Friday, 25 July 2014

Bebaskan Sembelit dengan Aksi Sehat 5 Menit!

Aksi Sehat 5 Menit dengan
Mama Lime Anti Bacteria

“Ma.. mau ee….”
“Kok ee terus? Kan tadi sudah?”
“Tadi belum keluar….”

Melihat mimik wajah anak saya yang terlihat kesakitan, baru deh saya paham kalau dia sedang susah BAB (Buang Air Besar). Neneknya, alias ibu mertua saya, langsung menyuruh saya untuk memberikan buah kepada anak-anak. Memang sih, tradisi makan buah tidak menjadi kebiasaan di rumah kami, walaupun kami tahu makan buah itu penting. Kebalikannya dengan di rumah ibu mertua, selalu ada buah di meja makan. Gara-gara tidak terbiasa makan buah sejak kecil, saya jadi tidak terlalu suka makan buah. Walaupun suami beli banyak buah-buahan, saya amat sangat jarang menyentuhnya. 


Gara-gara buah yang dibeli suami itu lebih sering busuk karena tidak dimakan, suami jadi malas beli buah lagi. Dia sendiri juga sibuk kerja, sampai lupa makan buah. Akibatnya baru terasa deh, anak-anak sering kena sembelit, alias susah buang air besar. Kalau sudah begitu, baru saya kelimpungan, membujuk mereka makan buah dan sayur supaya mudah BAB. Itu yang tidak mudah. Kedua anak saya, Ismail dan Sidiq, mula-mula terlihat eneg dan mual ketika pertama kali disodorkan buah, baik itu pisang, pepaya, apel, atau anggur. Segala macam buah, deh. Belum dimakan pun sudah mau muntah. Gemes saya jadinya. Tapi itu salah saya juga, karena tidak dari kecil memperkenalkan mereka dengan buah dan sayur.

Syukurlah, suami saya telaten membujuk anak-anak untuk makan buah. Dan memang anak-anak itu lebih patuh sama ayahnya, ya. Buah yang pertama dicoba adalah jeruk. Suami mengupas jeruk hingga hanya tersisa bagian dalamnya saja (tanpa kulit ari), lalu menyuruh anak-anak untuk mencobanya. Pertama, tentu saja ada ekspresi wajah menolak dari anak-anak, tapi suami memakan jeruk itu di hdapan mereka untuk menunjukkan bahwa jeruk itu enak. Anak-anak pun mencoba, dan ternyata… SUKA! Setelah jeruk, suami mencoba buah apel, anggur, dan lain-lain. Walaupun belum semua buah disukai anak-anak, setidaknya mereka sudah mau makan jeruk, apel, dan anggur. BAB-nya pun sudah teratur, tanpa harus bolak-balik ke kamar mandi terus karena sembelit.

Anak dan Ayah semangat pilih buah di supermarket
Mengapa buah dan sayuran dapat memperlancar buang air besar? Jawabannya karena keduanya mengandung serat yang lebih banyak dibandingkan jenis makanan lain. Serat adalah bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang resisten terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia, serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar. Fungsi utama serat adalah membantu memperlancar proses pencernaan makanan di dalam usus.

Buang air besar secara teratur itu penting untuk manusia. Bayangkan jika kotoran manusia tak dapat dibuang dan mengendap di dalam tubuh? Sudah pasti akan mengundang datangnya penyakit. Perut juga akan terasa tidak enak, alias kembung, jika tidak bisa buang air besar. Sudah tahu begitu, saya masih ngeyel juga ya, tidak cepat-cepat menerapkan gaya hidup sehat terhadap keluarga. Sebelum terlambat, makanya saya harus segera menerapkan gaya hidup sehat, terutama banyak makanan sayur dan buah.

Akan tetapi…..
Bukan suatu kebetulan kalau bapak mertua saya seorang petani segala macam jenis sayuran, terutama tomat. Kalau kami sedang pulang kampung dan kebetulan sedang panen, bapak mertua pasti membekali dengan sekardus sayuran. Pernah kami dibekali sekardus tomat. Bukan hanya tomatnya, tapi bapak mertua juga mewanti-wanti, “nanti cuci tomatnya yang bersih ya. Cuci semuanya dulu, baru masukkan kulkas. Anak-anak jangan pegang tomatnya dulu kalau belum dicuci, karena ini banyak pestisidanya.”

Sampai di rumah, saya membuka kardus tomat dan memegang beberapa buah. Memang benar, residu pestisida itu segera menempel di tangan saya. Banyaaaak sekali. Saat saya coba mencucinya, tak bisa sekadar dicuci, karena residunya masih menempel kuat. Ternyata memang pestisida itu bersifat waterproof, alias menyerap air. Bukannya luntur terkena air, malah airnya yang diserap. Sepertinya harus pakai sabun nih supaya hilang. Bayangkan jika residu pestisida itu masih ada dan termakan oleh kita, bukannya sehat makan sayuran, malah menimbun benih penyakit kanker, hiiiyyyy…..

Sudah tahu kan, pestisida itu apa? Pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengendalikan, menolak, atau membasmi organisme pengganggu tanaman pertanian. Pestisida biasanya beracun, karena 9 dari 12 senyawa kimia berbahaya adalah pestisida. Pestisida memang menyelamatkan hasil pertanian dari gangguan hama seperti belalang, tikus, nyamuk, dan sebagainya. Tapi, di sisi lain, konsumsi bahan makanan yang mengandung pestisida itu dapat menyebabkan kanker. Tak heran sekarang ini sudah banyak yang beralih ke sayuran dan buah-buahan organik. Masalahnya, sayuran dan buah-buahan organik itu harganya berkali lipat lebih mahal. Misalnya saja saya pernah membandingkan, harga seikat kangkung di pasar tradisional hanya Rp 1.000, tapi kangkung organik di pasar modern Rp 10.000/ ikat. Wow! Uang segitu, buat saya, sudah bisa beli dua ekor ikan.

Jadi, bagaimana solusinya agar kita bisa tetap makan buah dan sayur yang disemprot pestisida?

Cuci pakai sabun, tapi bukan sembarang sabun lho! Sabunnya harus foodgrade, alias aman untuk makanan. Untunglah saya pakai Mama Lime Anti Bacteria, yang bukan hanya bisa mencuci piring kotor, tapi juga bisa mencuci sayur dan buah!

Serius?!
Serius, doong….

Mama Lime Anti Bacteria dengan formula Bioguard, mampu bersihkan pestisida dan kuman sampai 99%! Mama Lime Anti Bacteria ini diproduksi oleh Lion  Japan, yang kalau di Indonesia bekerjasama dengan Wings, sehingga nama perusahaannya menjadi Lion Wings. Lion Coorporation sudah banyak mengeluarkan inovasi produk yang disesuaikan dengan keinginan konsumen, termasuk produk Mama Lime Anti Bacteria, yang tidak hanya bisa mencuci piring, tapi juga membersihkan buah dan sayur dari pestisida dan kuman.

Yuk, terapkan Aksi Sehat 5 Menit dengan makan buah dan sayur tanpa khawatir! Berikut adalah cara saya menerapkan Aksi Sehat 5 Menit.


1,5 Menit untuk Mencuci Buah dan Sayur Menggunakan Mama Lime Anti Bacteria dengan Bioguard


Masukkan 1/2 sendok teh Mama Lime ke dalam Wadah Berisi Buah dan Sayur


Cuci Bersih Sayur dan Buah dengan Mama Lime Anti Bacteria 


1,5 Menit untuk Membilas Buah dan Sayur yang Sudah Direndam dengan Mama Lime


2 Menit untuk Mengolah Sayur dan Buah agar Bisa Disantap


Selain menerapkan Aksi Sehat 5 Menit dengan memakan buah dan sayuran, yang dapat menjaga kesehatan fisik, saya juga punya konsep Aksi Sehat 5 Menit untuk kesehatan psikis. Kesehatan fisik dan psikis harus berjalan beriringan, karena sehat fisik saja tidak cukup. Banyak orang yang fisiknya sehat, jadi jiwanya terganggu. Nah, tak mau kan jadi seperti itu juga? Makanya, saya juga menerapkan Aksi Sehat 5 Menit untuk kejiwaan saya, diantaranya:

Lima menit berdoa setiap selesai beribadah
Kepasrahan kepada Tuhan diwujudkan dengan konsistensi berdoa setiap harinya. Cukup 5 menit berdoa, untuk menunjukkan bahwa kita meyakini kekuatan besar di atas kita yang dapat memberikan ketenteraman dan ketenangan batin. Semua orang membutuhkan tempat untuk bergantung, dan Yang Maha Kuasa adalah sebaik-baiknya tempat bergantung, karena dijamin tidak akan mengecewakan. Saya sudah membuktikan, ketika serius berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah Swt, hati terasa tenang dan tenteram. Kondisi hati yang tenang akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh dan jiwa, lho.

Lima menit tersenyum, termasuk senyum kepada diri sendiri
Tersenyum kelihatannya aktivitas yang sepele, tapi tidak semua orang bisa melakukannya lho, apalagi kalau hati sedang kacau. Cobalah tersenyum selama 5 menit, termasuk ketika kita sedang mendapatkan kesedihan dan kekecewaan. Yakin deh, senyum itu akan dapat meluruhkan kegelisahan hati. Apalagi kalau kita tersenyum kepada orang lain, mereka pasti akan senang melihat senyum kita. Senyum yang tulus akan melapangkan dada sehingga kita mudah menerima takdir seburuk apa pun.

Bagaimana Aksi Sehat 5 Menit menurut Anda?





Sumber Referensi:

3 comments:

  1. Whoaa.. mama lime oke ya bs ngilangin residu pertisida

    ReplyDelete
  2. Aku jg kalo cuci buah n sayur selalu pake mama lime ^^
    Sukses ngontesnya mak

    ReplyDelete
  3. mantaaap...aksi sehat yang bermanfaat bangeeet...sukses GAnya ya maaak...cheeers..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^