Sunday, 21 December 2014

Lima "Berantakan" yang Tak Perlu Dilarang

Sidiq sedang berperan sebagai Jacky Chan
"Kalau punya anak kecil-kecil begitu, rumahnya pasti berantakan terus, ya?" tanya seorang kerabat, saat kami datang bersilaturahim. 

Saturday, 13 December 2014

Nikmatnya Melahirkan Putra Kedua



Melahirkan secara alami memang sungguh nikmat! Ini adalah cerita kelahiran putra keduaku yang proses kelahirannya hanya berlangsung selama 30 menit.

Thursday, 11 December 2014

HBD Ismail: I'm Happy to be Your Mom!


Tujuh tahun usiamu. Mama bahagia membersamaimu selama ini....

Monday, 8 December 2014

Berkreasi Membuat Kue Bersama Anak-anak

Ismail dan cookies salju pertamanya :D
Perhatian: sebenarnya, saya tidak terlalu bisa membuat kue. Ini adalah satu-satunya jenis kue kering yang bisa saya buat :D

Saturday, 6 December 2014

Mengatasi Kurang Tidur Usai Melahirkan

Foto: Salim (3 bulan)
"Jangan tidur siang-siang atuh.. nanti darahnya naik ke mata, jadi rabun...." 

Ibu-ibu pernah mendapatkan larangan seperti itu setelah melahirkan? Saya pernah! Saat itu saya baru melahirkan putra pertama, Ismail. Bayi baru lahir memang memiliki jadwal tidur yang berbeda dengan orang dewasa.. Kalau siang tidur pulas, kalau malam begadang. Kebiasaan yang dibawa sejak masih dalam kandungan. Coba saja ibu hamil perhatikan, kalau malam, janin di dalam perut akan lebih aktif bergerak daripada di siang hari. Setelah dilahirkan, bayi masih belum bisa membedakan suasana malam dan siang. Tak heran, jam aktivitasnya berbeda dengan kita. 

Thursday, 4 December 2014

Melahirkan dengan Induksi

Ismail, sesaat setelah dilahirkan
Menjadi ibu adalah peristiwa paling menegangkan sekaligus menakjubkan dalam hidupku.....

Menjelang tanggal 11 Desember, aku akan mengenang proses kelahiran putra pertamaku: Ahmad Ismail Haniya, tujuh tahun lalu. Menurutku, peristiwa kelahirannya sangat menakjubkan karena melalui proses induksi yang dipaksakan, tapi alhamdulillah aku dan bayiku dapat sehat dan selamat.

Monday, 24 November 2014

Emak-emak Juga Ngaji, Yuuuk....!


Mumpung internet lancar, saya mau ngeblog cepat ah. Beberapa waktu lalu, ada ibu-ibu eh emak-emak yang curhat di faceboooknya tentang kumpul di pengajian. Mengaji bukan hanya mengaji Al Quran sendirian lho ya, tapi datang ke majelis ilmu (entah itu masjid atau dari rumah ke rumah), duduk dan mendengar ceramah dari Ustaz atau Ustazah. Secara tak sengaja, ibu tersebut mendengar ceramah seorang ustazah tentang manfaat pergi ke pengajian. Manfaatnya banyak sekali. Jangan sampai hanya karena direpotkan oleh kesibukan mengurus rumah tangga, lalu enggan pergi mengaji. Masih punya anak kecil-kecil pun tak masalah. Dia merasa galau karena tidak bisa ikut pengajian. Nanti anak-anak malah menganggu, bagaimana? 

Thursday, 20 November 2014

Milad ke-8 Pernikahan

18 November 2014

Seharusnya postingan ini ditulis beberapa hari yang lalu, tapi saya lupaaaa..... Baru semalam suami ngomong:
"Kemarin kan ulang tahun pernikahan. Mama lupa, ya?"
"Eh, iya ya...." saya tertawa. Gara-gara BBM naik, saya jadi benar-benar lupa. Apalagi ini tanggal tua pula, suami belum gajian. Makin penuhlah kepala saya dengan pikiran. "Kenapa Ayah nggak sms?"
"Kenapa harus aku yang sms?" suami bertanya tanpa dosa. Jiyaaaaah..... ini risiko menikah dengan suami kurang romantis. Ya sms kasih puisi kek, pulangnya bawa bunga dan kue kek.. eh iya ya, lupa kalau tanggal tua :D

Sunday, 16 November 2014

Makan Gratis di La Lieta Mexicana

Ismail menikmati Burrito manis
Makan gratis di La Lieta Mexicana buat kamu yang hari ini berulangtahun. Nggak usah malu, datang aja. Tanpa syarat! 

Broadcast dari BBM teman baik saya, Elita Duatnofa itu datang pada Sabtu, sore hari tanggal 1 November 2014. Waduuh! Makan gratis? Kebetulan hari itu saya berulangtahun, tapi sayangnya sudah sore. Rencananya, hari itu saya memang pingin jalan-jalan sekeluarga, kewajiban mentraktir karena ulang tahun. Yah, Sidiq sedang muntaber dari hari Jumat. Rencana tinggal rencana. Seharian itu, kami hanya di rumah. Tapi, kelihatannya Sidiq sudah agak baikan. Sudah nggak mencret dan muntah lagi. Saya tanya ke suami, mau nggak ke kafe punya teman saya itu? Kami memang ada rencana makan di luar, kenapa nggak ke kafe La Lieta saja, lumayan kan saya bisa gratis, haghaghag..... 

Wednesday, 12 November 2014

Masjid Agung Garut, Tak Hanya Mampir Salat tapi Juga Berwisata

Masjid Agung Garut, pertama kali saya menyambanginya di hari pertama bulan madu sewaktu baru menikah dengan suami tercinta. Bulan madu ke masjid? Bukan disengaja, tapi tak sengaja karena bulan madunya pas hari Jumat, dan suami harus salat Jumat dulu. Kami melewati Masjid Agung Garut, yang memang berada di tengah Kota Garut, tepatnya di Alun-Alun Kota Garut. Para pelancong pun akan mudah mendapati masjid terbesar di Garut itu.

Monday, 10 November 2014

Weekend di SKI Tajur, Bogor


Alhamdulillah, bisa nulis lagi di blog ini setelah terserang hiatus cukup lama. Sebenarnya tulisan ini mau ditulis sejak sebulan lalu, karena perginya tanggal 20 September 2014, tapi berhubung lagi males ngeblog, jadi deh baru sekarang ditulis. 

Sunday, 2 November 2014

Istri yang Baik, Siap Sedia Melayani Suami (di Ranjang)

Beberapa waktu lalu, ada sebuah berita mengenai seorang suami yang membacok istrinya hingga tewas. Saat ditanya apa alasannya, sang suami menjawab: "Dia (istrinya) selalu menolak berhubungan suami istri. Sudah 4 kali saya ajak, nggak mau." Naudzubillahimindzalik... masa' cuma nggak mau berhubungan suami istri saja, suami tega membunuh istrinya?! Beberapa waktu sebelumnya, ada pula seorang suami yang memperkosa seorang gadis yang membonceng motornya. Katanya, keinginan (memperkosa) itu datang begitu saja saat payudara si gadis menyentuh punggungnya. Sang istri yang datang menjenguk di tahanan bertanya, "Apa kamu nggak inget aku (istrimu), Maaaas...."

Wednesday, 29 October 2014

Istri yang Baik, Mensolehkan Suami

"Mah, si F*** kan meninggal gara-gara denger istrinya udah nikah lagi."
"F***? Meninggal...?!" 

Entah sebesar apa mata saya membelalak mendengar teman suami yang namanya diawali huruf F itu meninggal dunia gara-gara istrinya menikah lagi. KOK BISA ISTRINYA MENIKAH LAGI?! Duh, maaf, capslok, untuk menunjukkan bahwa saya kaget sekagetnya. Terakhir kali saya dengar, F sudah bercerai. Itupun sudah membuat saya kaget setengah mati, karena F cukup dekat dengan suami saya.  F adalah bawahan suami saya yang sesekali dimintai tolong mengirimkan paket titipan saya ke kantor POS atau JNE, jadi bisa dibilang "bawahan" saya juga hehe.... 

Friday, 17 October 2014

Anak-anak: Kisah yang Tak Ada Habisnya


Ismail, si sulung, suatu ketika….
“Mama, kenapa sih ngetik terus?”
“Ya, biar Mama punya uang.”
“Memangnya Ayah nggak ngasih uang ke Mama?”
“Ayah ngasih uang, tapi masih kurang.”
“Kalau gitu, Kakak aja deh yang ngasih Mama, tapi Mama jangan ngetik ya….”

Thursday, 16 October 2014

Belanja Gamis di Hijaiya.com Murah dan Mudah


Gamis cantik? Siapa yang nggak mau? Emak-emak seperti saya pasti mau aja... dikasih! Hehehe.... ya nggak gitulah....  Saya termasuk jarang belanja gamis, apalagi di pertokoan. Kenapa? Suami paling males nemenin saya belanja gamis, karena muter-muternya bisa bikin kaki pegel. Belum lagi perbedaan selera yang amat tajam. Sulit sekali menyatukan selera suami dan saya. Lho, emang suaminya pakai gamis juga? Ya, nggaklah. Maksudnya, saya pinginnya suami juga suka dengan gamis yang saya kenakan, gitu.... Seorang istri kan mesti cantik di hadapan suaminya. 

Sejahtera di Masa Pensiun bagi Seorang Pekerja Lepas



Sejahtera di masa pensiun? Apakah seorang pekerja  lepas bisa menikmatinya? Tentu bisa.

Tuesday, 30 September 2014

Dapat Jodoh karena Silaturahmi

Jodoh tak dapat diduga datangnya. Kadang kita sudah mengira seseorang itu jodoh kita, ternyata bukan. Menjadi jomblo itu memang nggak enak. Wajar deh, kalau para jomblo sering gusar. Bukan hanya karena bullying dari orang-orang di sekitar dengan pertanyaan maut: "kapan nikah?" tapi juga dari dorongan biologis yang sudah ingin menikah. Bagi saya, usia 25 tahun adalah waktu yang pas untuk menikah. Di usia 24 tahun, saya sempat berkenalan dengan seseorang yang saya kira bakal menjadi jodoh saya, eh ternyata tidak. Saat itu rasanya pahiiit sekali, pengen menenggelamkan diri ke dalam tanah dan nggak muncul-muncul lagi. Barangkali kalau itu saya lakukan, saya akan menyesal karena jodoh yang saya dapatkan kemudian, jauh lebih baik dari jodoh yang meninggalkan saya.

Tuesday, 23 September 2014

Belajar Naik Motor

Rasanya nggak percaya, Allah Swt mengabulkan keinginan saya begitu cepat. Kayaknya baru beberapa bulan lalu, saya pengen punya motor. Sekarang, motor itu sudah ada di rumah saya. Walaupun belinya seken, saya tetap bersyukur. Siapa lagi yang membelikan kalau bukan suami tercinta? Ada dari uang saya juga, tapi lebih banyak dari uang suami. Jadi cium-cium suami deh....

Friday, 19 September 2014

[Celoteh Anak] Mbo = Mobil


"Mbo...."
Tiba-tiba Salim menyebut kata itu, padahal matanya lagi merem. Mama yang lagi ngetik di sampingnya, jadi cekikikan. Dalam tidur pun, Salim ngomong "Mbo." Besok tanggal 20, Salim ulang tahun yang kedua. Bicaranya belum banyak, dan kata yang paling sering disebut adalah "Mbo." Apa itu Mbo? Yap, Mbo artinya Mobil! Entah dari mana dia bisa nyebut mobil dengan Mbo? 

Wednesday, 17 September 2014

Bijak Mengelola Keuangan Rumah Tangga untuk Masa Depan yang Lebih Baik



Bijak mengelola keuangan rumah tangga adalah salah satu kunci untuk menggapai keluarga sejahtera, mapan, dan berkecukupan.

Friday, 12 September 2014

Edukasi Finansial Sejak Dini untuk Kesejahteraan Anak



Anak-anak adalah matahari yang kehadirannya menghangatkan hati setiap orang tua. Jangan biarkan sinarnya redup karena kita tak menyiapkan masa depannya sejak dini.



Wednesday, 10 September 2014

Seandainya Semua Anak Diasuh Robot Arpo

Sumber gambar: Arpo
"Arpoo! Arpoo!" anak-anak saya segera berlarian ke lantai atas--tempat di mana televisi disimpan--begitu jarum jam menunjukkan pukul 6 sore. Ada apa sih? Setelah salat Magrib, saya mengikuti anak-anak ke atas. Mereka asyik menyaksikan tayangan film kartun dari Korea. Kelihatannya kartun yang aman. Saya ikut duduk dan menyaksikan. Adegan seorang ibu yang sedang membuat sarapan pagi. Bedanya, ibu ini berpakaian kantor. Ibu itu punya tiga anak: satu perempuan dan dua lelaki. Yang bungsu laki-laki masih bayi, namanya Daniel. 

Monday, 8 September 2014

Melestarikan Jamu, Meningkatkan Perekonomian Bangsa Indonesia

Jamu Kaplet Jerawat di rumah saya

Indonesia kaya akan tanaman herbal. Sering disebut dalam buku-buku sejarah, penyebab imperialisme Belanda di Indonesia adalah kekayaan rempah-rempahnya yang menggiurkan. Jahe, lada, kunyit, serai, dan sebagainya. Siapa sangka, tanaman rempah-rempah itu tak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan, tapi juga bisa digunakan untuk obat. Tak percaya?

Friday, 29 August 2014

Serius Mau Punya Anak Kembar? Baca TwiRies Dulu!

Adik-Kakak yang sering disangka kembar :D

“Horeeeee!” Akhirnya datang juga buku TwiRies: The Freaky Twins Diaries, karya Eva Sri Rahayu dan Evi Sri Rezeki, duo penulis yang ternyata kembar! Sudah lama saya penasaran sama keduanya. Apa benar mereka kembar? Gara-garanya setahun lalu saya dibuat bingung oleh si kembar ini. Mulanya, Evi Sri Rezeki mengeluarkan novel berjudul, “Cine Us,” lalu dibikinlah lomba reviewnya. Tadinya mau ikutan, tapi gak sempet. Itu kali pertama saya mengenal Evi Sri Rezeki.

Monday, 25 August 2014

Mengambil Barang, Harus Seijin Empunya

Udah punya jajan sendiri-sendiri :-)

Beginilah kalau lahir di Jakarta, walaupun ibu saya orang Solo, saya lebih banyak berbicara dengan bahasa Indonesia. Saya hanya menguasai sangat sedikit bahasa Jawa, karena sehari-hari, ibu saya jarang berbicara dengan bahasa Jawa. Katanya, kasihan ayah saya (orang Betawi), tidak bisa mengikuti pembicaraan, hehehe….

Anak-anakku, Beranilah Bermimpi!


Anak-anakku, bermimpilah setingginya dan bersiaplah dengan semua kejutan yang telah disiapkan Tuhan untukmu.

Ketahuilah bahwa mamamu ini seorang pemimpi kelas berat. Terlalu banyak mimpi, sampai harus ditulis satu demi satu. Nyaris semua mimpi telah terwujud dalam buku-buku Mama. Ya, buku-buku yang Mama tulis sejak berusia belasan itulah yang menampung sebagian dari mimpi Mama. Mengapa hanya sebagian? Sebab, masih banyak mimpi yang belum terwujud. Dan pada setiap pertambahan umur Mama, bertambah pula mimpi Mama.

Sunday, 24 August 2014

Mengatasi Kekhawatiran Anak Masuk Sekolah Baru

Berangkat sekolah bersama Ayah
Ternyata bukan hanya saya yang khawatir saat Ismail mulai menjalani jam normal sekolahnya di SDIT AL Hikmah, Cipayung, Depok. Di facebook, beberapa emak juga khawatir. Kalau saya, khawatir karena jam sekolahnya jadi lebih panjaaaaang. Waktu TK, Ismail cuma sekolah sampai jam 10.30, nah sekarang ini dia pulang jam 14.30! Sebagai mantan anak SD Negeri yang sekolahnya cuman sampe jam 10, udah tentu maknya ini khawatir banget. Ntar Ismail betah gak ya di sekolah?

Saturday, 23 August 2014

Liburan Gratis ke Bali? Bisaaa! –Bagian 3


Makan di Warung Seafood Halal
17 Agustus 2014, pagi pertama di Kuta, Bali. Kami akan memulai petualangan menjelajahi daerah Kuta dan sekitarnya, berhubung waktu liburan cuman dua hari dan yang efektif cuman sehari, huhuhu..... Percaya gak percaya, kami benar-benar jalan kaki! Yap, jalan kaki dari Kuta, Legian, sampai Patih Jelantik. Gak sangka kami bisa jalan sejauh itu. Gak terasa lho, karena bule-bule juga jalan kaki. Sebenarnya suami beberapa kali bertanya ke tempat rental mobil dan motor, rencananya kami mau merental motor. Motornya habis semua, yang ada hanya mobil. Well,  berhubung jalanan macet, pake mobil bikin kami tambah stress deh. Lagian, namanya juga jalan-jalan kan, kita jalan aja yuks….

Thursday, 21 August 2014

Romantisme Tujuhbelasan di Pantai Kuta-Bali

Selamat datang di Pantai Kuta!

Indonesia adalah negara bahari, karena sebagian besar wilayahnya berupa laut. Di mana ada laut, di situ ada pantai. Pantai Kuta di Bali adalah salah satu pantai paling terkenal, tak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Beruntung kemarin, tanggal 17 Agustus, saya mendapatkan kesempatan menjejakkan kaki di pasir Pantai Kuta yang dijejali ribuan pengunjung dari seluruh dunia. Wow!

Liburan Gratis ke Bali? Bisaaa –Bagian 2


Alhamdulillah, sampai di Bali :-)
Setelah turun dari pesawat Lion Air, kami pun berjalan ke luar bandara dengan mimik wajah seperti anak yang tersesat, hahaha… Ini pertama kalinya saya ke Bali, jadi wajar dong kalau belum tahu apa-apa. Suami saya sudah dua kali ke Bali, tapi yang pertama untuk urusan dinas dan dijemput oleh rekannya di Bali. Nah, kali ini gak ada yang menjemput, otomatis kami harus naik taksi. Untuk diingat, di Bali gak ada angkutan umum selain taksi dan ojek! Yeaaaay!

Wednesday, 20 August 2014

Liburan Gratis ke Bali? Bisaaa! –Bagian 1

Siap honeymoon ke Bali.... :-)

Alhamdulillah, kemarin tanggal 16-18 Agustus, saya jalan-jalan ke Bali bersama suami dan si bungsu. Jalan-jalan ini disponsori oleh Zombigaret, karena saya berhasil  memenangkan lomba blog bertema “Rokok mengubahmu menjadi Zombi.” Saya gak menyangka bisa menjadi pemenang pertama dan mendapatkan hadiah liburan gratis ke Bali selama 3 hari 2 malam. Ini bisa dibilang sebagai, “mimpi yang menjadi nyata.” Tempat liburan favorit memang bukan hanya Bali, tapi banyak orang yang ingin ke Bali. Barangkali saya salah satunya.

Friday, 15 August 2014

Menyaksikan Geliat Nelayan di Pantai Santolo

Selamat dataang!

Matahari menyembul perlahan dari ufuk cakrawala. Ombak pantai menderu-deru semakin kencang mendekati bibir pantai.  Setelah semalam menginap di penginapan sederhana, tepat di sebelah Pantai Sayang Heulang, saya dan keluarga asyik menikmati matahari terbit dari pinggir pantai. Indaaaah sekali. 

Sunday, 10 August 2014

I Just Want to Say That I Love You

Dear, suamiku tercinta....
9 Agustus 2014, usiamu 35 tahun. Terima kasih sudah menjadi suamiku selama 7 tahun terakhir. Kau adalah suami, kekasih, sahabat, teman, dan cinta terindah yang kumiliki setelah Allah Swt. Banyak perubahan yang terjadi sejak kau menikahiku sampai sekarang, dan lebih banyak adalah perubahan yang baik. Semoga Allah Swt selalu menjagamu agar bisa menua bersamaku. Melihat anak-anak kita tumbuh besar dan beranak pinak.

Friday, 8 August 2014

Menempuh Perjalanan Mudik Selama 12 Jam Tanpa Bosan

Siap mudik!

Mudik? Apa yang terbayang di benak kita? Macet? Yup! Itu juga yang terbayang di benak saya dan suami setiap kali akan mudik lebaran. Kami selalu memikirkan rencana mudik agar jangan sampai terkena macet panjang. Ketika anak-anak masih balita dan belum sekolah, saya mudik duluan, seminggu sebelum lebaran. Jadi, belum kena macet. Suami menyusul sehari sebelum lebaran. Kena deh dia macet-macetan.

Thursday, 7 August 2014

Resep Satai Domba


Masih berhubungan dengan menu syukuran khitanan dan akikahan yang bertepatan dengan hari lebaran 1435 Hijriyah. Sate domba pasti ada dong…. Resepnya mungkin biasa buat teman-teman yang sudah sering bikin sate. Tapi, saya sendiri baru tahu kemarin, setelah melihat cara pembuatannya, hehehe…. Yang ini rasanya beda lho, soalnya bikinan ibu mertua. Dijamin maknyuuus.... 

Wednesday, 6 August 2014

Resep Jeroan Domba Ungkep


Siapa yang suka jeroan? Asli, masakan yang satu ini enaaak banget. Walaupun tetap gak boleh banyak-banyak makannya, karena memicu kolesterol. Berhubung ketemunya cuman pas lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, gak apa-apalah kita makan, yuuks….

Friday, 25 July 2014

Bebaskan Sembelit dengan Aksi Sehat 5 Menit!

Aksi Sehat 5 Menit dengan
Mama Lime Anti Bacteria

“Ma.. mau ee….”
“Kok ee terus? Kan tadi sudah?”
“Tadi belum keluar….”

Melihat mimik wajah anak saya yang terlihat kesakitan, baru deh saya paham kalau dia sedang susah BAB (Buang Air Besar). Neneknya, alias ibu mertua saya, langsung menyuruh saya untuk memberikan buah kepada anak-anak. Memang sih, tradisi makan buah tidak menjadi kebiasaan di rumah kami, walaupun kami tahu makan buah itu penting. Kebalikannya dengan di rumah ibu mertua, selalu ada buah di meja makan. Gara-gara tidak terbiasa makan buah sejak kecil, saya jadi tidak terlalu suka makan buah. Walaupun suami beli banyak buah-buahan, saya amat sangat jarang menyentuhnya. 

Tuesday, 22 July 2014

Khitanan Ismail

Berangkat ke rumah sunatan, kelihatan santai
Alhamdulillah, Ismail sudah dikhitan pada tanggal 19 Juli lalu. Mendadak sekali, karena tidak ada perencanaan sebelumnya. Gara-garanya Ismail susah pipis, lalu dibawa ke dokter, dan dokter bilang Ismail kena fimiosis. Jalan satu-satunya adalah, khitan!

Monday, 21 July 2014

Tak Khawatir Makan Manis Sejak Pakai Systema Solution

Es buah, minuman buka puasa favorit saya :-)

Systema Nano, Advanced Oral Care System, mencegah dan membantu memperbaiki gigi berlubang (karies dini) dalam waktu dua minggu setelah pemakaian.

Saya membaca tulisan yang tercantum di bagian belakang pasta gigi Systema Nano, produk pasta gigi terbaru dari Lion Japan. Wah, menarik juga nih. Urusan gigi berlubang sudah lama jadi masalah buat saya. Tiga tahun lalu di bulan Ramadan, saat sedang hamil anak ketiga, di jam buka puasa, saya mengunyah sepotong donat dengan semangat. Tiba-tiba… kreeek…. HAH? Sepotong gigi atas saya patah! Rasanya tidak sakit, mungkin karena giginya memang sudah keropos dan goyang. Tinggal menunggu eksekusi saja.

Sunday, 20 July 2014

Ismail dan Sidiq Masuk Sekolah Baruu!

Ismail diantar sekolah sama Ayah
Wuiih.. bulan ramadan ini sibuk bener, sampe susah mau update blog yang ini. Sibuknya masih seputar anak-anak. Ismail masuk SDIT Al Hikmah, Cipayung, Depok, dan Sidiq masuk RA Al Madina (TK Islam). Jadi mamanya harus bagi jadwal. Untung Ismail masuk sekolahnya tanggal  7 Juli dan Sidiq tanggal 14 Juli. Selama 4 hari nungguin Ismail di sekolah bersama Salim. Karena sekolah itu juga, Ismail jadi belajar puasa hehe.... Kalau di rumah susah banget diajarin puasanya.

Saturday, 12 July 2014

Perpisahan PAUD Sidiq

Salim anteng nungguin kakaknya perpisahan
Acaranya sudah hampir dua minggu yang lalu, tapi baru sempat diupload sekarang hehehe.... Sibuk nyiapin sekolah baru anak-anak. Ismail masuk SD dan Sidiq masuk TK. Nah, yang ini adalah perpisahaan sekolah PAUD Sidiq di PAUD Al Mukhlisin. Tempatnya masih di dalam komplek perumahaan, cuman berjarak tiga gang aja. 

Saturday, 28 June 2014

Acara Bagus untuk Anak-anak di Bulan Ramadan

Sumber
Sayangnya, bulan ramadan ini hanya ada satu bulan dalam setahun, ya. Televisi-televisi pun ramai menayangkan acara-acara yang mendidik. Sedih banget deh, karena acara-acara tersebut hanya ada di bulan ramadan. Coba kalau ada sepanjang tahun, kan anak-anak jadi nonton acara yang bermutu. Setelah beberapa hari ini menemani anak-anak nonton sore, saya jadi tahu nih acara-acara ramadan yang bagus-bagus. Terharu banget anak-anak ini udah berani maju ke depan, membaca Al Quran dan ceramah di depan orang banyak. 

Friday, 27 June 2014

Acara Wisuda TK Ismail



Ismail
16 Juni 2014, alhamdulillah Ismail sudah wisuda TK dan insya Allah akan meneruskan ke SDIT Al Hikmah, Cipayung, Depok. Pagi-pagi, saya memandikan ketiga anak dan berangkat bareng-bareng naik ojek ke sekolah si Kakak. Ya, harus dibawa tiga-tiganya karena gak punya pengasuh. Sampai di sana jam 8, eh belum dimulai acaranya. Baru duduk  beberapa menit, Salim sudah rewel hehehe.... Si Emak pun gak bisa duduk tenang. Setelah acara dimulai, Salim mulai tenang melihat pertunjukan di panggung. 

Thursday, 26 June 2014

Superblock K2 Park: Inspirasi dari Alam untuk Simfoni Kehidupan

www.toondo.com

Bagaimana rasanya berada di suatu kawasan perkotaan yang terpadu dan terintegrasi, serta memiliki kepadatan yang cukup tinggi dalam konsep tata guna lahan yang bersifat campuran (mixed use)? Di dalam kawasan itu minimal terdapat tiga fungsi dari sekian banyak fungsi bangunan, misalnya: perdagangan, perkantoran, perumahan, hotel, hiburan, pendidikan, pelayanan kesehatan, dan lain-lain. Tentu akan ada banyak keuntungan yang didapatkan dari konsep properti yang demikian, diantaranya:

Saturday, 21 June 2014

Smart Travelling ke Pantai Sayang Heulang Bersama Ace Hardware

Tugu Selamat Datang di Pantai Sayang Heulang

Setelah tujuh tahun menikah dengan  orang Garut (baca: suami saya), akhirnya saya diajak menikmati Pantai Sayang Heulang di Desa Mancagahar, Pameungpeuk, Garut Selatan. Dua tahun sebelumnya, keluarga mertua sudah mengajak ke sana, tapi saya berhalangan karena sedang hamil tua dan harus bed rest (istirahat). Saya tak menyangka bahwa pengalaman berlibur ke Pantai Sayang Heulang bakal menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.

Sunday, 15 June 2014

Pengen Punya Motoor...!

Kemarin menang kuis di LiveOlive dan dapat hadiah merchandise. Hadiahnya sih biasa aja, tapi yang bikin seneng malah poster yang dibikin LiveOlive ini. Kuisnya hanya meminta kita untuk menceritakan target tahun ini. Dan target saya ya, inilah... pengen punya motor supaya bisa nganterin anak-anak ke sekolah. Ismail akan masuk SD yang letaknya cukup jauh dari rumah. Sedangkan Sidiq akan masuk TK yang jaraknya juga lumayan. Bisa jalan kaki, tapi capek juga. Berhubung belum punya motor, ya jadinya harus bayar ojek antar jemput. Ojeknya juga pilih-pilih, karena di sini ada kejadian anak kecil diperkosa tukang ojek. Untung ada ibu-ibu komplek sini juga yang mau ngojek.

Wednesday, 11 June 2014

Alhamdulillah, Ismail Sudah Bisa Membaca dan Tidak Minum Pakai Botol Gelas Lagi

Alhamdulillah, di usia 6,5 tahun ini, Ismail sudah bisa membaca dengan lancar. Sekarang dia bisa membacakan buku cerita untuk adik-adiknya. Artinya, emaknya bisa leyeh-leyeh dong, xixixi.... Mulai tanggal 7 Juli 2014, bulan depan, Ismail sudah masuk SDIT Al Hikmah, Citayam, Depok. Kalau menurut aturan pemerintah, anak kelas satu SD itu baru mulai belajar membaca, tapi gimana dong, aturan gak sesuai sama kurikulum. Anak baru belajar membaca, tapi soal-soal SD-nya sudah susah. Alhasil, guru-guru TK memang berusaha keras mengajari murid-muridnya agar bisa membaca sebelum masuk SD.

Sunday, 8 June 2014

Suatu Siang di Restoran Pizza

Susahnya disuruh diem untuk foto :D
Suatu siang ketika kami sedang berjalan-jalan di Margo City Mall Depok dan baru selesai membeli dua pasang sepatu untuk sekolah anak-anak, Ismail dan Sidiq mengeluh kelaparan. Keluar dari toko sepatu, langsung ketemu restauran Pizza, ya sudahlah kami mampir ke sana. Alhamdulillah, gak penuh dan gak harus antri tempat duduk. Kami langsung menyasar tempat duduk paling pojok yang pakai bangku sofa, supaya lebih enak duduknya, gitu. 

Friday, 6 June 2014

Nyicipin Bakmi Bangka di Cibinong, Enak dan Muraah!

Gak dapat tempat duduk,
makan di mobil
Siang-siang jalan-jalan ke Cibinong bareng suami dan anak-anak. Lapar, iseng nyobain makan bakmi bangka di sekitar jalan Cibinong. Ada tulisan "Halal" di spanduknya, insya Allah aman deh. Warung bakmi pinggir jalan ini ramai pengunjung, sampe gak kebagian tempat. Akhirnya, pesan dua bakmi dan makan di dalam mobil. Wuiiih... gak nyangka rasanya enyak, gak kalah sama yang dijual di foodcourt-foodcourt di mall-mall. Bakminya juga banyak. Saus sambalnya pun bermerk, jadi bukan yang abal-abal dan gak terjamin kesehatannya. Ayamnya segar. Harganya hanya Rp 13 ribu/ porsi, lebih hemat daripada di mall yang bisa mencapai Rp 20 ribu porsi.

Thursday, 5 June 2014

Jaga Anak-Anak Kita dari Adiksi Rokok!

Dialog Interaktif: Naikkan Cukai Rokok

"Aduh, Bu, kemarin saya lihat anak-anak SD, ngerokok di lapangan!" si Bibi bercerita dengan bibir bergetar. Kejadian itu memang sangat membuatnya syok. Gak nyangka, anak-anak yang badannya hanya sedikit lebih besar dari Ismail (anak sulung saya yang masih TK), itu sudah merokok.

Wednesday, 4 June 2014

Menanamkan Karakter Hidup Bersih, Sehat, dan Mandiri kepada Anak-anak Indonesia


Kasus-kasus keracunan jajanan anak yang banyak diberitakan di media massa, membuat saya prihatin. Sebagai ibu dari tiga orang anak yang sedang aktif-aktifnya, tentu saya ingin anak-anak mengonsumsi makanan yang aman, sehat, bergizi, dan baik bagi tumbuh kembangnya. Berdasarkan pengawasan yang dilakukan oleh BPOM terhadap jajanan anak di sekolah-sekolah, sekitar tahun 2008-2011, terdapat 40-44 persen jajanan anak yang tidak memenuhi syarat. Pada kasus keracunan jajanan anak di sebuah sekolah di Tasikmalaya, Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya menyebutkan bahwa sekitar 60 persen jajanan anak di sekolah, tidak layak konsumsi dan tidak sehat.

Wednesday, 28 May 2014

Tantangan Pengendalian Ko-Infeksi TB HIV

www.toondo.com

Tema serial kelima dari lomba blog TB ini bikin saya merinding. Astaga! TB bergabung dengan HIV/ AIDS! Apa jadinyaaa? Ini mengingatkan saya pada film Hulk vs Iron Man. Bayangkan kalau Hulk dan Iron Man bergabung? Prok prok prok jadi apa? Ya tapi mereka kan superhero, lah kalo TB dan AIDS? Supervirus!

Tuesday, 27 May 2014

Menyaksikan Salim Tidur

Pura-pura tidur
Salah satu kegiatan emak yang paling utama adalah mengeloni anak. Dua anak yang besar sudah jarang dikeloni, jam tidur terserah mereka. Kalau dikeloni malah jadinya bercanda di tempat tidur. Si bayi ini  nih yang masih harus dikeloni. Kadang-kadang bisa sih tau-tau udah tidur, tapi seringnya ya harus dikeloni. Kalo gak dikeloni, bakal rewel berjam-jam pingin tidur tapi gak bisa tidur. 

Sunday, 25 May 2014

Cara Saya Mengajarkan Seks Edukasi kepada Anak

Setelah kasus murid TK JIS yang mendapatkan pelecehan seksual, para orang tua berbondong-bondong memberikan edukasi seks kepada anak-anaknya. Padahal, kasus pelecehan seksual sudah terjadi sejak saya masih kanak-kanak. Sampai hari ini, masih banyak orang tua yang merasa tabu membicarakan soal seks kepada anak-anaknya, apalagi anak usia balita. Duh, gimana ngajarin anak-anak soal seks, wong mereka aja belom tau apa itu seks? Nah, ini contoh ketika si bibi yang kerja di rumah saya, ikut-ikutan memberikan edukasi seks ke anaknya yang berusia 8 tahun (laki-laki).

Monday, 19 May 2014

Segarnya Pemandangan di Kampus IPB Dharmaga

Dua minggu yang lalu, saya mengisi acara kepenulisan di kampus Institut Pertanian Bogor, Dharmaga. Suami dan anak-anak juga ikut, tapi mereka gak ikut ke acara. Pagi, jam 1/2 9, kami sudah sampai di kampus IPB. Ada banyak orang yang sedang berolahraga. Gak cuma itu, pemandangannya menarik sekali. Hijau-hijau segeeer.. Udaranya juga sejuk. Saya gak sempet foto-foto, tapi suami dan anak-anak sih sempet :D

Sunday, 18 May 2014

Menang Putra Sampoerna Bloggers Award 2014 Kategori Pemberdayaan Wanita

Alhamdulillah, hari ini benar-benar luar biasa bagi saya. Allah Swt kembali memberikan rezeki-Nya melalui blog ini. Akhir April lalu, saya mengikuti lomba blog dari Putra Sampoerna Bloggers Award. Ada empat tema, salah satunya tentang Pemberdayaan Wanita. Saya memilih tema itu karena lebih klik buat saya. Sebenarnya, saya baru dapat ide menjelang deadline. Subhanallah, Allah melancarkan jemari ini untuk menuliskan ide-ide itu sehingga saya dapat mengikutsertakan blogpostnya dan kemarin saya dikabari oleh panitia, bahwa saya termasuk satu dari empat pemenang cerita terbaik.