Tuesday, 15 April 2014

Ajarkan Defisini Cantik kepada Putrimu Sebelum Televisi Mengajarkannya Lebih Dulu

You are Beautiful
Judul di atas panjang ya, Buuu.... Saya lagi bingung cari judul yang pendek. Saya tidak punya anak perempuan, tapi saya terlahir sebagai anak perempuan pertama dari empat anak perempuan yang dimiliki orang tua saya. Saya ingat, dulu waktu remaja, saya punya artis-artis idola. Ini dia nih beberapa artis yang saya masukkan ke dalam kategori "Cantik" menurut versi saya:

1. Aishwarya Rai

Aiiiih... siapa yang gak setuju sama saya  kalau Ais ini cantiik? Bintang film India yang pernah menjadi Miss World ini memang punya wajah yang tidak pasaran. Unik sekali. Siapa yang gak mau punya hidung mancung, dagu panjang, dan tubuh tinggi proporsional? Rasanya saya butuh banyak operasi plastik untuk bisa secantik dia. Film-film Bollywood telah membuka mata saya bahwa gadis cantik itu ya yang seperti ini lhoo... Mana ada sih artis India yang gak cantik?




2. Song Hye Kyo

Aduuuh... mukanya kinclong banget ya, Bu. Ini artis Korea yang main di drama Korea Full House dan Endless Love. Wajahnya mudah dihapal karena beda sama artis Korea lain yang wajahnya mirip-mirip. Mimpi kali ya bisa jadi secantik dia, wkwkwkwk.... Drama Korea nih juga selalu menampilkan artis-artis yang cantik dan jadi inspirasi buat... operasi plastik! Hahaha... Bahkan, produk kosmetik yang menjanjikan pemakainya bisa jadi sekinclong artis Korea pun laris manis.


3. Vivian Chow

Ini artis Mandarin yang pernah saya koleksi foto-fotonya saking caemnya. Foto yang dijual di abang-abang di pinggir jalan, maksudnya :D Vivian ini artis seangkatan Andy Lau, Aaroon Kwok, Jacky Chan, tapi namanya kurang terdengar sih, kecuali kalau kita penggemar film mandarin. Berhubung saya dulu penggemar film mandarin, jadi saya hapal artis ini.

Itu baru tiga wanita cantik menurut saya. Lho kok angkatan tua semua ya? Ya iyalah, kan itu artis-artis yang eksis pas saya remaja, hehehe.... Dulu saya pernah terobsesi pengen secantik mereka. Tapi, bagaimana caranya? Kayaknya gak mungkin itu, apalagi hidung mancung mereka. Untunglah dulu saya masih rasional, jadi gak sampe operasi plastik, diet mati-matian, atau pakai kosmetik berbahaya yang bikin muka rusak.

Saya gak punya anak perempuan, tapi saya menyadari betul pengaruh televisi kepada anak-anak perempuan kita. Selain wajah cantik artis-artis, mereka juga disuguhkan oleh iklan-iklan produk kosmetik yang mengajarkan definisi cantik menurut industri: berkulit putih, bertubuh tinggi, muka kinclong, dan lain sebagainya. Bayangkan kalau anak perempuan kita itu gendut, jerawatan, dan berkulit hitam? Mereka bisa mengalami rasa tidak percaya diri. Nah, sebelum televisi mengajarkan definisi cantik kepada anak-anak perempuan kita, orang tualah yang harus mengajarkan pertama kali. Masalahnya, orang tua kudu punya defisini cantik menurut mereka dulu. Jangan-jangan malah orang tuanya yang menuntut macam-macam.

Tentunya, kalau urusan fisik ini udah dari sononya ya, Bu. Kalau ortunya berhidung pesek, berkulit hitam, gemuk, dan bertubuh pendek, ya kemungkinan besar anaknya juga menuruni fisikal begitu. Padahal, kriteria seperti itu gak masuk kategori cantik di dalam industri. Apakah anak kita mau dipermak mati-matian supaya cantik? Bahaya Bu, bisa-bisa dia nanti jadi minder atau melakukan hal-hal negatif yang dimaksudkan untuk mendapatkan tubuh dan wajah yang cantik. Jadi, apa dong yang mesti kita lakukan:


  • Menanamkan pemahaman bahwa semua orang terlahir sempurna dan semua wanita itu cantik. Definisi cantik yang selama ini kita pahami adalah bentukan industri (putih, langsing, kinclong, dsb). 
  • Cantik itu timbul dari rasa percaya diri yang didasari oleh rasa syukur atas pemberian Tuhan. Yakinlah, bahwa Tuhan gak pernah salah menciptakan hamba-Nya. Walaupun dia bertubuh cacat, pasti ada makna baik di balik takdir Tuhan. 
  • Cantik itu timbul dari akhlak yang baik. Seorang gadis yang ramah, ringan membantu, dan memiliki sifat-sifat positif, jauh lebih cantik daripada gadis cantik menurut ukuran industri tapi sikapnya nyebelin. *di sini saya langsung introspeksi, deh :D 
  • Cantik di mata Tuhan jauh lebih baik daripada cantik di mata manusia, karena Tuhan tidak memandang wanita cantik dari fisiknya tapi dari kedekatannya kepada Tuhan.
  • Lain-lainnya, silakan definisikan cantik menurut ibu-ibu. 

Euuuhmmm... sayang, saya belum punya anak perempuan. Eit, jangan nyuruh saya hamil lagi yak.... sensi nih kalo disuruh hamil lagi supaya punya anak perempuan :D.














6 comments:

  1. cantik itu apa adanya, jujur dan tidak sombong :) cantik dimata Tuhan lebih baik ya mbak

    ReplyDelete
  2. hehehe ayo hamil lagi mbak...
    iya nih anak saya masih 2 tahun aje ngidam kosmetik yg ada di tivi2.. bakal centil si zahra hoho..
    makasih mbak suka bgt tulisan ini :)

    ReplyDelete
  3. *mendukung mak leyla hamil lagi* eh :)))

    definisi cantik tiap orang itu berbeda. saya mengajarkan dua anak perempuan saya yang udah abege, cantik itu bukan hanya fisik, karena bisa hilang. yang penting dari fisik adalah selalu bersih dan sehat. tapi akhlak dan kepribadian yang harus cantik.

    ReplyDelete
  4. hehe, hamil lagi aja, bun *eh :D

    kalo definisi cantik, pintar, dsb sudah ditetapkan oleh ibu mereka sejak mereka kecil. nilai2 itu bakal tetap dipegang kuat sampai dewasa. ada yang dari kecil udah biasa liat ibunya dandan jadi pas remaja pengen seperti ibunya juga ada :D kalo aku dari dulu ga biasa liat ibuku dandan. pas gede baru tau soal kosmetik. wekeke. telat banget.

    ReplyDelete
  5. iya, org tua harus memberitahu anak definisi cantik. Drpd dia cari tahu sendiri trus salah

    ReplyDelete
  6. Sejatinya kecantikan itu dilihat dari hati ya mbak :) Allah gak melihat rupa, tapi hati. Begitu juga seharusnya kita melihat..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^