Wednesday, 30 April 2014

TB Bisa Disembuhkan, Asal....


Pencegahan TB
sumber gambar dari sini
Sebagai seorang muslim, saya yakin sekali bahwa semua penyakit ada obatnya. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam shahih Al Bukhari dan Muslim, dari ‘Atha, dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah Allah menurunkan penyakit, melainkan Dia menurunkan obatnya.” Dalam hadist lainnya yang diriwayatkan oleh Muslim, dari Abu Zubair, dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah SAW bersabda, “Masing-masing penyakit pasti ada obatnya. Kalau obat sudah mengenai penyakit, penyakit itu akan sembuh atas izin Allah Swt.”

39 Tahun Taman Mini Indonesia Indah, Tempat Belajar dan Bermain yang Menyenangkan

Sumber gambar dari sini

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, tapi bukan berarti orang tua tidak bisa menyelipkan proses pembelajaran di dalamnya. Anak-anak usia dini seyogianya dapat belajar sambil bermain. Sekolah tidak selalu menyediakan fasilitas belajar dan bermain secara bersama-sama. Contohnya, belajar tentang budaya Indonesia. Tidak semua sekolah dapat menyediakan alat peraga yang mewakili kebudayaan masing-masing daerah di Indonesia.

Monday, 28 April 2014

Sosok Perempuan Indonesia Masa Kini: Antara Tuntutan dan Eksistensi

R.A. Kartini

21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini, hari yang menandai kebangkitan perempuan Indonesia. Kartini dianggap sebagai pahlawan emansipasi perempuan Indonesia karena surat-suratnya yang menginspirasi. Perempuan Jawa pada zaman Kartini,  terbelenggu oleh adat dan tradisi. Di usia belasan, tradisi pingit telah diterapkan.  Sekolah tak selesai. Jodoh tak bisa digugat. Begitulah Kartini. Memendam cita agar perempuan mendapatkan pendidikan. Tak sekadar menjadi istri yang pandai di dapur, di sumur, dan di kasur.

Thursday, 24 April 2014

Pie Susu Bali, Produk Indonesia yang Manis dan Lezat

Foto: Dokumentasi Pribadi

Beberapa orang blogger telah berhasil membuat saya ngiler dengan postingan mereka tentang Pie Susu Bali yang katanya sudah terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Bali. Mendengar kata “Pie” saja saya sudah tidak bisa menahan air liur, karena sejak dulu memang sudah suka sama makanan itu, tapi saya kenalnya cuma Pie Apel. Nah, ini, Pie Susu Bali, bagaimana rasanya?

Wednesday, 23 April 2014

Porseni Kakak Ismail

Salim ikut Porseni
Tadi pagi, emak rempong ini membawa tiga anaknya mengikuti Porseni Kakak Ismail. Boleh dong menyebut diri emak rempong. Memang pastilah ada emak lain yang lebih rempong dan anaknya lebih banyak, tapi jarang lho yang kalo bepergian mesti membawa semua anaknya seperti saya. Bahkan, yang anaknya enam seperti teman saya, cuma membawa dua saja karena sisanya bisa dititipin ke kakak-kakaknya, hehehe.... Tadi itu cuma ada dua ibu yang membawa tiga anaknya. Yang satu dianterin suaminya, jadi enaklah. Jadi total cuma ada dua ibu yang benar-benar rempong, yaitu saya dan tetangga saya, yeaaay!

Ikut Kartinian 2014

Sidiq
Namanya juga masih punya anak PAUD, jadi tahun ini saya masih menyiapkan salah seorang anak saya untuk ikut kartinian. Tahun lalu Ismail, tahun ini Sidiq. Pengalaman tahun lalu, rasanya percuma menyewa baju adat. Anak laki-laki bisa pakai baju koko dan sarung hehe... Maklum, emaknya lagi bokek nih. Dan memang benar, Sidiq belum ngerti soal acara kartini-kartini itu, jadi terserah mama saja mau dikasih baju apa. 

Monday, 21 April 2014

Sehari Tanpa Internet? Dijamin Kudet!

Sehari Tanpa Internet, Dijamin Kudet! 

KAPAN SAYA MENGENAL INTERNET?

Internet sudah merasuki hidup saya sejak sekitar empat tahun lalu. Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang sehari-hari hanya di rumah, mengasuh anak-anak dan mengurus rumah tangga. Akan tetapi, saya memiliki hobi menulis yang sudah ada sejak masih duduk di bangku SD, bahkan saya sudah menerbitkan belasan buku. Saya sempat vakum menulis saat memiliki anak pertama dan kedua yang jarak usianya hanya setahun. Saya benar-benar fokus mengasuh mereka. Setelah anak kedua berumur kurang lebih dua tahun, saya mulai mencoba menulis lagi. Saat itu dunia rasanya sepi sekali, tak ada hubungan dengan dunia luar kecuali seputar kompleks perumahan tempat tinggal saya. Sampai suami membelikan modem dan saya bisa berselancar di dunia maya kapan pun saya suka.

Renang Maksimal di Villa Bogor Indah

Pertama kalinya dapat foto berenang
Yuhuuuu... hari Kartini kok updatenya berenang? Ini sih udah sekitar dua minggu lalu, tapi baru sempet diupdate sekarang. Setelah Sidiq berenang bareng teman-teman sekolahnya, Ismail pingin berenang juga. Akhirnya dateng juga kesempatan berenang bareng itu. Maunya sih renang di dekat rumah saja, eh suami pingin dapat pengalaman baru. Setelah nanya ke tetangga, kami dapat rekomendasi untuk berenang di Villa Bogor Indah.

Sunday, 20 April 2014

Jalan-Jalan ke Plaza Ekalokasari Bogor

"Mau ke mana lagi?" 
"Ekalokasi aja."
"Ngapain sih?"
"Ya udah deh gak usah."
"Jadi, gak?"
"Kalo mau nganter ya jadi, kalo enggak mau ya gak apa-apa."
Akhirnya, si doi membelokkan mobilnya ke Plaza Ekalokasari, Bogor. Yeaaay! Sebenarnya saya pingin borong buku murah di Gramedia Ekalokasari yang saya baca promonya di twitter. Eh, ternyata stoknya cuma sedikit. Alhasil, cuma beli dua buku dan beberapa buku untuk anak-anak. 

Tuesday, 15 April 2014

Ajarkan Defisini Cantik kepada Putrimu Sebelum Televisi Mengajarkannya Lebih Dulu

You are Beautiful
Judul di atas panjang ya, Buuu.... Saya lagi bingung cari judul yang pendek. Saya tidak punya anak perempuan, tapi saya terlahir sebagai anak perempuan pertama dari empat anak perempuan yang dimiliki orang tua saya. Saya ingat, dulu waktu remaja, saya punya artis-artis idola. Ini dia nih beberapa artis yang saya masukkan ke dalam kategori "Cantik" menurut versi saya:

Monday, 14 April 2014

Mengajarkan Anak Menutup Aurat

"Enak ya Bu, cuciannya gak banyak. Anak-anaknya kan cuma pakai baju dalam aja," komentar seorang ibu tetangga kepada ibu tetangga yang lain. Yang dikomentari itu memang anak-anaknya (dua anak laik-laki), sering terlihat hanya memakai pakaian dalam (kaus dan celana dalam) saat bermain dengan teman-temannya, walaupun usia mereka sudah di atas 4 tahun. Emangnya gak boleh anak 4 tahun cuma pakai baju dalam? Ehmm... kalau saya sih pas dipraktekin ke anak-anak saya, mereka langsung kena flu dan masuk angin. Itu aja cuma pake di rumah, apalagi kalau main ke luar?

Saturday, 12 April 2014

Nyicipin Macaroni Panggang di Bogor

Selamat Datang di Macaroni Panggang
Saking gak langsung diupdate, jadi lupa kapan jalan-jalannya nih. Tapi masih beberapa minggu yang lalu, kok. Seperti biasa, kami sekeluarga gak jelas mau jalan-jalan ke mana, yang pasti harus jalan-jalan. Penyebabnya, saya udah bosen banget. Beginilah kalau ibu rumah tangga di rumah terus. Hari libur pasti harus jalan-jalan, walaupun gak selalu sih. Berhubung anggaran terbatas, jadi kami cuma jalan-jalan ke mall atau silaturahim ke rumah saudara. Nah, kali ini suami ngajakin jajan maccaroni panggang. Doi udah cari di google. 

Thursday, 10 April 2014

Obati TB Sampai Tuntas, karena Obat TB Itu GRATIS!


Ini tulisan kedua saya tentang penyakit tuberculosis setelah tulisan yang berjudul “Mr. Clean itu Ternyata Pasien Tuberkulosis.” Kenapa saya begitu tertarik membahas penyakit TB? Itu karena kemarin saya baru saja mendapatkan cerita dari seorang teman yang adik iparnya divonis terkena penyakit TB Usus! Padahal, adik iparnya itu baru tiga tahun menikah dan belum punya anak. Menurut dokternya, istrinya (si pasien tuberculosis) belum boleh berhubungan suami istri dulu sampai setahun karena masih dalam proses penyembuhan. Tentunya ini ujian berat bagi sepasang suami istri yang baru menikah selama tiga tahun, masih hangat-hangatnya, serta belum mempunyai anak.

Thursday, 3 April 2014

Mendongeng, Solusi untuk Mengatasi Kerusuhan di Malam Hari


Malam hari mestinya jadi saat untuk beristirahat ya, Bu.  Nyatanya, malam hari justru saya harus tarik urat leher dan jenggut-jenggut rambut melihat kelakuan anak-anak. Loncat-loncat di tempat tidur, ngeberantakin seisi rumah, berantem, nangis, dan sebagainya. Tempat tidur yang udah rapi dan siap jadi tempat berlabuh, harus berantakan lagi dan bisa beberapa kali dibereskan sebelum para perusuh kecapean dan benar-benar tertidur.

Wednesday, 2 April 2014

Mr. Clean Itu Ternyata Pasien Tuberkulosis


“Moko! Kamu tadi minum pakai gelas dari sini, ya?” pertanyaan Mbak Nining yang dilontarkan dengan nada tinggi membuatku tak urung menolehkan kepala dan mencari penyebab keributan.

“Iya, Mbak,” Moko menjawab dengan raut wajah seperti maling yang baru tertangkap basah.

“Lain kali jangan pakai gelas dari sini lagi, ya. Juga piring dan alat-alat makan lainnya. Kamu harus bawa peralatan sendiri dari rumah. Kamu gak mau semua orang di sini ketularan penyakitmu kan? Kasihan mereka kalau ikut ketularan.”