Thursday, 26 June 2014

Superblock K2 Park: Inspirasi dari Alam untuk Simfoni Kehidupan

www.toondo.com

Bagaimana rasanya berada di suatu kawasan perkotaan yang terpadu dan terintegrasi, serta memiliki kepadatan yang cukup tinggi dalam konsep tata guna lahan yang bersifat campuran (mixed use)? Di dalam kawasan itu minimal terdapat tiga fungsi dari sekian banyak fungsi bangunan, misalnya: perdagangan, perkantoran, perumahan, hotel, hiburan, pendidikan, pelayanan kesehatan, dan lain-lain. Tentu akan ada banyak keuntungan yang didapatkan dari konsep properti yang demikian, diantaranya:


Efisiensi: keterbatasan lahan menyebabkan para pekerja di perkotaan terpaksa bertempat tinggal yang jauh dari kantor. Jauhnya jarak antara rumah dan kantor akan memboroskan biaya dan tenaga. Nah, dengan bergabungnya banyak fungsi bangunan di dalam satu kawasan (perumahan, perkantoran, pendidikan, dan sebagainya), tentu akan menghemat biaya.

One Stop Living: suatu kawasan yang menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan. Wow, pasti asyik kan kalau kantor, rumah, sekolah, pusat perbelanjaan, hiburan, rumah sakit, dan fasilitas lainnya berada dalam satu kawasan? Kita jadi tak perlu keluar dari kawasan itu dan menempuh perjalanan yang jauh.

Mengurangi kemacetan: sudah tentu kita tidak perlu lagi terjebak dalam kemacetan saat mau berangkat ke kantor dan sekolah, sebagaimana yang sering dialami oleh warga perkotaan, saking banyaknya penduduk yang melakukan aktivitas bepergian secara bersama-sama.

Kawasan yang terpadu dan terintegrasi itu adalah salah satu konsep pengembangan properti yang sedang digencarkan di kota-kota besar di dunia, dengan sebutan SUPERBLOCK.

Superblock lho, bukan superhero. Bisa jadi, superblock ini akan menjadi superhero dalam mengatasi minimnya ketersediaan lahan di kota besar dan efisiensi waktu dan biaya.

Superblock berbeda dengan apartemen, lho. Apartemen adalah bagian kecil dari superblock. Apartemen hanya dimaksudkan sebagai hunian atau tempat tinggal, sedangkan superblock mencakup beraneka ragam fungsi bangunan dalam satu kawasan, mencakup apartemen, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan, hotel, dan lain sebagainya. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Apartemen adalah tempat tinggal yang terdiri atas kamar duduk, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan sebagainya, yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat yang besar dan mewah, dilengkapi dengan berbagai fasilitas (kolam renang, pusat kebugaran, toko, dan sebagainya). 


Konsep superblock ini sudah dipelopori sejak tahun 20-an di Amerika Serikat oleh Perry dan Stein, serta di Eropa oleh Le Corbusier. Pengembang di Indonesia pun mulai menerapkan konsep ini. Di Jakarta, sudah ada persyaratan pengembangan kawasan Superblock, diantaranya:



Dengan demikian, ditentukan pula strategi pengembangan Superblock:

Identity atau Branding: Superblock harus punya tema yang menarik.
Mix of Use: lahan yang ada digunakan minimal untuk dua fungsi berbeda, misal: perumahan dan perkantoran.
Vehicular Circulation: sirkulasi kendaraan seefisien mungkin dengan parkir basement yang terkoneksi dari satu bangunan ke bangunan lain.
Multi Layers Pedestrian Linkage: keberadaan area untuk pejalan kaki yang terintegrasi dari satu bangunan ke bangunan lain.

Salah satu kawasan Superblock yang dikembangkan di Indonesia adalah Superblock K2 Park di Gading Serpong, Tangerang yang diluncurkan pada tanggal 15 Februari 2014, dan telah terjual hingga 350 unit (sebelum peluncuran), dan 600 unit tower kesatu telah habis terjual hanya dua minggu setelah peluncuran. Total hunian Superblock K2 Park adalah 2500 unit. Kawasan ini dikembangkan oleh PT. Prioritas Land Indonesia, pengembang yang telah berhasil membangun properti yang berkelas dan inovatif, diantaranya Majestic Water Village Uluwatu, Majestic Point Serpong, Indigo Bekasi, dan Majestic Point Villa. Telah berdiri sejak tahun 2011 di bawah pimpinan Bapak Marcellus Candra.

Superblock K2 Park dalam proses pengembangannya, telah menerapkan strategi pengembangan superblock, yaitu:

Identity atau Branding yang memikat dan menarik                   
Apa tema dari Superblock K2 Park? Ini dia temanya: Inspirasi dari Alam untuk Simfoni Kehidupan. Wow! Menarik sekali, bukan? PT. Prioritas Land Indonesia telah menunjuk tim arsitek dari Ark Design, konsultan arsitek berkelas internasional. Apa saja inspirasi alam yang diwujudkan dalam bangunan Superblock K2 Park ini?

Inspirasi Alam untuk Superblock K2 Park

Gunung Zhang Jia Jie, di Hunan Cina
Gunung ini pernah menjadi latar tempat film Avatar yang terkenal di tahun 2010 itu, pilar-pilar batu raksasa hasil erosi bertahun-tahun dari ekspansi es di musim dingin. Pilar-pilar batu raksasa itu menjadi inspirasi untuk menciptakan enam tower yang ada di Superblock K2 Park. Empat tower digunakan sebagai apartemen yang berfungsi untuk hunian, satu tower untuk education centre (pusat pendidikan) dan office building (perkantoran), dan satu tower lagi untuk hotel.

Big Hole Kimberly di Afrika Selatan
Bagian tengah Superblock yang menyerupai lubang besar itu rupanya terinspirasi dari Big Hole Kimberly di Afrika Selatan, sebuah lubang besar yang diakibatkan oleh penambangan berlian dari tahun 1871 hingga tahun 1914. Cuaca alam menyebabkan lubang itu dikelilingi oleh bebatuan dan pepohonan. Bentuk lubang yang dikelilingi bebatuan dan pepohonan itulah yang menginspirasi desain bagian tengah Superblock K2 Park.

Shifting Tectonic
Proses pergeseran lempeng bumi akibat pergerakan tektonik juga telah menginspirasi pembuatan Sunken Plaza di lantai bawah tanah Superblock K2 Park.

Keseluruhan bangunan Superblock K2 Park yang terinspirasi dari alam itu kemudian dinamakan sesuai dengan nama-nama dalam musik klasik (simfoni), yang dimaksudkan untuk memberikan simfoni kehidupan. Kita tahu bahwa musik klasik memberikan kedamaian dan ketentraman saat mendengarkannya. Bahkan, musik klasik diduga dapat meningkatkan kecerdasan otak janin di dalam kandungan. Superblock K2 Park pun mengusung slogan: The Symphoni of Living. Beragam tipe bangunan K2 Park mengambil nama-nama music klasik yang diciptakan oleh Beethoven, Mozart, dan Vivaldi, sebagai berikut:

Tipe Studio: Forte, Largo, Soleil, Maestro, dan Alegra.
Tipe Two Bedroom: Fur Elise, Claire de Lune, Riviera, Arabesque

Beberapa tipe unit apartemen K2 Park

Mix of Use
Superblock K2 Park berisi gabungan beberapa fungsi bangunan, yaitu: empat bangunan apartemen untuk hunian, satu bangunan pusat pendidikan dan perkantoran, satu hotel, dan satu pusat perbelanjaan (Sunken Plaza).


Vehicular Circulation
Superblock K2 Park juga memiliki sirkulasi kendaraan yang efisien dengan parkir basement yang terintegrasi dari satu gedung ke gedung lain.



Multi Layers Pedestrian Linkage
Area untuk pejalan kaki ini sangat penting, karena kita tidak mungkin berebut jalanan dengan kendaraan. Superblock K2 Park juga menyediakan tempat untuk pejalan kaki (Pedestrian Walk) yang dinaungi pepohonan peneduh, sehingga pejalan kaki tak perlu kepanasan. Kasihan kan, sudah jalan jauh-jauh eh kepanasan pula.



Keuntungan Bertempat Tinggal di Superblock K2 Park


Lokasi yang Strategis & Education Tower


Superblock K2 Park dekat dengan berbagai fasilitas umum dan sosial: pendidikan, perbelanjaan, perkantoran, maupun pelayanan kesehatan (rumah sakit) bertaraf Internasional yang dapat ditempuh dalam hitungan menit. Juga merupakan lokasi emas antara Lippo Karawaci, Gading Serpong, BSD, Alam Sutera, dan Modern Land. Hanya lima (5) menit menuju pintu tol Jakarta dan Merak, serta hanya lima belas (15) menit menuju pintu tol JORR Jakarta-Serpong. 

Sekolah Dekat
Kalau sekolahnya dekat, anak-anak pasti tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan dan akan sampai di sekolah dalam keadaan segar. Otaknya bisa lebih fresh menerima pelajaran, tidak tersiksa oleh lamanya waktu di perjalanan. Nah, Superblock K2 Park ini, dalam radius dua kilometer, dekat dengan beberapa sekolah dan universitas, di antaranya: sekolah Stella Maris (hanya lima menit), sekolah Tarakanita (hanya lima menit), Universitas Pelita Harapan (hanya sepuluh menit), dan Universitas Multi Media Nusantara (hanya lima menit). Belum lagi, dalam waktu dekat akan ada bangunan baru Universitas Tarumanegara yang letaknya dekat sekali dengan Superblock K2 Park.

www.toondo.com

Pusat Perbelanjaan Dekat
Nah, kalau yang ini, ibu-ibu rumah tangga yang akan diuntungkan dengan keberadaan mall-mall yang dekat. Siapa sih yang gak suka ke mall? Di sana, segala macam kebutuhan hidup bisa didapatkan. Mall juga menyediakan tempat-tempat hiburan yang bisa dijadikan alternatif berlibur bagi keluarga di perkotaan. Superblock K2 Park hanya lima menit dari Summarecon Mall Serpong dan sepuluh menit dari Supermall Karawaci. Apalagi nanti juga akan dibangun Sunken Plaza di lantai bawah tanah Superblock K2 Park, wuuuiiih.. kereeen bangeet....!

Rumah Sakit Dekat
Keberadaan pelayanan kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal, tentu saja sangat diperlukan. Orang sakit berat, ibu yang tiba-tiba hendak melahirkan, dan sebagainya, tidak bisa menunggu untuk segera mendapatkan penanganan dokter. Superblock K2 Park juga dekat dengan beberapa rumah sakit kualitas Internasional, seperti Siloam Hospitals (hanya sepuluh menit), RS. St. Carolus, dan lain sebagainya. 

www.toondo.com
Khusus untuk pendidikan, dalam waktu dekat akan dibangun future kampus Universitas Tarumanegara (UNTAR) di daerah Legok, Tangerang. Selain itu, juga akan ada satu tower khusus yang diperuntukkan sebagai Education Tower.  Di dalam tower khusus pendidikan ini akan ditempatkan berbagai institusi pendidikan terkenal (sekolah musik, sekolah public relation, sekolah sekretaris), dengan konsep Centre of Education (Pusat Pendidikan Terpadu). Yang menarik, ada layanan shuttle bus ke area hunian sekitar dan adanya fasilitas pendukung untuk para siswa di dalam kompleks, diantaranya: kafe, minimarket, restoran, dan sebagainya. Wuiiih.. kebayang deh kerennya. Dalam satu tower yang megah, ada berbagai macam institusi pendidikan yang bisa dipilih untuk menunjang masa depan. Plus fasilitas-fasilitas penunjang.

Kita tahu bahwa pendidikan adalah kunci keberhasilan generasi muda Indonesia. Konsep Education Tower dari Superblock K2 Park ini adalah konsep yang luar biasa dan inovatif, menandakan bahwa PT. Prioritas Land Indonesia juga mengutamakan pendidikan bagi putra-putri terbaik bangsa. Semoga ke depannya akan dihasilkan generasi penerus yang cerdas dan kreatif dari institusi-institusi pendidikan yang ada di Education Tower, Superblock K2 Park. 

Nice & Easy Payment
Sistem pembayarannya mudah dengan memilih satu dari empat cara pembayaran: DP diangsur, Libur Bayar, DP Ringan, dan Tunai. Apabila ingin dijadikan investasi, juga akan menghasilkan keuntungan optimal sesuai grafik berikut:


Green Area
Selain konsep pengembangan Superblock, saat ini juga sedang digalakkan konsep bangunan hijau, yaitu bangunan yang dikelilingi oleh pohon-pohon peneduh, berfungsi untuk menyerap polusi udara dan menahan air hujan. Dalam proyek Superblock K2 Park, bisa kita lihat bahwa kawasan ini dilengkapi oleh pepohonan teduh dan hijaunya dedaunan di sekitarnya. Juga ada Water Pods yang berfungsi sebagai artificial tree (pohon buatan), untuk menampung air hujan sekaligus peneduh dari sinar matahari.


Kalau kita jalan-jalan ke kawasan perkotaan, rasanya tuh panaaas banget, karena semua tanah dijadikan bangunan, semua pohon dibabat. Berbeda dengan Superblock K2 Park ini. Kelihatan sekali pihak pengembang sangat memperhatikan konsep Go Green, karena tanpa adanya warna hijau pepohonan, hidup tak akan berwarna. 

Kawasan Terintegrasi
Salah satu kriteria superblock yang berhasil adalah bangunan satu dengan yang lain saling terintegrasi. Begitu juga dengan Superblock K2 Park. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini, antara satu gedung dengan lainnya saling berhubungan. Total ada enam tower, empat diantaranya adalah apartemen (Scoria, Minette, Moraine, Arkose), satu bangunan perkantoran, satu hotel (Hotel K2 Park), dan Educational Complex (yang membedakan Superblock K2 Park dengan yang lain), Lifestyle Mall. Kawasan ini dihubungkan oleh shuttle bus ke area hunian sekitar. Wiih... keren banget yah.....



Bagaimana? Anda tertarik dengan penawaran Superblock K2 Park ini? Pas banget sekarang sedang ada promosi UBER (Untung Bareng) setiap pembelian properti PT. Prioritas Land Indonesia, akan mendapatkan poin berhadiah.


 Bagi yang berminat, silakan hubungi:

1 comment:

  1. kalau kawasan terpadu gitu enak ya mbak jadi kemana2 mudah

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^