Wednesday 30 April 2014

TB Bisa Disembuhkan, Asal....


Pencegahan TB
sumber gambar dari sini
Sebagai seorang muslim, saya yakin sekali bahwa semua penyakit ada obatnya. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam shahih Al Bukhari dan Muslim, dari ‘Atha, dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah Allah menurunkan penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” Dalam hadist lainnya yang diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Zubair, dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah SAW bersabda, “Masing-masing penyakit pasti ada obatnya. Kalau obat sudah mengenai penyakit, penyakit itu akan sembuh atas izin Allah Swt.”


Hadist di atas memiliki makna bahwa semua penyakit bisa disembuhkan bila telah ditemukan obatnya, dan obatnya itu pasti ada selama manusia mau terus berusaha untuk menemukannya. Dunia kedokteran telah berkembang pesat, sehingga penyakit-penyakit berbahaya yang dulu tidak ada obatnya, pada akhirnya pun dapat ditemukan obatnya. Itulah mengapa, kita tidak boleh berputus asa saat ditimpa penyakit. Atas izin Allah Swt, penyakit tersebut dapat disembuhkan.

Bagaimana dengan penyakit Tuberkulosis? Penyakit Tuberkulosis adalah pembunuh nomor satu di antara semua penyakit menular dan peringkat 3 dari 10 penyakit pembunuh tertinggi di Indonesia. TB juga menjadi penyebab kematian nomor 4 di perkotaan dan nomor 2 di pedesaan. Artinya, penyakit itu menular dan membunuh dengan cepat. Rasa-rasanya seperti tidak ada harapan hidup, ya? Tapi, jangan salah! Penyakit TB BISA DISEMBUHKAN!

Pertama, TB sudah ada obatnya
Obat TB sudah ditemukan dan terbukti menyembuhkan. Obat TB berupa tablet kombinasi atau paket fix dose combination (FDC) yang berisi kombinasi obat INH, Rimfapisin, Pirazinamid, dan Entambutol yang diminum selama enam bulan secara konsisten. Obat TB juga telah disediakan pemerintah secara gratis, sehingga pasien TB yang berasal dari kalangan kurang mampu dapat terbantu. Keberadaan obat TB ini adalah harapan pertama bagi para pasien TB.  Obat TB Gratis dapat diperoleh di Puskesmas-Puskesmas dan Rumah Sakit-Rumah Sakit yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Kedua, Konsisten Berobat
Syarat kedua untuk sembuh adalah konsisten berobat selama enam bulan. Penyakit TB akan hilang bila pasien rutin berobat. Sebaliknya, kalau pasien TB “mbandel” alias tidak mau berobat teratur, maka penyakit TB akan menjadi resisten terhadap antibiotik sehingga akan semakin sulit diobati.  Itu sebabnya TB menjadi penyebab kematian No. 4 di Indonesia. Kunci kesembuhan ada pada si pasien. Pasien harus berkomitmen kuat untuk berobat. Keluarga pasien juga hendaknya mendukung proses pengobatan.

Ketiga, Sabar, Berdoa, dan Pasrah kepada Allah Swt
Proses penyembuhan yang memakan waktu enam bulan (bisa jadi lebih lama jika pasien tidak konsisten berobat), membutuhkan kesabaran yang luar biasa tak hanya bagi pasien melainkan juga keluarga dekat. Ada ungkapan, “Orang sabar disayang Tuhan.” Hal itu benar adanya. Bila pasien TB bersabar meniti jalan kesembuhan, maka mereka akan sembuh dengan izin Tuhan. Jangan lupa untuk berdoa, dan selanjutnya memasrahkan diri kepada Allah Swt.

Penyakit TB Bisa Disembuhkan!
Jagalah kesehatan dengan baik sebagai awal pencegahan penyakit dan antisipasi agar penyakit itu tidak kambuh lagi. Gaya hidup sehat akan membantu proses penyembuhan menjadi lebih cepat, diantaranya:

  • Tidak merokok dan minum alkohol.
  • Jaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan.
  • Tidak melakukan seks bebas yang berpotensi tertularnya penyakit HIV/ AIDS, yang akan menurunkan daya tahan tubuh dan memudahkan penularan Mycobacterium Tuberculosis, penyebab penyakit TB. Jauhi juga penyebab lain tertularnya virus HIV/ AIDS. 
  • Sering berjemur di bawah matahari pagi, sebelum jam 9 pagi, karena Mycobacterium Tuberculosis akan mati di bawah sinar matahari.
  • Rumah yang ditempati memiliki ventilasi yang baik.
  • Mengkonsumsi makanan bergizi dan cukup nutrisi.


Semangat ya, pasien TB! Yakinlah, bahwa TB bisa disembuhkan!

1 comment:

  1. selan beroabat seacra teraturt minum obatnya juga harus teratur ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^