Saturday 23 August 2014

Liburan Gratis ke Bali? Bisaaa! –Bagian 3


Makan di Warung Seafood Halal
17 Agustus 2014, pagi pertama di Kuta, Bali. Kami akan memulai petualangan menjelajahi daerah Kuta dan sekitarnya, berhubung waktu liburan cuman dua hari dan yang efektif cuman sehari, huhuhu..... Percaya gak percaya, kami benar-benar jalan kaki! Yap, jalan kaki dari Kuta, Legian, sampai Patih Jelantik. Gak sangka kami bisa jalan sejauh itu. Gak terasa lho, karena bule-bule juga jalan kaki. Sebenarnya suami beberapa kali bertanya ke tempat rental mobil dan motor, rencananya kami mau merental motor. Motornya habis semua, yang ada hanya mobil. Well,  berhubung jalanan macet, pake mobil bikin kami tambah stress deh. Lagian, namanya juga jalan-jalan kan, kita jalan aja yuks….


Pasar Sukowati
Pertama-tama, kami menyusuri trotoar di sepanjang Pasar Sukowati. Udara terasa hangat, karena banyak pepohonan di pinggir jalan, jadi gak terasa panas walaupun matahari sudah tinggi. Saya memang mau beli oleh-oleh yang udah dipesan oleh semua orang yang sudah kami repotkan, khususnya tantenya anak-anak itu, tapi suami melarang membeli oleh-oleh di Sukowati. Nawarnya itu gak nahan. Saya lihat juga sedikit turis yang mampir ke kios-kios di pasar itu. Saya curi dengar seorang turis yang tertarik dengan sehelai pashmina Bali, kalo gak salah dengar, harganya Rp 100 ribu! Woow! Suami saya udah pernah beliin pashmina Bali dan harganya sekitar Rp 40 ribuan per helai. Lah itu kok mahal ya? Si pedagang meminta pembeli menawar, tapi itu turis ngeloyor aja. Gak jadi beli. Males kali ya nawarnya. Mau ditawar berapa, coba?

Jalan di Trotoar nan adem
Pasar Sukowati
Aroma Bali sangat terasa dengan bau dupa yang ditebarkan dari sesajen di setiap pintu rumah dan toko. Jalanan masih agak lengang, mungkin bule-bule masih tidur atau berjemur, padahal kami berangkat dari hotel sudah jam 9.30 pagi. Kadang-kadang kami berhenti untuk beristirahat, apalagi kan kadang-kadang harus menggendong si kecil. Gak merasa gengsi, wong banyak bule yang jalan kaki juga haghaghag... Ojek-ojek memang sesekali menawarkan, tapi apa gunanya naik ojek wong kita memang mau jalan-jalan?

Tugu Peringatan Korban Bom Bali

Di depan Tugu Peringatan Bom Bali
Setelah melewati Pasar Sukowati, kami memasuki jalan Legian, melirik Paddy’s Club yang pernah menjadi TKP Bom Bali. Kafenya sudah pulih kok, gak ada bekas-bekas habis dibom. Ada tugu peringatan korban Bom Bali, banyak juga jumlah korbannya. Nama semua korban dipahat di tugu peringatan. Beberapa turis juga berfoto di depannya. Ternyata ada juga muslim yang menjadi korban Bom Bali, dilihat dari namanya.

Kami istirahat sebentar di samping sebuah minimart. Salim minta teh botol, gara-gara melihat kotaknya di atas meja kosong. Ya sudah deh, saya mampir dulu ke minimart. Di sebelah minimart, ada patung dewa yang cukup besar, dan sudah tentu ada sajennya juga. Pemandangan itu sangat biasa di Bali. Setengah jam kemudian, kami jalan lagi, hanya mengikuti petunjuk Google Map suami. Tujuannya, toko oleh-oleh terbesar di daerah situlah, yang harganya masuk akal dan gak pake nawar.

Ternyata sudah tengah hari, perut pun keroncongan. Nyari warung nasi Padang gak ada, tapi nemu warung seafood halal. Tulisan halal dipasang gede-gede, pegawainya juga berjilbab. Alhamdulillah… kami pun memesan beberapa menu seafood: capcay, seafood in hot plate, dan ayam mentega. Lumayan nih, habis Rp 80 ribuan. Setiap kali makan, ya habisnya segitu deh. Kalau di rumah, bisa buat makan 3 hari, hehehehe…. Gak apa-apa deh, sesekali. Sayangnya, walaupun warung makan halal, suami melihat di kulkasnya ada bir juga. Bir memang dijual bebas di Bali. Beberapa bule juga meminum bir dengan leluasa di jalan-jalan.

Akhirnya dapat Oleh-oleh…!
Voilaaaa! Kami masih jalan kaki selepas mengisi perut di warung seafood Pak Hadi. Jauh juga, lho… sempat ketemu papan bertuliskan “Pie Susu Bali bisa dibeli di sini,” kami ikuti arah panah, eh begitu sampe ke tempatnya, ada tulisan lagi, “Pie Susu Bali bisa dibeli di K-Mart,” ada arah panah lagi. Astaganaga… dipikirnya gak cape ya kita jalan cuman buat dapetin pie susu Bali? Suami masih berpedoman dengan Google Map, kali ini kami mulai berpanas-panas karena sudah jarang pepohonan rindang. Orang-orang juga gak ada yang jalan kaki, kaliiii….. Alhamdulillah, sampai juga di Toko Khrisna, Pusat Oleh-Oleh Khas Bali di Sunset Road.

Ada patung Gajah di toko oleh-oleh Khrisna
Wuiiiih… rame juga tokonya. Sepertinya banyak turis yang berpikiran seperti saya. Mending beli di toko oleh-oleh daripada pusing menawar di Sukowati. Kami istirahat dulu di depan patung Khrisna yang supergede. Gak lupa foto-foto dong, yaaa…. Suami udah terlihat males nyari oleh-oleh, karena jauhnya perjalanan. Salim juga udah rewel. Tapi, tetap saja harus nyari ya. Bingung juga nyari oleh-oleh apa, saking banyaknya pilihan. Baju batik Bali, sarung, pashmina, souvenir, aksesoris, makanan-makanan, dan sebagainya. Muter-muter, keranjang masih kosong. Ngelonin Salim dulu biar tidur, baru deh ambil oleh-oleh apa aja dah, soalnya sambil gendong bayi. Maaf ya buat yang gak kebagian, soalnya budjet terbatas dan banyak yang harus dikasih hehehe…..
Toko Oleh-Oleh: Khrisna

Saya sampe lupa mau beli buat saya sendiri.  Ada seorang turis Arab menyapa saya, “Salam ‘alaikum…” Saya jawab ragu-ragu, soalnya dia kemudian ngajak saya ngomong Inggris kan ya. Suami saya yang menjawab pertanyaannya. Dia mau beli oleh-oleh, tapi nanya dulu itu oleh-oleh gunanya apa. Ternyata kalau cuman buat pajangan, dia gak mau. Well, dia berani menyapa saya, pasti karena jilbab kami samaan, hehe….

Pas bayar, saya sempet-sempetnya isi kuis dari Toko Khrisna, berhadiah mobil, motor, dan sebagainya. Semoga ada yang nyangkut, aaamiiiin! Tadinya suami mau maketin aja oleh-olehnya, karena ada layanan JNE juga, tapi ngapaiiin coba? Wong kita cuman bawa satu koper, jadi tambah satu kardus oleh-oleh itu. Untunglah, kami cepet dapat taksi, Bali Taksi. Bayarnya cuman Rp 35 ribu, sampai di hotel. Gak mau deh jalan kaki lagi, udah tepar. Di hotel udah jam 4 sore. Dan kami belum ke Pantai Kuta…! Lanjut lagi nanti, yaaaa…..

Belum selesai juga nih cerita liburan gratisnya? Belom dong, mumpung semangat nulisnya. Hari minggu itu, tanggal 17 Agustus, bertepatan dengan hari kemerdekaan  Indonesia. Sore harinya, setelah istirahat sejam di hotel, kami kembali jalan kaki ke Pantai Kuta. Cuman sebentar kok, mau ngeliat sunsetnya aja. Penuh juga ya pengunjungnya. Jalanan di depan Pantai Kuta pun macet parah. Di dalam rupanya juga ada perayaan kemerdekaan, jadi nambah penuh.

Bener-bener pantai ini menjadi tempat yang romantis, karena banyak yang pacaran di situ. Pasangan-pasangan menggelar tikar, lalu memandang sunset bersama-sama. Jiyaaaah…. Ada juga yang berciuman tanpa sungkan, malah saya yang sungkan. Tapi gambaran horor seperti yang diceritakan teman-teman saya dulu, bahwa banyak yang telanjang di Kuta, gak sepenuhnya benar. Setidaknya mereka masih pake tanktop dan hotpants, hehehe….

Melihat sunset di Pantai Kuta

Beberapa peselancar terlihat baru selesai berselancar. Yaah… telat, deh. Matahari pun tenggelam perlahan-lahan. Saya sibuk foto-foto deh, dari semua angle. Berlagak bak fotografer. Siapa tau kan nanti fotonya berguna lagi, dapat hadiah liburan gratis lagi, wkwkwk…. Jam 6, kami beranjak pergi dari Pantai Kuta. Cuman sebentar? Iyalah, udah mau malem dan gelap. Yang penting udah banyak fotonya. Goodbye, Pantai Kuta. Kapan-kapan kita jumpa lagi, yah….

Pulang dari Pantai Kuta, kami melewati lagi Kuta Square, yang ada banyak pertokoan di kiri-kanan jalan. Eh, dicegat sama seorang wanita yang meminta data. Saya pikir dari perusahaan asuransi, ternyata mereka mengajak kami mengikuti presentasi hotel baru dalam rangka promosi, dan kami berkesempatan menginap di hotelnya selama 7 hari! Aaagh! Seriuus?

Saya sih agak-agak tertarik, tapi suami ragu-ragu, dan akhirnya kami menolak ikut walaupun tetap memberikan sedikit data. Soalnya si mbaknya ini sampe meminta tolong, kasian juga kan ya. Suami sih maklum. Pasti susah nyari turis yang mau diminta isi data. Mereka kan datang ke Bali untuk liburan, punya banyak uang, ngapain ngisi-ngisi data buat dapat hotel gratis. Kecuali turisnya macam saya, hehe….

Dapat Tumpangan Gratis ke Bandara Ngurah Rai
Beli makan malam dulu di warung Padang. Makannya sih di hotel, soalnya badan udah cekot-cekot. Abis makan, tidur lagi sampai menjelang Subuh. Suami sempetin berenang pagi-pagi sebelum bule-bule itu bangun. Saya siapin barang-barang untuk check out. Itu hari terakhir kami di Bali. Ihiks, rasanya terharu deh, betah soalnya tidur di hotel. Sekitar jam 10, suami dapat telepon. Aneh ya, teleponnya ya nomer telepon hotel. Oh, ternyata dari orang yang ngajakin presentasi itu. Setelah ngobrol panjang, suami mau ikut presentasi. Jadilah siang itu kami dapat tumpangan gratis ke Bandara, karena mau ikut presentasi dulu. Kami diajak ke hotelnya.

Ada patung Dewa juga di Bandara Ngurah Rai Bali
Hotelnya cukup jauh dari tempat wisata. Kami dijemput dengan mobil mereka. Sampai di hotel mereka dan setelah wawancara lagi, ternyata kami gak boleh ikut presentasi karena jadwal penerbangan jam 4 sore terlalu mepet. Presentasi minimal 1 jam. Saya pikir ini keberuntungan juga sih, karena Salim udah rewel terus. Kayaknya sih udah capek. Eeeeh… tapinya saya tetap dapat hadiah menginap di hotel mereka selama 7 hari! Hadiahnya baru bisa dipakai mulai bulan depan. Tinggal nyari tiket pesawat gratisnya aja. Suami sih antusias banget, karena vouchernya gak cuman bisa digunakan di Bali, tapi juga di India, Italia, Thailand, dan beberapa negara lain yang ada cabang hotel mereka. Saya gak tau apakah voucher itu bakal terpakai.

Di Bandara Ngurah Rai, Bali
Pulangnya, kami mendapat taksi gratis ke Bandara. Gak sia-sia menerima tawaran presentasi itu. Lumayanlah taksinya gratis. Di dalam taksi juga ada sajennya, menandakan supirnya penganut Hindu yang taat. Kami pun sampai di Bandara jam 12 siang. Check in, lalu cari makan siang. Kami memilih makan di Solaria karena ada label MUI-nya walaupun harus jalan jauh. Uh, ternyata di dalam tempat boarding juga ada banyak resto. Kirain  gak ada. suami lupa, padahal terakhir ke Bali bulan Mei lalu.

Bandaranya lebih crowded, penuh orang dan kurang AC. Masih ada waku 3 jam lagi, ngapain ya? Kaget juga pas lihat jadwal penerbangan, pesawatnya banyak yang delayed. Waduuh, sampe di rumah jam berapa nih? Jadilah kita nyantai-nyantai di sana. Salim juga sempat pup. Seluruh badan sudah capek sekali, pengen cepat tiba di rumah. Jam 4, tau-tau ada pengumuman pesawat kami sudah siap. Alhamdulillah, pesawat kami hanya terlambat sebentar. Kalau yang lain, ada yang terlambat sampai 2-3 jam.

Good Bye, Baliii :')
Kembali masuk ke pesawat, kali ini suami memilih tempat duduk di sebelah jendela. Saya pun bisa melihat awan-awan berarak di bawah pesawat, mirip lautan awan. Subhanallah, menakjubkan. Penumpang depan, kanan, dan belakang diisi oleh keluarga besar dari Tiongkok, suara mereka berisik deh, hehehe…. Beda dengan yang dari Arab, nyaris gak ada suaranya. Saya lebih deg-degan pas pulang ini, karena bisa melihat ke bawah dengan leluasa. Gak kebayang kalau pesawatnya jatuh. Bener-bener pasrah tingkat tinggi. Syukurlah, kami sampai dengan selamat. Jakarta, kami kembali. Terima kasih untuk Zombigaret atas liburan gratisnya ke Bali. Sangat mengharukan dan luar biasa.

Lautan awaaaan...










1 comment:

  1. yeaaa..senengnya yg habis liburan ke bali,mana pie susunya..mauuu :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^