Wednesday, 11 December 2013

Kopdar Super Seru di Ragunan


“Kopdar lagi yuuuk….”
“Ke mana?”
“Ya, ke Ragunan aja lagi!”
“Ragunan lagi?!”

Hohoho… kopdar alias kopi darat mendadak menjadi semacam agenda rutin di dalam hidup saya, minimal setahun sekali deh, sejak bergaul dengan teman-teman di dunia digital. Aktivitas sosial media tak bisa dilepaskan dari kehidupan saya sekarang, gara-gara suami membelikan seperangkat modem, hape, plus menyuplai pulsanya setiap bulan. Lumayan mengobati kesepian selama menjalani aktivitas sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari hanya di rumah bersama anak-anak. Paling jauh juga ke sekolah anak-anak yang hanya berjarak tiga gang dari rumah saya.


Kopi darat di Children Zoo, Ragunan.
Kopdar pertama bersama teman-teman yang selama ini hanya berinteraksi melalui facebook itu pun dilakukan di Ragunan. Iya, Ragunan, alias Kebun Binatang Ragunan. Sebelum itu, saya baru ke Ragunan satu kali bersama keluarga saya. Dan yang tercetak dalam ingatan adalah: penuh dan macet. Benarkah demikian? Walaupun meragukan niat kopdar ke Ragunan, akhirnya pertemuan itupun terjadilah. Mungkin karena kami kopdar di hari kerja, jadi Ragunan memang tidak penuh-penuh amat. Malah cenderung lowong. Kami langsung masuk ke taman khusus anak-anak (Children Zoo), atas rekomendasi seorang teman juga yang rumahnya di dekat Ragunan.

Untunglah tak ada orang lain yang menempatinya, jadi kami bebaaaas. Anak-anak juga bisa melihat hewan-hewan yang dipenjara, terutama hewan yang tidak buas semacam unggas. Ada pertunjukan ular phyton, tapi kan ada pawangnya. Ada tempat bermain anak-anak juga: perosotan, ayunan, dan sebagainya. Ibu-ibunya bisa ngobrol-ngobrol, kenalan secara fisik, dan makan-makaaan. Asyik banget, karena semuanya membawa makanan dari rumah dalam jumlah banyak yang memang diniatkan untuk dimakan bareng-bareng. Mulanya saya grogi melihat teman-teman yang biasa cekakak-cekikik di facebook. Memang kami sudah akrab di facebook, tapi itu pertama kalinya kami bertemu muka. Semua pasang wajah grogi dan canggung, padahal sudah sering curhat di facebook. Lama-lama, hubungan kami pun mencair.

Ibu-ibu ngobrol sambil mengawasi anak-anak bermain
Suasana kopdar memang bikin nagih! Gak heran kalau ada komunitas Kopdar Jakarta yang baru saya lihat belakangan ini. Komunitas dunia digital khusus yang berada di wilayah Jakarta ini sudah beberapa kali mengadakan kopdar, tentunya di tempat-tempat rekreasi yang ada di Jakarta. Seru banget lihat foto-foto dan video-video mereka pas kopdar di beberapa tempat di Jakarta, diantaranya: Taman Buah Mekarsari, Eco Park Ancol, Dufan, Museum, dan TMII.

Kayaknya mereka belum pernah kopdar di Ragunan, ya? Saya rekomendasikan Kebun Binatang Ragunan untuk tempat kopdar selanjutnya. Gak usah merasa cupu atau ketinggalan zaman, sebab ada beberapa alasan mengapa Ragunan menjadi tempat  kopi darat paling seru di Jakarta menurut saya:

Letaknya Strategis,  Mudah Dijangkau
Alasan kami Kopdar di Ragunan ya karena mudah dijangkau dari mana-mana, bahkan ada yang datang dari Bandung dan langsung ke Ragunan. Siapa sih orang Jakarta yang gak kenal Ragunan? Saya tinggal di Bogor, tadinya saya pikir bakalan ribet berangkat ke Ragunan ternyata lancar jaya. Berhubung saya naik mobil pribadi, jadi asyik-asyik saja. Mau naik kendaraan umum pun aksesnya gampang saja. Bisa naik bus TransJakarta atau KRL.

Tiket Masuknya Sangat Murah
Terakhir kali ke sana, setahun lalu, tiketnya hanya Rp 4.500 per orang, tambah Rp 2.500 per orang kalau mau masuk ke Children Zoo. Bayangkan, apa ada lagi tempat wisata yang harga tiketnya semurah itu? Harga makanan yang dijual di dalam Ragunan pun terjangkau. Di depan pintu masuk, langsung ada warung makan yang menjual nasi komplit seharga Rp 12.000 per porsi. Harga bisa naik tergantung lauknya apa, tapi harga segitu untuk ukuran Jakarta udah murah banget, kaan?

Tempatnya Adem, Banyak Pepohonan
Namanya juga Kebun Binatang, sudah pasti banyak pohon dan binatang. Jalan-jalan di Ragunan gak terasa panas, karena dinaungi oleh pepohonan besar. Di beberapa tempat disediakan tempat duduk panjang semacam halte. Kalau mau gelar tiker juga bisa, nyewa tiker plastik cuma Rp 5.000 per lembar, muat untuk empat orang. Pengalaman saya sih gak perlu nyewa tiker, kan kita mau lihat binatang-binatang, jadi keliling Ragunan saja terus sampai capek. Istirahatnya di depan musola sambil menunaikan salat.

Berhubung mau kopdaran, biasanya kan kita ngobrol-ngobrol, ramah tamah. Nah boleh deh nyewa beberapa lembar tiker. Atau bawa tiker sendiri dari rumah. Kalau kumpulnya di Children Zoo, kita bisa duduk-duduk di dalam saung yang disediakan. Anak-anak bisa main di tempat-tempat bermain.

Tempat Rekreasi Keluarga yang Edukatif
Sekali berlayar, dua pulau terlampaui.  Kebanyakan peserta kopdar itu sudah berkeluarga dan punya anak-anak. Kalau kopdar bawa anak-anak, Ragunan ini pas banget sebagai tempat edukasi anak-anak, khususnya tentang binatang-binatang. Di pintu masuk, kita sudah disediakan pemandangan jerapah dengan rumahnya yang tinggi setinggi badannya, gajah dan pawang-pawangnya, angsa-angsa yang memamerkan bulu-bulunya nan indah, serta banyak binatang lainnya. Gak cukup sekali dua kali datang ke Ragunan. Harus berkali-kali kalau mau menjelajahi seluruh Ragunan dan melihat semua binatangnya.

Nah, sambil cerita-cerita, berkenalan, melepas kangen, dan sebagainya, beberapa dari kami tetap update status ke grup facebook yang mempertemukan kami. Foto-foto saat kopdar pun diposting ke grup dan hape sajalah. Sinyal internet yang bersahabat sangat mendukung proses upload foto dong….

Gak pingin berpisah dengan merekaa...
Aduh, gara-gara menuliskan ini saya jadi kangen sama teman-teman L. Semoga kapan-kapan saya bisa kopdar lagi dengan mereka. Selamat ulang tahun yang kelima, Komunitas Kopdar Jakarta. Monggo dicoba kopdar di Ragunan. Jangan lupa ajak-ajak saya ^_^

3 comments:

  1. wih,masuknya kok murah banget...pantes rmai kalo liburan *lihat di tipi* hehehe...ini mah tempat edukatif banget,anak2 belajar,emak2nya ngerumpi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Hana, murah banget nih. Yuk, mampir ya klo ke Jakarta :D

      Delete
  2. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya. Mohon maaf, komentar SPAM dan mengandung link hidup, akan segera dihapus ^_^