail dan Sidiq yang baru dicat dengan beraneka pemandangan. Ada kebun binatang, transportasi, kerja bakti, dan lain-lain. Capek juga lho motoin Salim, karena dia terus aja minta difoto. "Ini, Maah! Ini, Maah!" teriaknya sambil menunjuk dinding yang minta difoto bareng foto modelnya yang ganteng, tentu :D 

Cerita-cerita Sebulan Terakhir

Alhamdulillah, sudah lebaran. Kami sekeluarga masih mudik ke Garut, kampung ayahnya Ismail, Sidiq, dan Salim. Insya Allah, besok baru pulang. Nunggu arus mudiknya mereda, supaya nggak kena macet. Kalau kena macet pun ya jangan parah-parahlah. Soalnya kami sudah pasti melewati daerah macet terparah: NAGREK. Biarpun udah dibikin jalan baru, tetap aja masih macet kalau lebaran. Dua hari sebelum lebaran saja sudah kena macet. 

Monday, 13 July 2015

Nostalgia 80-an bersama Kue Cubit W'dank Bajigur

Satu hari sebelum memasuki bulan Ramadan, saya pulang ke rumah orangtua untuk berziarah ke makam almarhumah ibu saya yang sudah meninggal kurang dari 8 tahun lalu, hanya dua bulan sebelum saya menikah. Ibu memang tidak sempat menyaksikan pernikahan saya, tapi masih sempat membantu menyiapkan segala hal, termasuk menjahitkan kebaya untuk akad nikah di saat kondisi tubuhnya masih sakit karena kanker lidah. Setelah berziarah, saya kembali ke rumah orangtua yang kini hanya ditempati oleh ayah dan adik bungsu saya. Kemudian saya teringat cetakan kue cubit warisan ibunda yang sudah lama tak terpakai.

Wednesday, 8 July 2015

Sukses Menyusui bersama The Urban Mama Breastfeeding Month 2015

Ini anak-anak saya minum ASI sampai 2 tahun
Dua minggu lalu, saya pulang ke rumah orangtua dan ketemu lagi dengan adik saya yang baru punya bayi usia 4 bulan. Sebagai salah satu pejuang ASI (cieeeh...), saya langsung nanya dong. "Gimana ASI-nya? Masih lancar nggak?" Dan adik saya menjawab dengan emosi, "Apaan? Aku nggak bisa kasih ASI. ASI-ku nggak keluar lagi. Udah cape-cape meres ASI, eh dibuangin sama neneknya tuh. Huh!" Adik saya memang temperamennya tinggi, jadi rasanya seperti saya yang dimarahin hehe.... Kemudian, keluar deh cerita-cerita mengenai dukanya memberikan ASI.

Friday, 3 July 2015

Makan Hemat di Kantin Karyawan Senayan City

Asik nonton teve sambil nunggu makanannya
Assalamu'alaikum.... lama nggak menyapa blog ini karena lagi asyik ngeblog di www.leylahana.com yang baru ganti domain :D Ini catatan jalan-jalan sebelum bulan puasa ya, jadi masih boleh makan siang. Waktu itu, jalan-jalan ke Senayan City untuk ikutan Little Chef Wonder itu, tapi belum makan siang. Suami bilang di situ tempat makannya mahal-mahal wkwkwk.... Padahal, saya punya voucher MAP yang bisa digunakan untuk makan di Domino's. Ditanya, apa di situ ada Domino's? Suami bilang, nggak ada. 

Tuesday, 23 June 2015

Selamat Hari Ayah!

Like Father Like Son
Ini untuk Ayah yang sudah mencintai anak-anaknya dengan sepenuh jiwa. Ayah, yang barangkali cintanya tak tersirat, tapi bisa jadi lebih besar dibandingkan cinta ibu kepada anak-anaknya. Sewaktu taaruf (proses sebelum pernikahan), calon suami saya bercerita bahwa dia nggak bisa dekat dengan anak-anak. Setelah menikah, dia bilang mau punya anak banyak. Dan kemudian waktu bergulir, ternyata dia memang susah dekat dengan anak-anak tapi mau punya banyak anak. Hm, gimana yaah...? 

Thursday, 18 June 2015

Bakmi GM Delivery, Solusi Praktis untuk Ibu Rumah Tangga

Saya punya pengalaman kelaparan di siang hari dan bingung mencari makanan. Lho? Padahal, saya ada di rumah. Ya tinggal masak, to? Memang, niatnya mau masak, tapi pas nyalain kompor gas, eh ternyata gasnya habis. Tenang, tinggal beli gas, kan? Saya datangi warung terdekat dan pesan gas untuk diantar ke rumah. Apa jawabnya? "Gasnya habis, Bu. Belum ada pasokan lagi. Harganya mau naik, jadi susah dapatnya."

Monday, 15 June 2015

Nggak Takut Lagi Makan Mie karena Ada Mie Kering Tropicana Slim



Makan mie instan? Hohoho… rasanya seperti berdosa banget ya kalau kita mengaku sebagai penggemar mie instan? Mau bagaimana lagi? Keluarga saya memang penggemar mie instan, karena enak dan gurih, apalagi kalau dimakan saat cuaca dingin atau sedang hujan. Saya suka mie instan dengan tambahan telur dan cabai rawit yang super  pedas. Masalahnya, untuk bisa makan mie instan itu saya harus sembunyi-sembunyi supaya nggak ketahuan sama anak-anak. 

Si Kecil Tidur Nyenyak Bebas Nyamuk? Ini Tipsnya!



“Mamah… Dede nggak mau tidur di situ… banyak nyamuuk….” Terdengar rengekan anak-anak saya. Dalam sekejap, mereka sudah tidur berdesakan di tempat tidur saya.

PLAK!

Saya memukul kaki yang gatal, seekor nyamuk terbang menghindari pukulan. Ah, pantas dari tadi tidur nggak enak. Ternyata banyak nyamuk. Sidiq, anak kedua, paling rewel kalau diganggu nyamuk, karena kulitnya putih dan mudah iritasi. Sekali digigit nyamuk, bentolnya nggak hilang-hilang, bahkan bisa korengan karena digaruk terus. Kasihan, kulitnya yang putih jadi banyak “paku.” Kalau sudah digigit nyamuk, dia bisa merengek-rengek dan mengganggu tidur anggota keluarga lainnya. Saya harus menggaruk bagian tubuhnya yang gatal, sepanjang malam! 

Sunday, 14 June 2015

Menikmati Pizza Lezat dan Hemat di Domino's

Mampir dulu di Domino' Pizza
Jalan-jalan keluarga kami paling sering ke seputaran Depok, karena jaraknya hanya satu jam dari rumah. Biasanya kami ke Depok untuk silaturahim ke rumah saudara yang ada di Depok, ketemu dengan teman-teman, menghadiri acara-acara tertentu, mengunjungi toko buku, wisata murah meriah ke Danau UI, atau ke mall-mall yang menjamuri kawasan Margonda dan sekitarnya sembari menyetorkan uang gaji suami untuk ditukar dengan barang-barang kebutuhan rumah tangga hehehe....

Friday, 12 June 2015

Roti Isi Bakso Ayam dan Pia Durian yang Lezat Menggigit


Siang-siang, kurir paket datang mengantarkan kotak hijau bertuliskan Creme31 Bakery. Wah, asyik nih, kayaknya saya dapat kiriman makanan. Mumpung baru bangun tidur siang, perut krucuk-krucuk. Pas dibuka, eh ada lima buah roti. Dua Roti Isi Bakso Ayam dan tiga Roti Pia Durian.  Cepet deh sampenya, cuman sehari. 

Wednesday, 10 June 2015

Kecil-kecil Jago Masak di Little Chef Wonder

Sabtu, 6 Juni 2015, sebenarnya kami nggak punya rencana pergi ke mana-mana. Eh, ternyata malam Sabtunya, saya menang kuis berhadiah tiket gratis untuk mengikuti kursus memasak Little Chef Wonder dari Beyond Screen Production dan The Urban Mama. Alhamdulillah, saya senang banget. Bukan saya lho yang mau belajar masak, tapi Ismail. Saya memang sedang getol-getolnya mencari even-even seru yang bisa diikuti oleh anak-anak untuk memancing keberanian dan kreativitas mereka. Saya baru melakukan konfirmasi email menjelang Subuh dan dijawab jam 9 pagi. Acara dimulai jam 11 siang. Waduuuh... dari Bogor ke Jakarta, nyampe nggak tuh satu jam?  Ah, sudahlah, jalan saja dulu.

Monday, 8 June 2015

Cara Tepat Atasi Demam pada Anak

demam, anak, obat, sehat, tempra
Main di udara panas bisa bikin demam pada anak


Demam pada anak? Segera beri obat penurun panas, agar kembali sehat! Tempra, adalah obat penurun panas paling tepat. Jangan sampai terjadi kejang demam yang membahayakan otak anak! 

“Yah, Salim panas lagi nih!” saya buru-buru mengirim sms ke suami, setelah mengukur suhu tubuh Salim yang mencapai 37,5 derajat Celsius.
“Ya, cepat kasih Tempra. Masih ada, kan?” balas sms dari suami.
“Masih, tapi tinggal sedikit. Nanti beli lagi ya di apotek,” pesan saya.
“Iya.”

Saturday, 6 June 2015

Pesta Cerita Bintang Bank Permata

Pesta Cerita Bintang Bank Permata
Hari Sabtu, 25 April 2015 lalu, saya memenuhi undangan dari Kompasiana untuk menghadiri Pesta Cerita Bintang Bank Permata yang diadakan di Plaza Senayan. Saya diminta membawa anak-anak usia 4-8 tahun untuk mengikuti lomba mewarnai di buku tabungan Cerita Bintang. Reportase lengkapnya sudah dimuat di Kompasiana, jadi di sini hanya memuat foto-foto tambahan. Tadinya saya berharap Sidiq yang suka mewarnai, tapi ternyata dia nggak mau. Ismail malah mau ikut lombanya, saking diiming-imingi dapat hadiah hehe.... Padahal, si Kakak kurang suka mewarnai, capek katanya. 

Thursday, 4 June 2015

Me Time ala Ibu-ibu Penulis, Blogger, Quiz Hunter

Sabtu kemarin, 30 Mei 2015, saya menghadiri temu blogger Tokopedia. Reviewnya menyusul yak, karena bakal lama nulisnya hehe.... Saya menyebut itu "Me Time" karena pergi tanpa bawa suami dan anak-anak. Alhamdulillah, suami kasih izin dari jauh hari daripada kepalanya istrinya pusing terus wkwkwk.... Pulangnya, Mbak Nunung Yuni dan Mbak Arin Murti ngajak ngopi cantik di Starbuck. Itu kedua kalinya saya ke Starbuck dan selalu ditraktir. 

Wednesday, 3 June 2015

Bolu Merah, Perpaduan Wortel dan Tomat

Wortel dan tomat dimasukkan ke adonan kue bolu?? Ini salah satu eksperimen saya dalam memasak. Kalau cake wortel, resepnya sudah banyak bertebaran di internet. Dulu, saya juga pernah membuat cake wortel. Sekarang saya ingin memadukannya dengan tomat. Entah apa jadinya. Deg-degan juga masaknya. Gagal masak, bukan sekali dua kali. Saya pernah coba membuat bolu alpukat, ternyata rasanya pahiiiit.... Moga-moga yang ini nggak asam atau pahit, hehe....

Tuesday, 2 June 2015

Giveaway Setahun Mak Irits: Komik Indonesia yang Indonesia Banget


Sumber: Fanspage Mak Irits  

Godaan hadiah dari Mak Irits membuat saya nggak tahan pengen ikut giveawaynya. Saya juga emak-emak yang tipe irit lho. Ngirit itu penting, apalagi kalau udah jadi emak-emak dan nggak punya gaji sendiri. Kasian suami kalo istrinya boros, bisa jantungan. Kalo merasa masih boros, gih baca komik Mak Irits yang ditulis oleh Mak Rahmi Aziza. Komik ini ngehits banget, terutama di kalangan emak-emak. Mungkin karena senasib :D

Sunday, 31 May 2015

[IHB Blog Post Challenge] Menyimpan Kenangan



Ngeblog untuk menyimpan kenangan tentang anak-anak saya :-)


“Kak, ini baca nih, ini waktu Kakak gambar komik!” seru Sidiq, 18 tahun.
“Ini waktu Dede gambar jambu. Gayanya sok beneer!” serang Ismail, 19 tahun.
“Yang ini aku waktu baca buku,” kata Salim, 15 tahun.

Friday, 29 May 2015

CP Prima dan Upaya Memajukan Perikanan Budidaya Indonesia



Ikan, udang, dan makanan laut lainnya kaya akan vitamin, mineral, protein, asam lemak omega 3, dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh dan otak. Orang zaman dulu sering mengatakan, “Kalau mau pintar, makan ikan yang banyak.” Itu memang benar, karena asam lemak omega 3 di dalam kandungan ikan dan udang bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Pada orang dewasa, suplemen minyak ikan dapat meningkatkan memori dan konsentrasi agar tidak mudah lupa dan pikun. Para bidan dan dokter sering menganjurkan ibu-ibu hamil agar mengonsumsi suplemen minyak ikan dan rajin makan ikan untuk perkembangan otak janin yang dikandungnya. 

Gaya Sidiq Saat Menggambar

Beberapa waktu lalu, saya panen buah jambu merah dari depan rumah. Cuma tiga buah sih, tapi lumayan banget. Buahnya cakep-cakep dan menggiurkan. Baru juga dibelah, eh Sidiq sudah menyerobot.

Thursday, 28 May 2015

Cara Salim Baca Buku dan Menempelkan Stiker

Anak-anak suka banget beli buku aktivitas yang isinya menempel-nempelkan stiker. Jadi, bukunya berupa buku cerita, tapi ada beberapa cerita yang harus ditempeli stiker. Harganya memang lumayan mahal, jadi saya sering beli yang diskonan di toko buku Gramedia Depok, dekat tempat parkirannya. 

Komik ala Ismail

Foto dulu komiknya :D
Ismail sudah bisa bikin komik. Saya memang sering membelikan buku-buku cerita bergambar untuk anak-anak, mungkin Ismail mencontoh dari buku-buku itu. Saya jadi ingat, dulu waktu kelas 1 SD, saya juga suka menggambar komik hehe.... Entah ini bawaan ibunya atau memang terstimulasi dengan sendirinya dari  buku-buku cerita bergambar yang saya berikan?

Wednesday, 27 May 2015

Belajar Parenting bersama AishaParenting.com



Anak-anak adalah rezeki sekaligus ujian bagi kedua orangtuanya. Saya tidak mengira, menjadi orangtua (terlebih lagi IBU), begitu susahnya. Setiap hari ada saja ujiannya. Dari mulai anak-anak masih bayi sampai sebesar sekarang, bukannya makin mudah malah makin susah. Mungkin kalau bisa dihitung berapa banyak kesalahan saya selama menjadi orangtua, jawabnya bukan lagi ratusan tapi jutaan! Kadang-kadang saya ingin waktu diputar kembali, agar dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan selama mengasuh anak-anak. Tentu saja itu tidak mungkin. Semoga saja kesalahan-kesalahan saya dapat dimaafkan, terutama oleh anak-anak.

Friday, 22 May 2015

Pemenang Giveaway Abon Jambrong

Assalamu'alaikum,

Pagi-pagi udah kasih pengumuman pemenang giveaway Abon Jambrong nih. Terima kasih buat para peserta yang sudah ikutan GA sederhana ini. Jawabannya bagus-bagus, tapi sayang hadiahnya cuma lima. Berikut adalah lima pemenang yang mendapatkan dua pack Abon Jambrong:

Monday, 18 May 2015

Bolu Kaya Cinta untuk Mereka yang Tercinta di World Baking Day

Bolu Kaya Cinta
Kemarin, 17 Mei 2015 diperingati sebagai World Baking Day, atau hari memanggang kue sedunia untuk orang-orang tercinta. Sebenarnya saya mau memanggang kuenya kemarin, tapi masih ada puding di kulkas. Hari ini, baru deh saya wujudkan keinginan memanggang kue. Apalagi si Kakak Ismail liburan seminggu, saya ingin memasakkan sesuatu yang akan membuat anak-anak suka. Di rumah seharian, tentu bikin mereka bosan kalau nggak ada cemilan yang enak.

Saturday, 16 May 2015

Promo Menarik di Blibli.com Bikin Belanja Online Makin Kencang



Belanja online sudah menjadi tren masyarakat perkotaan dan pedesaan, selama dapat menjangkau sinyal internet. Banyak keuntungannya belanja online, salah satunya efektivitas dan efisiensi waktu. Pepatah Barat mengatakan, “waktu adalah uang.” Artinya, setiap detik waktu yang berlalu dengan kesia-siaan, sama saja dengan kehilangan uang yang mungkin dapat kita peroleh. Sedangkan, pepatah Arab mengatakan, “waktu adalah pedang.” Maksudnya, waktu yang terbuang percuma ibarat pedang yang siap membunuh kita. Jadi, dengan alasan hemat waktu, banyak orang beralih berbelanja secara online daripada memutari mall, pasar swalayan, dan pasar-pasar fisik lainnya. 

Thursday, 14 May 2015

Giveaway Abon Jambrong

Sarapan itu penting banget kan ya untuk pasokan energi sebelum beraktivitas. Menu-menu sarapan itu biasanya sedehana, karena waktu penyajiannya harus cepat berhubung kita akan segera memulai aktivitas. Suami dan anak-anak berangkat ke kantor dan sekolah jam 6 pagi, so pasti saya harus buru-buru nyiapin sarapan. Kadang masak sendiri, kadang beli. Kalau beli, di sekitar rumah ada penjual bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, dan nasi kuning. Kalau bikin sendiri ya paling-paling spaghetti (instan) dan nasi goreng. Sarapan roti sih buat kami nggak bikin kenyang, hehehe....

Wednesday, 13 May 2015

Sarapan Tak Biasa dengan Abon Jambrong UNIA

Nasi goreng ala saya
"Kalau pulang ke Jakarta, nanti bawa oleh-oleh ya...." begitu selalu pesan teman-teman kuliah, setiap saya mau pulang ke Jakarta. Dulu saya kuliah di Semarang. Ditanya begitu, jelas aja saya bingung. Oleh-oleh dari Jakarta, apaan ya? Nggak ada yang bisa dibawa, euy, lah Jakarta itu kan oleh-olehnya nyomot semua dari daerah, wkwkw.... Gado-gado, Ketoprak, Lontong Sayur, Ketan, ya masa itu dibawa ke Semarang, udah basi duluan di jalan. Coba udah ada Abon Jambrong UNIA, pasti saya bawa deh ke Semarang.

Gutacci dan Xio-Xio, Rahasia Hidup Sehat


"Mah, kok sekarang wajahnya putih-an? Pakai apa?" tanya suami, beberapa waktu lalu.

"Wah, pakai apa ya? Masa sih sekarang putih-an? Nggak  pakai apa-apa," sambil tersipu-sipu, saya berpikir perubahan apa yang sudah saya lakukan sampai-sampai suami memuji? Buat saya, itu pujian, karena sejak menjadi ibu rumah tangga, saya jadi malas dandan dan pakai pelembab. Wajah jadi kusam. Dan memang, saya masih malas dandan. Jadi, bingung kenapa wajah saya putih-an? Maksudnya, lebih cerah kali yaa.... 

Saturday, 9 May 2015

#CurhatanRasa Seorang Ibu tentang si Bolu Pisang Koepoe-koepoe



Produk Koepoe-koepoe di rumahkoe

Dear, Koepoe-koepoe
Akhir-akhir ini anak-anak saya sedang susah makan. Berturut-turut mereka terkena penyakit gangguan pencernaan. Si sulung terkena diare, entah salah makan apa. Kalau makanan di rumah, insya Allah sudah higienis. Barangkali karena jajan makanan di luar. Si tengah juga menyusul kakaknya, muntah-muntah dan nggak mau makan. Mudah-mudahan si bungsu nggak ikut-ikutan. Kalau sudah kena juga, pusing deh kepala mamanya. Untuk mengobati diare si sulung, suami saya membawa ke dokter dan membelikan dua sisir pisang raja sereh. Konon, bisa memampatkan diare. Alhamdulillah, sekarang si sulung sudah baikan. Sayangnya, masih ada sisa pisang raja sereh itu yang cukup banyak dan sudah mulai menghitam. Pisang raja sereh itu agak kesat di lidah, jadi kurang enak dimakan langsung. 

Martabak Telur Instan

Martabak Telur Instan

Mau makan martabak telur siang-siang, tapi tukang martabaknya belum jualan. Kenapa nggak bikin sendiri aja? Ah, rempooong.... Siapa bilang? Beberapa waktu lalu, pas lagi belanja sayur, ada ibu-ibu yang beli kulit pangsit dan daun bawang, katanya mau bikin martabak telur. Langsung deh tanya-tanya gimana caranya bikinnya, ternyata gampang banget. Instan, siapa aja bisa bikinnya deh. Dijamin! :D Bahan-bahannya juga murah.

Friday, 8 May 2015

Wisata Edukasi ke Taman Satwa Cikembulan Garut

Selamat datang!
Di Garut ada kebun binatang?! Ada, doong... Sudah dua kali kami sekeluarga mengunjungi Taman Satwa Cikembulan di Kadungora, Garut. Memang, tempatnya nggak seluas Kebun Binatang Ragunan Jakarta, tapi lumayanlah untuk ajak anak-anak berwisata edukasi, mengenal berbagai jenis binatang dari dekat. Dari Jakarta, perjalanan ke tempat ini memakan waktu kurang lebih lima jam (kalau nggak macet). Kami jalan-jalan ke sini sambil sekalian pulang kampung. Kalau dari rumah nenek di Garut, ke sini cuman satu jam. Deket banget, kan?

Thursday, 7 May 2015

Liburan Keluarga Impian: Menembus Awan



“Ma, kapan kita jalan-jalan naik pesawat?” tanya Sidiq, anak kedua saya. Pertanyaan yang sudah diulang-ulang, entah berapa kali. Sidiq memang ingin sekali berlibur ke pantai naik pesawat. Tahun lalu, saya, ayahnya, dan adiknya liburan ke Bali gratis, hasil dari menang lomba blog. Dua anak yang lain, Ismail dan Sidiq, terpaksa dititipkan di rumah kakeknya. Kalau mereka diajak, minimal kami harus menyediakan dana tambahan Rp 3 juta karena tiket untuk keduanya sama dengan tiket untuk orang dewasa. Berhubung kami belum ada dana, mereka harus ditinggal. Nah, gara-gara melihat foto jalan-jalan ke Pantai Kuta naik pesawat itulah, keduanya terus merongrong minta liburan ke pantai naik pesawat.